14 Video Game ini, Ternyata Punya Versi Board Game


Tahukah kamu bahwa ada berbagai judul video game yang ternyata punya versi board game?

Sumber: Bit-Tech

Bermain video game di zaman sekarang sudah menjadi hal biasa. Bagaimana dengan board game atau gim papan? Sepertinya di Indonesia masih belum begitu populer.

Jika ditanya mengenai gim papan mungkin kamu akan terbayangkan tentang gim ular tangga, catur atau mungkin Monopoli yang memang menjadi gim papan yang sangat umum.

Tahukah kamu bahwa ada berbagai judul video game yang ternyata punya versi gim papannya? Tentu saja versi gim papan ini bukan gim papan Monopoli dengan tema video game, melainkan sebuah gim papan dengan gameplay yang berbeda dan unik.

BACA JUGA : 5 Fakta Smach Z, PC Game Mini yang Bisa Dibawa ke Mana Saja

Ya sudah kita langsung saja ya simak 14 video game yang ternyata punya versi board game. Cekidot!

1. XCOM: The Board Game

board game

Salah satu gim AAA yang cukup terkenal. Sesuai dengan temanya, kamu bermain dengan teman-temanmu maksimal tiga orang dengan berbeda peran. Bersama teman kamu tersebut, kamu harus melindungi bumi dari serangan alien.

Cara bermainnya kamu harus berjalan sesuai giliran. Setiap giliran memiliki waktu yang terbatas dan kita harus mengatur strategi untuk bisa menahan serangan alien. Meskipun gim ini berbentuk gim papan tapi memiliki mekanisme otomatis untuk pergerakan Alien, sehingga XCOM cenderung memiliki genre survival.

2. The Witcher Adventure Game

board game
Sumber: Gamespot

Gim papan ini lebih cocok disebut dengan novel dibanding sebuah gim papan. Kamu bisa bermain dengan tiga temanmu lainnya dengan peran yang berbeda.

Pada dasarnya kamu dan temanmu bertualang bersama dan saling bekerja sama dalam menghadapi rintangan yang ada.

Pada akhirnya, hanya salah satu pemain yang bisa memenangkan permainan dengan cara sampai di tempat finish terlebih dahulu.

3. Portal: The Uncooperative Cake Acquisition Game

Sumber: Polyhedron Collider

Sebuah judul yang sangat panjang dibanding video game aslinya. Gim papan ini memiliki tema gim Portal yang dirilis oleh Valve.

Permainan cenderung mudah, yaitu kamu dan teman-teman bermain kamu hanya cukup mengumpulkan kue cake yang tersebar di papan.

Tentu saja untuk mencapai kue tersebut tidak mudah, sebab ada teman sebelah kamu yang siap menghalang agar kamu gagal dalam mengumpulkan kue.

Tema yang aneh, kue?

4. Assassin’s Creed: Arena

Sumber: Polygon

Sepertinya gim ini lebih cocok dibilang gim bertarung dibanding gim dengan tema Assassin.

Kamu dan pemain lainnya bertarung siapa yang duluan bisa mencapai kotak tengah, dia akan mendapatkan senjata paling kuat.

Senjata tersebut bisa membantumu untuk melakukan misi assassination yang akan memberimu poin. Siapa yang memiliki poin paling banyak, maka dialah yang menang!

5. Gears of War: The Board Game

Gim papan dari Gears of War ini menceritakan para pemuda yang menjalankan misinya dengan bertualang dan menghadapi monster-monster yang menghalangi misi mereka.

Permainan gim papan ini lebih didominasi dengan menggunakan dadu dan bidak, sedikit mirip dengan ular tangga hanya saja lebih banyak fitur.

6. Bioshock Infinite: The Siege of Columbia

Sumber: Kotaku

Salah satu gim papan yang sangat rumit untuk dimainkan. Misi mencari seorang gadis dan menghapus semua utangnya, berhadapan dengan para rampok yang mengendarai robot, jangan lupa robot yang menyerupai Thomas Jefferson dengan gatling gun juga hadir di gim papan ini.

Jika dilihat dari rumitnya gim papan ini, Bioshock Infinite: The Siege of Columbia lebih mengarah ke genre strategi.

7. Civilization: The Board Game

Sumber: Kotaku

Sama persis dengan gim aslinya, Civilization: The Board Game mengutamakan para pemainnya untuk bisa menguasai dunia.

Dalam proses menguasai dunia tersebut, tentu kamu tidak bisa sendiri. Ada teman bermain kamu yang akan membantu atau mungkin justru berkhianat dan siap menusuk kamu dari belakang jika kamu tidak waspada.

