Kisahnya Rumit! 5 Karakter Sampingan dengan Lore Paling Menarik

Meski berperan sebagai karakter sampingan, beberapa diantaranya bahkan sukses memiliki lore yang dalam bahkan hampir setara dengan karakter utama.


karakter sampingan

Apa yang membuat sebuah game sangat menarik untuk dimainkan dan dianggap yang terbaik adalah bagaimana developer meracik game tersebut, menjadikan setiap karakter yang ada di dalamnya sebagai bagian penting. Untuk melakukan hal ini mereka sudah jelas harus membuat tiap karakter memiliki ceritanya sendiri.

Dengan membuat setiap karakter memiliki cerita yang dalam, gamer bakal lebih mudah untuk menikmati cerita tersebut tentunya. Meski formula ini sudah diketahui, tapi tetap saja beberapa developer kerap melewatkan hal tersebut. Hanya beberapa developer yang niat saja yang mau membuatkan lore yang dalam terhadap setiap karakter di dalam game mereka.

Kali ini Gimbot tertarik untuk membahas mengenai karakter sampingan dengan lore paling dalam dan menarik. Kira-kira ada siapa saja? Berikut ulasannya.

1. Melie – A Plague Tale Innocence

karakter sampingan

A Plague Tale Innocence merupakan salah satu game indie yang cukup niat dibuatnya. Dari sisi visual, tak ada yang meragukan game ini dan dari segi cerita, game ini digarap luar biasa dari sisi narasi dan penokohan. Soal penokohan, hampir semua karakter sampingan memiliki ceritanya sendiri namun yang paling menarik dan dalam adalah soal Melie, yang merupakan salah satu karakter sampingan di game ini.

BACA JUGA: Bad Dad Ever! Ini 5 Ayah Terburuk di Video Game

Melie digambarkan sebagai karakter yang keras kepala, blak-blakan, moralnya ambigu, tapi di satu sisi sangat mampu diandalkan. Melie diceritakan berkali-kali menyelamatkan Hugo dan Amicia selaku karakter utama. Tapi dia juga beberapa kali membuat cemas karena kerap menghilang salah satunya saat menyelamatkan saudaranya, Arthur.

Ke depannya, Melie bisa digunakan oleh Asobo Studios selaku developer sebagai karakter utama jika ingin membuat sekuel. Mungkin sebagai prekuel, Melie juga cocok jadi karakter utama apalagi dia memiliki masa lalu kelam sebagai pencuri dan perampok mayat saat wabah ini mulai menyebar.

2. Victor Sullivan – Uncharted Series

karakter sampingan

Nathan Drake tak pernah berpetualang sendirian karena dia selalu ditemani oleh teman setianya yang cukup andal bernama Victor Sullivan atau yang akrab dipanggil Sully. Selama gelaran Uncharted Series, kita melihat cukup banyak cerita soal Sully mulai dari masa lalunya yang gila karena harus diurus oleh ayahnya yang kejam. Sully bahkan sukses masuk Angkatan Laut AS namun harus diberhentikan karena moralnya dipertanyakan akibat ikut berpartisipasi dalam kegiatan illegal.

Mulai dari situ dia menjadi seorang pencuri, penyelundup, dan berbagai kegiatan kriminal lainnya. Bahkan bisa dibilang, masa muda Sully lebih rusak dibandingkan Nathan Drake yang pernah dipenjara dan akhirnya menjadi pencuri harta karun. Mungkin selain Chloe Frazer yang dibuatkan game-nya sendiri yakni Uncharted: The Lost Legacy, akan menarik jika Sully juga dibuatkan kisah masa lalunya yang suram.

3. Nick Valentine – Fallout 4

karakter sampingan

Nick Valentine bukanlah karakter biasa karena dia dibekali oleh kemampuan peretasan dan pertempuran jarak dekat. Nick bisa dibilang adalah seorang Android dengan pikiran seorang detektif sehingga dia bisa memiliki pemikiran yang sangat tajam. Dia sudah menyelesaikan berbagai kasus dan salah satunya adalah dengan bantuan kalian.

Menariknya, diceritakan juga kisah masa lalu Nick sebelum menjadi detektif di mana dia merupakan seorang kuli di Diamond City. Diceritakan juga bahwa Nick sudah lebih dulu berada di kota jauh sebelum kalian datang ke sini. Kisah-kisah masa lalu Nick cukup menarik untuk diikuti apalagi dia diposisikan sebagai karakter yang sudah lebih lama tinggal dibandingkan kalian.

4. Raul Passos – Max Payne 3

karakter sampingan

Max Payne sebagai seorang manusia meskipun sangat kuat dan ahli dalam membunuh tetap memiliki seorang sahabat yaitu Raul Passos. Dia bersama Max bahu-membahu menyelesaikan berbagai kasus hingga suatu ketika pacar Passos yang sedang hamil disandera dan dia harus menyelamatkannya. Setelah berhasil, Passos disuruh untuk meninggalkan Brasil bersama sang pacar dan kedua sahabat ini akhirnya berpisah.

Lewat narasi Max, dia menceritakan hubungannya dengan Passos sebagai seorang polisi dan dia menghabiskan waktu untuk menyelesaikan misi bersama. Meski sudah diceritakan secara lengkap, masih ada beberapa plot hole yang akan sangat menarik bila digarap terlebih lagi Passos adalah sahabat terdekat dari seorang Max.

Akan menarik menceritakan perjalanan Passos sebelum keduanya berpisah di Brasil. Tapi sayangnya, Rockstar Games mungkin sudah enggan meneruskan franchise yang satu ini ya.

5. Vivi Ornitier – Final Fantasy IX

Final Fantasy IX

Diantara JRPG jadul, saya menganggap bahwa Vivi Ornitier merupakan salah satu side karakter yang memiliki jalan cerita sangat menarik. Bahkan melebihi kisah King Lavitz di Legend of Dragon, Barret di Final Fantasy VII, atau Laguna Loire di Final Fantasy VIII. Vivi Ornitier diceritakan merupakan seorang mage di Final Fantasy IX yang tidak sadar bahwa kemampuan magisnya sangat tinggi.

Bahkan dia dipanggil “Master” oleh rekannya Steiner yang merupakan Knight dari kerajaan Alexandria sekaligus pengawal dari Garnet Til Alexandros XVII. Di Final Fantasy VII, kisah soal Vivi Ornitier bahkan terjadi hingga disk 3. Kita bisa melihat bahwa Vivi merupakan karakter hasil eksperimen yang dilakukan oleh orang-orang jahat di game ini.

Kita juga diperlihatkan Vivi sedih karena harus bertarung dengan sesama makhluk eksperimen hingga akhirnya dia bisa menerima dirinya sendiri. Cerita soal Vivi diceritakan cukup dalam oleh Squaresoft meski dia hanya sebagai karakter sampingan saja.


Azzizil Adam

Main game gak bakal bikin masa depan suram. Yang bikin suram adalah ketika lo malas berbuat sesuatu! Happy gaming.