5 Game Bertema Time Travel Terbaik yang Membuat Fantasimu Melayang


Konsep perjalanan waktu memang menarik untuk diikuti. Coba deh mainkan 5 judul ini!

Time travel atau perjalanan waktu merupakan topik sains fiksi yang juga menjadi sebuah misteri besar di dunia. Meskipun belum ada yang bisa membuktikan secara ilmu pengetahuan, tapi ini merupakan salah satu konsep menarik yang kerap diangkat ke dalam medium hiburan film maupun game.

Baca Juga: Bermanfaat, Yuk Belajar Bahasa Jepang Lewat 5 Game Ini

Jika kamu seorang gamer yang kebetulan tertarik dengan tema perjalanan waktu semacam ini, maka kamu wajib deh coba 5 game time travel berikut! Siapa tahu dengan bermain, kamu bisa berkhayal seolah-olah mengubah nasib di masa lalu, sambil memikirkan konsekuensi yang terjadi dari tindakanmu.

Life is Strange

game time travel

Season pertama Life is Strange menempatkan kita pada karakter Max Caulfield, seorang wanita muda yang menjalani kehidupan normal dan menempuh pendidikan di Blackwell Academy, namun hidupnya berubah drastis ketika dia menemukan dirinya memiliki kekuatan untuk memanipulasi waktu!

Salah satu hal keren yang bisa kamu lakukan di sini adalah bisa memundurkan waktu beberapa menit untuk memilih opsi dialog lain yang tentu saja akan mengubah cerita secara keseluruhan. Ada juga momen di mana kita bisa kembali ke masa lalu dengan melihat foto yang diambil oleh Max dengan kameranya.

Momen perjalanan waktu ini membantu Max mengubah hasil seperti menghidupkan kembali teman-teman terbaiknya, tapi ada Butterfly Effect dari kemampuan tersebut, yang artinya setiap perubahan yang dibuat di masa lalu akan sangat mempengaruhi masa depan (keduanya bisa positif atau negatif).

Game time travel ini memberi segudang opsi untuk pemainnya dan kamu masih bisa melompat mundur beberapa saat jika memang merasa salah dengan pilihanmu. Meskipun memiliki kekuatan terbatas, tapi kisah perjalanan Max dan Chloe benar-benar membuat Life is Strange layak dimainkan.

Back to the Future: The Game

game time travel

Kita tidak bisa berbicara tentang game time travel tanpa memasukkan adaptasi game Telltale dari film klasik, yakni Back to the Future. Game ini memiliki kisah orisinal yang terjadi setengah tahun setelah peristiwa film Back to the Future Part III. Game ini juga merupakan hasil kerjasama antara developer dengan sang pemilik lisensi, Universal.

Back to Future: The Game bercerita tentang Doc Brown yang membawa kendaraan mesin waktu mereka, DeLorean dengan misi membawa Marty ke masa lalu untuk mencegah kematian Doc.

Singkatnya di game ini kita akan berpetualang dalam perjalanan waktu yang berbeda dan kita harus mencegah Doc agar tidak mati dan memastikan Marty juga tidak menghilang karena efek dari perjalanan waktu tersebut.

Chrono Trigger

game time travel

Chrono Trigger dianggap sebagai salah satu JRPG terbaik sepanjang masa dan hal tersebu tak lepas dari ide kreatif dari pengembang yang memasukan unsur time travel ke dalamnya.

Di game ini, karakter protagonis, Crono akan dibawa melewati perjalanan waktu ke zaman prasejarah yang penuh dengan dinosaurus, dunia postapocalytpic yang penuh dengan limbah beracun, hingga abad pertengahan.

Petualangan menyelamatkan dunia bukan lah hal yang mudah di Chrono Trigger, karena kita harus melewati banyak garis waktu dan dimensi alternatif untuk mencapai semua ending-nya. Memang semua ending tidak jauh-jauh dari mengalahkan sang bos, Lavos, tetapi setiap ending akan membuat kita melawannya di lokasi berbeda dengan cara yang berbeda juga.

Professor Layton and the Unwound Future

Game Professor Layton biasanya hanya bercerita tentang dirinya dengan sang asisten, Luke untuk menyelesaikan kejahatan di kota yang berbeda di seluruh kota London sambil memecahkan teka-teki yang diberikan oleh karakter sekitar kita.

Tapi hal itu berbeda di seri Unwound Future, pasangan ini akhirnya bertemu dengan Luke yang sudah tua yang tinggal di London. Dia mengirim Luke dan Layton ke masa lalu dan memberitahu tentang peristiwa mengerikan yang telah terjadi selama ini.

Professor Layton and the Unwound Future merupakan game pertama dari seri Profesor Layton yang menyertakan tema time travel ke dalamnya. Selain itu ini untuk pertama kalinya juga kita bisa melihat Luke dewasa berinteraksi dengan Luke muda dan melihat lebih banyak tentang masa lalu Profesor Layton.

Waktu adalah inti dari tema di Unwound Future. Di sini pihak developer telah melakukan pekerjaan fantastis dengan memperkenalkan kita pada karakter baru sembari membiarkan kita mengintip masa depan dan masa lalu sang karakter protagonis utama.

Radiant Historia

Radiant Historia: Perfect Chronolgy adalah turnbased RPG yang dikembangkan oleh Atlus dan pertama kali rilis untuk Nintendo DS. Game ini kemudian mendapatkan port untuk 3DS tahun lalu.

Time travel adalah komponen besar dalam Radian Historia, di mana sang karakter utama memiliki buku khusus yang disebut The White Chronicle. Dengan menggunakan buku ini, Stocke dan temanya dapat melakukan perjalanan ke berbagai waktu.

Karena mengusung konsep perjalanan waktu, tentu saja pilihan yang kamu pilih bisa mempengaruhi hasil akhir permainan. Jika kamu memang menyukai konsep time travel, maka RPG ini adalah pilihan yang tepat untukmu.


Era