Inilah 5 Kartu Termahal di Artifact Seminggu Setelah Rilis


kartu-termahal-artifact-featured

Seperti gim kartu fisik, di Artifact kamu bisa mendapatkan kartu yang kamu inginkan dengan membelinya secara langsung di Steam Market. Tidak cuma itu, kamu juga bisa menjual kartu yang kamu miliki.

Berapa harga masing-masing kartu tentu akan terus berubah tergantung dari berbagai faktor. Kebanyakan kartu hanya berharga beberapa ratus Rupiah saja. Akan tetapi ada juga kartu yang harganya sangat mahal. Saking mahalnya, kartu tersebut bisa mengembalikan sebagian dari biaya yang kamu keluarkan untuk membeli gim ini, yaitu Rp300.000.

Dalam artikel ini kami akan membahas lima kartu termahal di Artifact seminggu setelah gim ini rilis. Artinya nantinya bisa saja kartu ini jadi lebih murah atau bahkan lebih mahal. Who knows.

1. Axe (Rp255.000,-)

kartu-termahal-artifact-axe

Sejak hari pertama, Axe sudah menjadi kartu termahal di Artifact. Saat pertama kali rilis ia bahkan sempat dijual dengan harga lebih dari Rp300.000. Yup, lebih mahal dari Artifact itu sendiri.

Axe sendiri adalah kartu hero dengan warna merah. Meskipun tidak punya kemampuan khusus, Axe punya badan atau stats yang sangat kuat layaknya hero merah lain. Ia bisa bertahan hidup sepanjang durasi permainan dan bisa kamu perkuat dengan kartu item.

Satu alasan yang membuat Axe sangat populer adalah kartu khusus yang ia miliki, yaitu Berserker’s Call. Dengan kartu ini, Axe atau hero merah lain bisa membunuh tiga blocker di depannya sebelum Combat Phase. Lalu karena biasanya punya stats atau badan yang sangat kuat, Axe atau hero merah yang menggunakan Berserker’s Call akan selamat.

2. Drow Ranger (Rp186.000,-)

kartu-termahal-artifact-drow-ranger

Tidak seperti hero hijau lain, Drow Ranger punya HP yang sedikit lebih tipis. Namun sebagai gantinya ia punya ability yang sangat kuat.

Selama Drow Ranger ada di dalam permainan, Precision Aura dari Drow Ranger akan membuat semua unit dalam permainan memiliki satu poin attack tambahan. Efek ini membuat strategi yang membanjiri board atau lane dengan creep jadi makin efektif.

Kartu khusus Drow Ranger juga sangat kuat. Begitu digunakan, Gust akan membuat semua hero lawan di lane terkena silence. Dalam kondisi itu, lawan hanya bisa menggunakan item.

Jika digunakan saat kamu memegang Initiative, Gust dengan mudah mencegah lawan melakukan apa-apa. Dengan begitu kamu bisa mengambil alih lane dengan mudah.

3. Kanna (Rp129.000,-)

kartu-termahal-artifact-kanna

Kanna memiliki HP yang jauh lebih besar dari hero biru lain. Dengan 12 HP, ia bisa selamat di ronde pertama bahkan jika harus bertemu dengan hero lain yang lebih kuat.

Kartu khususnya, Prey on The Weak juga sangat kuat dan jadi alasan lain mengapa ia punya harga cukup tinggi. Jika digunakan dengan baik, satu kartu ini bisa membanjiri lane dengan creep dalam sekejap.

Creep yang muncul dari Prey on The Weak mungkin lemah. Namun itu kadang tidak berarti jika lawan tidak menjawabnya. Apalagi kamu juga bisa membuat creep tersebut lebih kuat. Salah satunya adalah dengan Precision Aura dari Drow Ranger yang sudah kita bahas di atas.

4. Time of Triumph (Rp117.000,-)

kartu-termahal-artifact-time-of-triumph

Time of Triumph adalah salah satu finisher paling populer saat ini. Begitu digunakan semua hero kamu di lane akan menjadi sangat kuat.

Dengan efek yang bisa kamu baca di atas, hero yang mendapatkan Time of Triumph jelas akan sangat sulit dibunuh. Tidak cuma itu, mereka juga bisa menghajar lawan dan menghancurkan tower dengan mudah. Benar-benar ultimate late game card.

5. Annihilation (Rp104.000,-)

kartu-termahal-artifact-annihilation

Berbeda dengan Time of Triumph yang merupakan kartu finisher, Annihilation merupakan kartu get out of jail pamungkas untuk deck biru.

Kartu ini menghancurkan semua unit di lane, entah itu milik kamu sendiri atau lawan. Dalam situasi di mana lawan punya pressure yang sulit ditangani, satu kartu ini akan menghilangkan pressure tersebut dalam sekejap.

Biru biasanya punya kartu spell late game yang sangat kuat. Hanya saja, deck biru biasanya kesulitan mencapai late game karena hero dengan warna ini cenderung sangat lemah. Annihilation adalah solusi untuk menunda permainan. Dengan begitu kamu bisa mencapai late game dan membalikkan keadaan satu atau dua giliran kemudian.


Sekali lagi, harga di atas adalah tertanggal 5 Desember 2019. Harga tersebut bisa naik atau turun tergantung kondisi meta-game dan faktor lainnya.

Satu hal yang jelas adalah, memiliki kartu ini bukan berarti membuat kamu bisa memenangkan pertandingan dengan mudah. Pada akhirnya kamu tetap harus membangun deck yang solid dengan kartu-kartu di atas.

Sebaliknya, tidak memiliki kartu di atas juga tidak akan membuat deck kamu lebih lemah. Masih banyak pilihan deck yang tidak kalah kuat dan bisa memenangkan permainan.

Download Artifact di Steam – Rp299.999,-


Like it? Share with your friends!

Kaoru