Tak Melulu Grafis, 4 Atribut ini Jadi Penentu Bagusnya Gim


4 atribut

Entah mengapa di zaman sekarang orang-orang selalu menganggap gim bagus pasti kualitas grafis bagus. Padahal gim bagus tidak melulu soal grafis, melainkan ada 4 atribut lainnya yang menjadikan gim tersebut bagus.

Mungkin hal ini dikarenakan gim mainstream yang beredar dan juga menjadi gim terbaik setiap tahun, dipenuhi oleh gim-gim kelas AAA atau biasa disebut dengan triple A. Gim-gim ini memang memiliki kualitas grafis yang bagus.

Jadi apa saja sih sebenarnya yang membuat gim itu jadi bagus, selain grafis tentunya? Ya sudah, yuk kita langsung cek di bawah ini, 4 atribut dalam gim yang juga menjadi penentu bagus atau tidaknya sebuah gim!

1. Gameplay

4 atribut

Gameplay sebenarnya memiliki makna yang luas. Model permainan, desain level juga menjadi salah satu bagian dari gameplay.

Gameplay juga menjadi salah satu atribut penentu, apakah gim tersebut bagus atau tidak. Gameplay tidak selalu harus unik, melainkan bisa melengkapi gameplay yang ada dan juga bisa memberikan nilai lebih kepada gim tersebut.

2. Story

4 atribut

Alur cerita ternyata memegang peran penting di dalam gim. Story atau alur cerita ternyata tetap bisa diimplementasikan dalam gim bahkan biasanya berkembang pada desain level.

Biasanya setiap gim memiliki alur cerita yang berbeda-beda. Contoh untuk gim RPG cenderung memiliki cerita yang kompleks dan bercabang.

Sedangkan untuk gim action cenderung memiliki cerita yang linear atau satu arah, meskipun tidak lepas kemungkinan memiliki twist di dalamnya.

3. Sound Effect dan Musik

4 atribut

Pernah membayangkan kamu memainkan gim Call of Duty tapi memiliki efek suara komedi? Rasanya aneh sekali bukan? Itulah mengapa sound effect dan musik sangat penting dalam gim!

Tidak lepas kemungkinan juga ternyata adanya sound effect dan musik, justru memberikan kenangan tertentu kepada beberapa gamer.

Contohnya seperti berbagai musik ketika battle scene di gim Final Fantasy yang begitu mengenang, bahkan oleh SquareEnix, selaku publisher dan pengembang gim tersebut, selalu menyematkan musik-musik khas mereka di setiap seri Final Fantasy.

4. Optimasi Engine

4 atribut

Nah lho, ternyata optimasi teknis dalam gim tersebut sangat berperan penting. Ya tentu saja, salah satu contohnya jika gim tersebut memiliki banyak bug atau kecacatan dalam pemrograman, pasti akan memiliki nilai jelek di mata gamer, karena dianggap gim tersebut dirilis bukan pada waktunya atau sang pengembang tidak niat untuk merilis gim tersebut.

Optimasi engine ternyata memberikan faktor penting agar menjadikan sebuah gim tersebut layak untuk dimainkan. Wajar jika ternyata didapatkan bug atau kecacatan baru yang justru ditemukan oleh gamer, maka sang pengembang akan memberikan respon dengan mengedarkan patch agar gim bisa berjalan dengan baik.

Biasanya patch tidak selalu berbentuk perbaikan bug. Patch juga bisa berisi pengadaan fitur baru, sehingga gim bisa berjalan lebih simpel dan fleksibel.


Itu dia 4 atribut dalam gim yang juga menjadi faktor penting penentu, apakah gim tersebut bagus atau tidak. Menurut kamu, apa sih yang bikin gim itu bagus atau tidak? Yuk share!


Like it? Share with your friends!

Rizal Ziz