Jika kamu penggemar gim Pokemon GO, maka kamu patut mencoba gim terbaru dari Niantic, yaitu Ingress Prime. Lho memang itu gim baru ya? Bukannya Ingress adalah sebuah gim yang sudah lama dirilis oleh Niantic?

Yap, Ingress Prime pada dasarnya adalah sebuah gim yang telah lama dirilis oleh Niantic, sebelum Pokemon GO rilis. Dengan gameplay yang persis sama, Niantic merilis kembali versi reboot dari Ingress ini.

Lalu apa saja sih bedanya antara Ingress Prime dengan Ingress lama? Yuk kita langsung saja cekidot!

1. Adanya Alur Cerita

ingress prime

Nah jika kamu memainkan gim Ingress versi lama, kamu akan bermain tanpa adanya jalan cerita. Kamu hanya melakukan berbagai perebutan wilayah kekuasaan, sesuai dengan kubu apa yang kamu pilih.

Sedangkan untuk sekarang, kamu akan diberikan sebuah jalan cerita yang juga berpengaruh dalam gameplay. Layaknya menjalankan sebuah level, kamu akan digiring ke misi-misi tertentu untuk menyelesaikan cerita yang ada di gim.

Kamu berperan sebagai agen yang memang memiliki tujuan mengumpulkan berbagai exotic matter yang sifatnya berbahaya.

Tetap sih, cara bermainnya kamu harus berjalan. Sebab gim ini memang menjadikan GPS sebagai alat penggerak utama!

2. Event yang Rewarding

ingress prime

Masih berhubungan dengan adanya alur cerita di poin pertama. Ingress Prime kini juga memiliki fitur event. Fitur ini akan memberikan kamu misi dan reward tertentu jika mengikuti event-event yang ada.

Belum ada penjelasan detil dari Niantic mengenai hal ini. Kemungkinan besar event ini seperti ada pada gim-gim mobile online lainnya.

Kamu akan diberi sebuah jalan cerita yang tidak berhubungan dengan misi utama, tapi bisa memberikan reward yang menarik jika dijalankan.

3. Ada Anime-nya!

ingress prime

Menariknya lagi, ternyata Niantic sangat niat untuk melakukan “reboot” gim utama mereka. Ingress Prime tidak hanya dirilis versi gimnya saja, melainkan ada pula Anime yang memiliki tema gim ini!

Anime ini juga menceritakan hal yang sama. Seorang yang bernama Makoto, melakukan eksplorasi untuk mengumpulkan berbagai Exotic Matter.

Tentu saja dalam mengumpulkan exotic matter yang “berbahaya” tersebut akan menghadapi berbagai rintangan.

Nantinya anime Ingress ini akan tayang di Netflix pada tahun 2019. Sedangkan di Jepang, anime ini sudah tayang dan masih berlanjut tayang.


Niantic sepertinya sadar mengenai adanya “anomali” dalam gim ini. Dengan adanya pembaharuan ini, Niantic berharap akan menjadikan para pemain membentuk sebuah komunitas di dunia nyata, yang akhirnya menjadikan mereka bermain bersama-sama.


Rizal Ziz