[OPINI] Tips Membeli VGA Card Bekas, Gimana Kira-kira?


Ada kiat khusus untuk sukses membeli VGA bekas. Kira-kira apa saja? Berikut tips ala Gimbot dijamin ampuh!

Membeli part-part PC bekas memang bisa menjadi jalan pintas bagi seseorang PC builder untuk merakit sebuah PC idaman. Tapi untuk membeli barang-barang bekas, tentu ada tips khusus yang mesti dilakukan agar terhindar dari yang namanya penipuan atau mendapatkan barang yang sudah rusak.

Gimbot beberapa kali pernah membeli barang-barang PC bekas salah satunya adalah VGA card. Gimbot punya tips khusus ketika kalian ingin melirik VGA bekas idaman kalian. Mungkin tanpa basa-basi langsung saja kita bahas satu per satu tips-nya!

Pilih-Pilih Seller

Gamer PC

Seller, apalagi di tahun 2019 ini ada sangat banyak. Di e-commerce jumlahnya bahkan bisa ratusan bahkan ribuan. Belum lagi ada di forum-forum jual beli yang tersebar di Facebook membuat kalian punya keleluasaan dalam memilih penjual.

Tapi untuk Gimbot pribadi, pilihlah penjual yang ramah dan bebas untuk ditanya-tanya. Semakin terbuka seller, maka kalian bisa sedikit bernafas lega. Gimbot pribadi jika menjual sesuatu lebih senang untuk ditanya-tanya agar sang pembeli puas.

BACA JUGA: Kelebihan Uncharted Franchise yang Bikin Susah Dilupakan

Setelah sekiranya kalian menyimpulkan bahwa si seller ini tidak nakal, kalian boleh untuk melirik barangnya. Jangan lupa, cash on delivery atau ketemuan adalah hal yang paling Gimbot rekomendasikan!

Jangan Terpaku dengan Harga Murah

Membeli barang terutama dengan harga yang murah adalah dambaan semua orang. Tapi untuk barang second, kalian jangan pernah terpaku dengan harga murah. Lihat dulu harga pasaran VGA yang kalian incar. Jika ada di range harga standar, kalian bisa meliriknya.

Tapi ada juga seller yang memang ingin menjual barangnya dengan harga yang sangat murah. Untuk yang satu ini kembali lagi ke poin awal apakah si seller ini jujur atau tidak.

Cek Fisik dan Kelengkapan VGA

Salah satu hal yang paling penting adalah cek fisik dan kelengkapan VGA. Pertama mulai dari dus luar, dus dalam, manual book, CD Driver, kartu garansi, dan nota pembelian. Jika dirasa sudah bagus, maka kalian harus lakukan cek fisik terhadap VGA kalian.

BACA JUGA: 5 Maskot Paling Dahsyat yang Ada di Video Game

Untuk melakukan cek fisik ini Gimbot merekomendasikan via COD bersama dengan si seller. Gimbot pernah membeli Radeon HD 7870 XT. Saat itu Gimbot cek fisiknya mulai dari fan, bodi si VGA, kapasitor, hingga heatsink-nya.

Terutama heatsink, lihat dan pastikan apakah barang yang ada itu memiliki heatsink yang korosi atau tidak. Masalahnya, jika heatsink korosi, akan sulit untuk melakukan RMA. Jika sudah oke secara fisik, maka kalian boleh langsung gas barang tersebut.

Pilih yang Masih Garansi (Kalo bisa)

Jika memungkinkan, pilihlah barang yang masih garansi. Ada banyak tentunya dan kebanyakan barang yang masih garansi dijual oleh seller karena si seller pensiun main PC, butuh uang, atau memang ingin upgrade. Dengan memilih barang yang masih garansi, resiko terburuk sekalipun misalkan VGA artefak, kalian seharusnya santai saja.

Untuk garansi, tanyakan nota pembelian tapi ada beberapa distributor yang mungkin melakukan RMA meski tidak ada nota pembelian. Contohnya adalah Alfa Artha Andhaya yang mendistribusikan merk MSI.


Pentombled

Main game gak bakal bikin masa depan suram. Yang bikin suram adalah ketika lo malas berbuat sesuatu! Happy gaming.