Sony dan Microsoft Berkolaborasi, Bukti Masa Depan Game Streaming?


Kira-kira Sony dan Microsoft mau ngapain ya..

game streaming

Baru-baru ini mungkin kamu telah mendengar desas desus kabar bahwa Sony dan Microsoft tengah berencana untuk menjalin kerjasama, meskipun hanya sebatas wacana dan belum ada pernyataan resmi dari kedua belah pihak.

Salah satu bentuk kemitraannya adalah berkolaborasi dalam solusi pengalaman game berbasis cloud. Kabarnya kedua perusahaan akan menggunakan arsitektur Microsoft Azure Cloud untuk membantu meningkatkan pengalaman game bagi penggemar PlayStation maupun Xbox.

Sejujurnya saya sendiri tidak yakin apakah Microsoft memang ingin membantu Sony dalam layanan game streaming mereka, atau apakah Sony lah yang memang “mencari bantuan” untuk mengembangkan teknologi dari pesaing mereka.

Baca Juga: Kurang Populer, Ini Kesalahan Anthem yang Membuatnya Gagal Sekarang

Langkah Sony dalam memikirkan layanan streaming mereka memang sangat berarti bagi masa depan PlayStation Now dan untuk konsol Sony generasi berikutnya.

Layanan game streaming seperti Google Stadia pasti menjadi bagian dari kompetisi di industri game masa depan. Dan jika layanan game streaming milik Google ini benar-benar bekerja dengan baik, maka kerja sama antara Microsoft dan Sony adalah cara sempurna bagi kedua perusahaan untuk tetap eksis dan menjadi pesaing langsung Google.

Jelas awalnya saya juga memikirkan “Kenapa ya Sony sebagai pesaing utama Microsoft mau melakukan kerjasama dalam bidang ini dibandingkan perusahaan lain seperti Google contohnya?” Well, alasan masuk akal yang ada di pikiran saya adalah, karena Microsoft saat ini berada di “puncak” ketika kita berbicara tentang performa hardware lewat Xbox dan PC.

Jika kita membandingkan secara mentah, konsol Xbox memiliki spesifikasi hardware lebih kuat ketimbang milik PlayStation, layanan Game Pass milik Xbox juga luar biasa bagus, dan yang ga kalah penting adalah fitur backward compatibility lah yang menjadi kekuatan utama dari Xbox.

Sony dan Microsoft Berkolaborasi - Sony dan Microsoft
Sumber: Microsoft

Tapi jika kita berbicara tentang sebuah game eksklusif, memang sampai detik ini Microsoft belum bisa mengalahkan Sony. Ya, saya sebut “belum” yang artinya dengan perusahaan sekaliber Microsoft yang selalu melakukan kejutan besar dan sukses memukau penggunanya, tentu masalah tersebut hanya masalah waktu saja.

Jika Sony menargetkan game streaming sebagai masa depan mereka, tentu saja mereka bakal membutuhkan bantuan, dan menurut kalian ada ga perusahaan yang lebih baik dari Microsoft untuk membantu mereka? Jelas belum ada!

Seperti yang kita ketahui tidak semua game berjalan sangat lancar lewat layanan PlayStation Now (jika kamu pernah mencobanya). Untungnya, kita bisa mengunduh beberapa pilihan judul game PS4 dan PS2 ke konsol dan memainkannya tanpa koneksi internet.

Tapi, masalah latensi akan selalu muncul setiap kali kita melakukan streaming game dan jika koneksi internet kita tidak terlalu cepat, maka jangan harap de dapat pengalaman maksimalnya. Nah, dengan wacana kemitraan ini bisa saya akui bahwa game streaming Sony akan menjadi jauh lebih baik.

Sony dan Microsoft Berkolaborasi - Playstation Now
sumber: wired

Menurut berita yang diterbitkan Microsoft, “kedua perusahaan (Sony dan Microsoft) akan mengeksplorasi pengembangan bersama cloud di Microsoft Azure untuk mendukung masing-masing layanan game dan streaming konten mereka. Selain itu, kedua perusahaan akan mengeksplorasi penggunaan datacenter untuk game Sony dan layanan streaming konten.”

Apabila kedua perusahaan ini benar-benar menjalin kemitraan, maka kemungkinan besar PlayStation akan terus memiliki game eksklusif tingkat atas, sementara Microsoft juga terus mendapatkan pundi-pundi uang dari teknologi mereka.

Dalam posting berita tentang kolaborasi tersebut, tidak ada informasi yang menyebutkan bahwa Sony membayar Microsoft untuk kerjasama ini, tetapi saya yakin bahwa Sony telah menginvestasikan banyak uang untuk semua ini.

Memberikan akses Sony ke teknoogi Azure akan menjadi monumental untuk masa depan PlayStation dan jika kerjasama ini membantu meningkatkan pengembangan untuk content creator, maka jelas ini adalah sebuah winwin solution.

Sony dan Microsoft Berkolaborasi - Spiderman
sumber: reddit

Microsoft jelas tahu bahwa Sony jawara dalam pengembangan game AAA eksklusif berkualitas tinggi seperti God of War dan SpiderMan, dan kini mereka berkesempatan untuk membantu Sony menciptakan pengalaman yang lebih baik dan mendapatkan keuntungan dari kesuksesan mereka.

Kalo menurut kamu bagaimana? Apakah masa depan game streaming bakal semakin terjamin dengan kemitraan Sony dan Microsoft? Tulis pendapat kamu di kolom komentar ya!


Era