Jadi Legenda! Ini 5 Trilogi Paling Fenomenal di Industri Game

Sebuah kisah akan menarik jika ditutup di seri ketiga hingga kita mengenal sebuah istilah trilogi. Mana saja game trilogi yang sudah kalian mainkan?


Game Trilogi Terbaik

Menciptakan sebuah trilogi mungkin menjadi impian semua developer game yang ada di dunia ini. Namun tentu tak mudah menciptakan sebuah trilogi karena para developer harus memastikan bahwa game pertama mereka sukses di pasaran atau paling tidak mampu meningkatkan penjualan serta minat di seri keduanya.

Karena banyak sekali game yang tadinya ingin dibuat trilogi namun justru tidak jadi karena kurangnya peminat seperti yang terjadi pada Heavenly Sword contohnya. Beruntung beberapa diantaranya sukses menciptakan trilogi yang melegenda di industri game.

BACA JUGA: Tanpa Disangka 5 Game Eksklusif PlayStation ini Gagal di Pasaran

Kesuksesan mereka akan sangat susah untuk diikuti oleh developer manapun. Gimbot sudah mengumpulkan daftar lengkapnya mengenai lima trilogi paling fenomenal di industri game. Berikut adalah ulasannya!

1. God of War Original Trilogy

trilogy

God of War Original Trilogy menjadi salah satu kisah terbaik dari seabrek kesuksesan game Sony. Pertama kali diperkenalkan di tahun 2005, God of War pertama mendapatkan sambutan hangat karena idenya yang tidak biasa. Ya, alih-alih menjadikan hero utamanya sebagai jagoan, SIE Santa Monica Studio justru menciptakan karakter anti-hero bernama Kratos yang kuatnya bukan main.

Dia merupakan pembantai dewa Yunani yang ingin menuntut balas. Perjalanan Kratos untuk mencapai tujuannya ini dituangkan ke dalam cerita penuh emosi plus banyak scene brutal nan ikonik di dalamnya. Trilogi ini berakhir dengan suksesnya tujuan seorang Kratos.

Dengan segala kualitas yang dimilikinya, God of War Original Trilogy menjadi salah satu trilogi paling melegenda yang ada di game.

2. Batman Arkham Trilogy

Game Batman Arkham memang ada empat yaitu Batman Arkham Asylum, City, Origins, dan Knight. Namun untuk Batman Arkham Origins sendiri merupakan sebuah prekuel soal masa lalu Batman dan sebelum Joker. Akhirnya fans mengakui jika lore dari game ini yang sebenarnya hanya sebatas Batman Arkham Asylum, Batman Arkham City, dan Batman Arkham Knight.

BACA JUGA: Beberapa Fakta Menarik The Altruist Cult, Organisasi Berbahaya di GTA V

Kualitas dari Batman Arkham Series ini mengubah pandangan gamer bahwa sebenarnya ada banyak cara menarik untuk membuat game superhero tetap bersinar. Rocksteady sukses melakukannya dengan sangat baik. Bahkan mekanismenya mengilhami game sekelas Middle Earth Shadow of Mordor dan Shadow of War.

Di sini kita bisa melihat pertempuran ikonik antara Batman dan Joker. Dialog digarap sangat menarik dan dari segi cerita, kalian akan dibuat terkejut dengan sejumlah twist yang ada.

3. Crysis Trilogy

trilogy

Crysis Trilogy adalah sebuah game FPS yang cukup fenomenal pada masanya. Ya, pertama dikeluarkan di tahun 2007, game ini langsung jadi benchmark para pengguna PC. Crysis identik dengan citranya sebagai game berat. Padahal lebih dari itu, Crysis menawarkan banyak hal menarik yang luar biasa.

Menjadi sebuah trilogi, Crysis berhasil menjadi sebuah legenda karena semua aspek yang dia tawarkan benar-benar mampu memuaskan gamer. Meskipun game ini mengusung tema shooter, mereka memasukan unsur eksplorasi semi open world yang membuatnya makin menarik bagi sejumlah gamer khususnya bagi mereka yang suka eksplorasi.

4. The Witcher Trilogy

Jika gamer hanya mengetahui The Witcher 3: Wild Hunt saja, itu adalah hal yang wajar karena kedua game The Witcher sebelumnya memang kurang fenomenal. Tapi meski underrated, dari segi kualitas, The Witcher pertama dan kedua tak bisa diragukan lagi. Meski terbatas dari segi visual dan gameplay, The Witcher pertama mampu menyajikan cerita petualangan Geralt of Rivia dengan sangat baik.

Petualangan fenomenal itu berlanjut ke seri The Witcher 2: Assassin’s King yang mampu menyajikan visualisasi kelas satu pada masanya serta memperkenalkan fitur Ubersampling di dalamnya. Sama seperti seri pertama, jalan cerita di game keduanya digarap dengan sangat baik dan di sini CD Projekt Red sudah memperkenalkan unsur pilihan yang mempengaruhi jalan cerita.

Semua elemen yang baik dipertahankan di The Witcher 3 sedangkan CD Projekt sendiri banyak melakukan lompatan di seri terakhir tersebut. Game ini jadi trilogi terbaik yang pernah dibuat di industri game.

5. Mass Effect Trilogy

trilogy

Bioware dipuja sana sini berkat keberhasilan mereka dalam mengembangkan Mass Effect Trilogy. Ya, menyajikan jalan cerita menarik penuh suka dan duka, Mass Effect dibuka dengan baik dan ditutup dengan cukup baik pula meskipun kenyataannya banyak gamer yang protes terhadap ending dari Mass Effect ketiga.

Mass Effect membawa dunia sci-fi yang luar biasa untuk dijelajahi. Game ini terlihat mampu menyaingi kualitas dan eksistensi dari Star Wars di game. Kekuatan utama dari game ini adalah penciptaan Komandan Shepard yang bagus. Belum lagi, Mass Effect bukan sekadar game aksi melainkan game RPG dengan segala keunikannya.

Elemen utama yang membuat game tersebut menarik adalah elemen percakapan di game ini mampu memberikan konsekuensi langsung bagi jalan cerita dan dunia Mass Effect itu sendiri. Itulah yang pada akhirnya menjadikan game ini sebagai legenda.


Azzizil Adam

Main game gak bakal bikin masa depan suram. Yang bikin suram adalah ketika lo malas berbuat sesuatu! Happy gaming.