5 Fakta Smach Z, PC Game Mini yang Bisa Dibawa ke Mana Saja


Sepertinya mimpi para gamer yang menginginkan bermain gim PC tapi secara mobile akan menjadi nyata. Baru-baru ini muncul di dunia sebuah gadget bernama Smach Z, sebuah PC Game Mini yang bisa dibawa ke mana saja atau portable.

Apa sih Smach Z itu? Pada dasarnya Smach Z adalah sebuah gadget untuk bermain gim. Menariknya, Smach mengklaim bahwa Smach Z dapat memainkan gim-gim AAA yang biasa hadir di PC, tanpa harus terkendala tempat, waktu serta performa yang rendah.

Bayangkan saja, kamu bisa bermain gim AAA seperti Call of Duty Series, Battlefield Series, dan lain sebagainya secara portable. Nah daripada kita ngegosip, yuk kita coba bahas berbagai fakta-fakta Smach Z ini, agar kita bisa lebih mengenal Smach Z. Cekidot!

BACA JUGA: Just Cause 4 Muncul Trailernya, Ini dia 4 Fitur Baru dari Seri Sebelumnya!

1. Diperkuat dengan AMD Ryzen™ EMBEDDED V1000

smach z

AMD sepertinya memang sangat cocok untuk menjadi prosesor console game. Tidak terlepas Smach Z juga mengakui hal itu dan memilih AMD untuk menopang gim-gim yang akan dimainkan.

Jenis prosesor yang digunakan adalah AMD Ryzen™ EMBEDDED V1000. Prosesor ini memiliki tegangan sebesar 2GHz yang memiliki kemampuan boosting hingga 3,6GHz. Prosesor ini sudah diperkuat dengan teknologi pengolah gambar atau render VEGA 8 yang biasa hadir di laptop kelas menengah.

Biasanya dengan kartu grafis seperti itu, sudah mampu memainkan gim AAA, hanya saja mungkin belum mampu untuk gim yang sangat berat seperti Cyberpunk 2077 yang kabarnya membutuhkan kartu grafis yang tinggi.

2. Dapat Memainkan Lebih dari 20.000 Gim

smach z

Smach mengklaim bahwa Z ini mampu menjalankan lebih dari 20.000 gim PC yang tersedia di berbagai portal gim. Seperti Steam, GOG, Uplay, Origin, Battle.net dan lain sebagainya.

Gim-gim seperti GTA 5, Doom, Just Cause 3, Battlefield 1, PUBG, Crysis 3, Metro Last Light, Destiny 2, dan lain sebagainya mampu dimainkan di Smach Z ini.

3. Full HD Display

smach z

Meskipun layarnya kecil, ternyata Z mampu menghadirkan resolusi layar HD. Resolusi yang digunakan adalah 1920×1080 yang memang sudah menjadi resolusi standar para gamer bermain gim.

Kamu tidak perlu khawatir akan mengalami “sakit mata” karena resolusi yang kecil.

4. Tambahan Z-Pads

smach z

Jika kamu tidak nyaman dengan controller dengan bentuk touchpad di console Z, kamu bisa menambahkan sebuah aksesoris asli dari Smach, yaitu tambahan Z-Pads.

Tambahan Z-Pads ini sangat cocok untuk kamu yang merasa lebih nyaman dengan controller tradisional. Hanya saja belum ada informasi apakah tambahan ini akan dijual terpisah atau ikut disertakan dalam penjualan.

5. Bisa Upgrade RAM dan Storage

smach z

Fitur lainnya yang bisa menjadi daya tarik Z ini, ternyata kamu dapat melakukan upgrade RAM serta kapasitas penyimpanan yang menggunakan SSD.

Smach menyarankan untuk membeli komponen asli dari Smach agar lebih kompatibel. Hanya saja kamu bisa membeli komponen dari luar dengan spesifikasi sebagai berikut.

– RAM: SODIMM DDR4 up to 8GB modules and up to 2400 Mhz.
– Storage: m2 SSD size 22×42 up to 1T.


Smach Z sudah bisa dilakukan pre-order dengan harga bermacam-macam sesuai spesifikasi RAM dan kapasitas penyimpanan yang diinginkan.

Kunjungi saja situs resmi mereka pada tautan di bawah ini.

Sumber: Smach.


Like it? Share with your friends!

Rizal Ziz