5 Cutscene Game Terpanjang yang Paling Fantastis


Beberapa video game dengan durasi cutscene paling panjang dan keren abis. Berikut listnya

cutscene game

Cutscene game kini telah menjadi sebuah hal utama yang akan dihadirkan oleh developer dalam pengembangan sebuah game. Adegan sinematik ini biasanya bertujuan untuk menampilkan percakapan antar karakter, memperkenalkan elemen gameplay baru, membuat koneksi emosional, dan masih banyak hal lainnya.

Seiring dengan pesatnya pertumbuhan industri game, banyak developer yang menciptakan adegan cutscene game yang tak hanya cantik tapi juga bisa membuat sebuah game tersebut semakin realistis dan seperti sebuah film layar lebar.

Pada kesempatan ini Gimbot ingin berbagi informasi tentang 5 cutscene game yang punya durasi panjang banget dan pastinya keren abis!

Baca Juga: Game Bertema Time Travel Terbaik yang Membuat Fantasimu Melayang

Final Fantasy XIII

cutscene game
sumber: square enix

Final Fantasy XIII mungkin adalah game dalam seri besutan Square Enix dengan cutscene game terpanjang. Tentu saja kamu tidak bisa membandingkannya dengan MMO seperti Final Fantasy XI dan XIV yang memang selalu menghadirkan cutscene game setiap ada expansion terbaru.

Seperti kebanyakan JRPG populer, Final Fantasy XIII hadir dengan dua disk, dan jika kamu telah memainkannya, maka kamu tahu betapa padat ceritanya.

Awal permainan dipenuhi dengan cutscene demi cutscene, menjelaskan apa itu L’cie, Fal’cie, Focus, dan yang lainnya. Tentu saja seiring dengan permainan berjalan, adegan cutscene game Final Fantasy XIII juga berkurang, tapi ini masih menjadi sebuah game yang punya cerita cukup berat.

Secara total, adegan cutscene Final Fantasy XIII lebih dari delapan jam, atau setara dengan menonton empat film Marvel.

Metal Gear Solid 4: Guns of the Patriots

cutscene game

Metal Gear Solid selalu menjadi seri yang dikenal memiliki adegan cutscene panjang dan Metal Gear Solid 4 hadir dengan level yang lebih tinggi.

Game yang dipenuhi dengan banyak aksi ini juga memiliki adegan eksposisi panjang. Pada satu titik, Metal Gear Solid 4 juga memegang dua Guinness World Records, dengan cutscene terpanjang selama 27 menit dan rangkaian cutscene terpanjang selama 71 menit.

Xenosaga

cutscene game

Beberapa dari kalian mungkin memperhatikan bahwa genre JRPG kebanyakan memiliki cutscene game yang panjang dan tak terkecuali juga untuk seri game Xeno (Xenogears, Xenosaga, Xenoblade) yang selalu memiliki cerita yang sangat panjang.

Namun, Xenosaga adalah yang paling ekstrim dari semuanya, dengan banyak tema religius dan filosofi yang digabungkan menjadi sebuah kisah yang berbelit-belit, tetapi uniknya sangat menarik!

Masing-masing game Xenosaga memiliki cutscene yang panjang, lengkap beserta cerita yang benar-benar menjadi fokus utama (setidaknya dalam dua game pertama). Secara keseluruhan cutscene di Xenosaga pertama adalah 7 jam.

Max Payne 3

Tak hanya JRPG dan game buatan Jepang yang menggunakan cutscene panjang, ternyata banyak game buatan orang barat yang memiliki cutscene game yang juga ga kalah panjang lho!

Contohnya seperti Max Payne 3 yang membutuhkan sekitar 10-11 jam untuk diselesaikan dan sebagian besar dari jam-jam itu banyak diisi adegan cutscene.

Sebagai developer game veteran, Rockstar benar-benar ingin memamerkan teknologi mereka dengan memberikan penggambaran karakter ikonik Max Payne yang bagus dan menghadirkan cerita yang linear.

Di satu sisi, mungkin kamu akan melihat ini sebagai pendahulu dari Red Dead Redemption 2, sebuah game yang diisi banyak adegan cutscene dan eksposisi cerita.

Star Ocean: The Last Hope

Star Ocean selalu menjadi seri JRPG dengan cerita yang berbobot, tapi The Last Hope benar-benar bersinar karena memiliki adegan cutscene yang panjang dan sangat panjang!

Game ini mengisahkan ekspedisi pertama manusia ke luar angkasa dan kita akan mengikuti petualangan Edge Maverick dan Reimi Saionji, anggota Space Reconnaissance Force.

Awalnya dirilis di Xbox 360, The Last Hope hadir dengan tiga disk, dan beberapa cutscene secara harfiah berdurasi 20 sampai 30 menit. Jika di total, cutscene game Star Ocean: The Last Hope bisa mencapai 10 jam, atau setara seperti satu season Game of Thrones.


Era