Alur permainan dalam gim papan ini juga mirip. Kamu membangun peradaban dari zaman batu hingga akhirnya kamu siap untuk membangun zaman beserta menguasai peradaban dunia.

8. Starcraft: The Board Game

Sumber: USGamer

Jika kamu penggemar Starcraft mungkin kamu akan suka dengan gim papan ini.

Starcraft: The Board Game memiliki adaptasi yang cukup sempurna dari versi gim aslinya, meskipun gim papan ini memiliki sistem jalan bergiliran dibanding RTS (Real Time Strategies).

Cara bermainnya pun sejenis, kamu harus mengumpulkan resources, membangun markas dengan mendirikan barak-barak, membangun pasukan sampai akhirnya kamu mengirim semua pasukanmu untuk menyerang musuh, atau mungkin bertahan.

9. Street Fighter

Sumber: The House of Fun

Bagaimana jadinya jika sebuah gim fighting menjadi sebuah gim papan? Street Fighter dalam versi gim papan ini justru berbentuk gim kartu.

Kamu dan teman-teman lawanmu bisa memilih atau bahkan dipilih secara acak, siapa karakter Street Fighter yang akan dimainkan.

Nantinya kamu dan teman-temanmu akan mendapatkan kartu serangan yang bisa kamu keluarkan untuk menyerang teman-teman bermain yang menjadi musuh kamu.

Kartu-kartu tersebut bisa dilakukan upgrade agar bisa menjadi serangan mematikan seperti jurusnya Ryu, Shinpu Hadou-Ken. Tidak hanya itu, dengan kartu-kartu tersebut bahkan kamu bisa membuat combo layaknya gim Street Fighter aslinya

10. World of Warcraft: The Board Game

Sumber: Kelsam Tabletop

Pernah bermain gim papan Dungeons & Dragons? Kamu pasti akan suka dengan gim papan ini karena memiliki genre yang sama tapi dengan instrumen yang lebih lengkap.

Gim yang cukup memakan waktu ini, menceritakan tentang hero yang berasal dari Alliance dan Horde

Layaknya gim RPG, para pemain yang berperan sebagai hero, mengumpulkan gold, item dan lain sebagainya untuk bisa mengembangkan diri, sampai akhirnya melawan Overlord, musuh terakhir yang harus dikalahkan untuk memenangkan permainan.

Baca Juga: Warcraft III: Reforged akan Dirilis, Apa Bedanya dengan Versi Lama?

11. Resident Evil

Sumber: Massdrop

Seperti temanya, gim papan Resident Evil menceritakan tentang bertahan hidup dari serangan zombie dan bio-weapon.

Resident Evil ini, memiliki bentuk permainan deck building, yang nantinya deck berisikan kartu-kartu tersebut akan digunakan sebagai resource kamu untuk bisa bertahan dan mendapatkan poin. Pemain yang memiliki poin tertinggi, dialah yang menang.

12. Doom: The Board Game

Sumber: Masgamers

Siapa yang tidak kenal gim FPS (First Person Shooter) yang legendaris ini? Doom: The Board Game memberikan pengalaman yang berbeda dalam bermain.

Kamu tidak akan menemukan genre FPS di gim papan ini, hanya saja jika kamu pernah memainkan gim Doom versi mobile, maka kamu akan menemukan kemiripan dalam gim papan ini.

Hanya saja gim ini cenderung lebih mirip dengan Dungeons & Dragons yang mengutamakan “imajinasi” dalam bermain, dengan bantuan instrumen yang lebih lengkap.

Tentu saja kamu bisa mengambil aksi untuk menembak monster iblis dengan senjata yang kamu dapatkan dalam bentuk kartu.

13. Angry Birds: Knock on Wood

Sumber: Fun Toys Brinquedos

Untuk membahas board game ini tidak perlu kata-kata yang banyak. Cukup bayangkan saja, bagaimana jadinya jika gim Angry Birds diimplementasikan dalam dunia nyata?

14. Plants vs Zombies Risk

Sumber: Mom on the Side

Gim papan yang cukup hemat pemain, karena hanya dibatasi untuk dua pemain saja. Setiap pemain bisa mengambil kubu sebagai Plants atau Zombies.

Gim ini memiliki tujuan untuk mendominasi area. Layaknya monopoli, siapa yang memiliki area kekuasaan paling banyak, dialah yang akan menang. Sudah begitu saja kok.


Nah itu dia 14 video game yang juga memiliki versi board game. Kamu punya referensi lagi mengenai video game yang ada gim papannya?

Sumber: GamesRadar


Rizal Ziz

Seorang penulis yang senang mencari experience.. hobi membaca agar mendapatkan skill, senang berlatih agar bisa naik level.. dan senang hunting agar bisa mendapatkan item-item langka yang jika dijual dapat harga mahal..