Artifact memungkinkan kamu menjual dan membeli kartu di Steam Market. Jika memiliki kartu dengan harga tinggi sejak pertama kali bermain, kamu bisa mendapatkan kembali Rp300.000 yang kamu keluarkan untuk membeli gim kartu dari Valve ini.

Dalam jangka panjang, jika kamu bisa terus menambah koleksimu dengan biaya minimal atau malah nol, kamu bisa saja kaya hanya dari gim ini. Pertanyaannya, bagaimana caranya? Selain itu, bagaimana caranya agar kamu bisa memainkan gim ini tanpa mengeluarkan biaya yang terlalu besar?

Nah, dalam artikel ini kami akan memberi beberapa tips mengoptimalkan ekonomi kamu dalam Artifact.

1. Jago Expert Draft = Kaya

tips-hemat-kaya-artifact-1

Selain membeli langsung dengan uang, satu-satunya cara untuk mendapatkan card pack saat koleksimu sedang sangat minim adalah dengan bermain Expert Draft. Jika kamu jago bermain di mode ini, kamu harusnya bisa mengumpulkan kartu dengan mudah.

Untuk bermain di Expert Draft, kamu harus membayar dengan tiket. Ketika pertama kali bermain Artifact kamu harusnya mendapatkan lima tiket gratis untuk masuk ke dalam Expert Draft.

Dalam mode Draft ini, kamu akan membentuk deck dari sejumlah pilihan kartu yang ditawarkan. Setelah itu kamu harus bermain menghadapi pemain lain. Draft berakhir jika kamu mendapatkan lima kemenangan atau dua kekalahan. Jika rekormu bagus, kamu akan mendapatkan kembali tiket yang kamu gunakan plus satu atau dua card pack.

Jika kamu jago bermain di Expert Draft, kamu harusnya bisa infinite alias tidak pernah kehabisan tiket tanpa harus memiliki koleksi yang lengkap. Dari situ perlahan tapi pasti kamu akan mendapatkan card pack untuk melengkapi koleksi atau untuk dijual.

Expert Draft, baik itu Phantom atau Keeper, adalah mode yang sulit. Semua pemain akan bermain super serius dengan deck terkuat yang bisa mereka buat. Jika kamu masih belum siap, kamu bisa berlatih Casual Phantom Draft dengan gratis tapi tanpa imbalan.

2. Kehabisan Tiket? Beli Kartu untuk Recycle

tips-hemat-kaya-artifact-3

Kamu mungkin sesekali tidak beruntung ketika bermain Expert Draft dan kehilangan semua tiket yang kamu miliki. Untuk bisa kembali mengakses Expert Draft, kamu bisa membelinya dengan uang.

Namun ada cara yang lebih hemat untuk mendapatkan tiket daripada membelinya secara langsung.

Dalam Artifact, kamu bisa mengubah total 20 kartu menjadi satu tiket. Kamu bisa membuang kartu yang tidak kamu perlukan atau punya harga jual sangat rendah. Jika kamu merasa sayang menghancurkan kartu miliki sendiri, hancurkan punya orang lain.

tips-hemat-kaya-artifact-4

Jika kamu mengunjungi Steam Market untuk Artifact, kamu akan menemukan banyak orang yang menjual kartu murah dengan harga sekitar Rp400 sampai Rp500. Beli kartu dengan harga yang mirip sebanyak 20 lembar (tidak harus sama), lalu Recycle untuk dijadikan tiket.

Cara ini lebih murah daripada membeli tiket secara langsung. Harga termurah ketika membeli tiket adalah Rp71.000 untuk lima tiket. Artinya satu tiket punya harga kurang lebih Rp14.000. Sementara untuk membeli 20 kartu super murah kamu hanya memerlukan sekitar Rp8.000 sampai Rp10.000 saja.

3. Selalu Perhatikan Harga Pasar

tips-hemat-kaya-artifact-2

Oke, sekarang kamu sudah bisa mengelola tiket untuk Expert Draft, saatnya pindah ke bagian menjual kartu.

Harga kartu Artifact di Steam Market akan selalu berubah. Sebagai contoh, Axe sempat menginjak harga Rp300.000 saat gim ini pertama kali rilis. Namun seminggu kemudian harganya turun, tapi masih tetap sangat mahal di angka Rp250.000.

Karena kondisi pasarnya selalu berubah, kamu tentu disarankan untuk rajin mengawasi harga kartu yang kamu miliki. Jual kartu langkamu jika harganya sempat naik, tahan jika tidak terjadi apa-apa, tapi jual segera jika harganya terus turun.

Mirip seperti bursa saham atau lelang? Well, karena pada dasarnya seperti itulah Steam Market.

Baca juga: 5 Kartu Termahal di Artifact Seminggu Setelah Rilis


Pada akhirnya, sama seperti gim kartu lain, melengkapi koleksi di Artifact secara gratis tetap perlu waktu dan keahlian yang mumpuni. Namun paling tidak sekarang kamu tahu bahwa ada cara untuk melengkapi koleksi atau bahkan mendapatkan profit di Artifact dengan modal yang minim.

Sumber gambar utama: Danidem


Kaoru