Semua Fakta yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Game Control


Control adalah karya terbaru dari developer kreator Max Payne, untuk itu Gimbot bakal bahas beberapa infonya di sini!

control
sumber: game informer

Lagi bosan main game yang gitu-gitu aja? Well, jika kamu memang tengah mencari game yang bisa memberikan pengalaman “agak tidak biasa”, kami sarankan untuk memantau kehadiran game Control.

Game besutan Remedy Entertainment ini bakal rilis pada bulan Agustus mendatang dan memiliki beberapa alasan kuat bagi kita untuk antusias akan kehadirannya, termasuk pengembangnya yang sudah tergolong veteran, konsep yang menarik, dan beberapa gameplay yang unik.

Terlebih, Control juga akan menjadi salah satu game pertama yang memanfaatkan dukungan penuh untuk standar teknologi GPU, Ray Tracing. Artinya jika kamu baru-baru ini telah membeli sebuah kartu grafis terbaru, maka ini kesempatan terbaik untuk memaksimalkan potensinya.

Ok, tanpa berlama-lama lagi, berikut ini adalah semua fakta yang perlu kamu ketahui tentang game terbaru Remedy Entertainment.

Platform dan Tanggal Rilis

control
sumber: remedy games

Di game ini kita akan mengikuti karakter bernama Jesse Faden yang menjelajahi sebuah area besar yang disebut sebagai “Oldest House”. Dalam prosesnya kita akan bertempur melawan kekuatan supernatural yang dikenal sebagai Hiss menggunakan berbagai kemampuan magic dan banyak senjata pilihan.

Menurut kami game ini juga memiliki beberapa elemen dari genre metroidvania dan Dark Souls, di mana kita perlu memperhatikan lingkungan sekitar dan mengingat kemampuan apa yang diperlukan untuk mencapai tujuan.

Setelah kemampuan baru itu ditemukan, pemain bisa kembali dan membuka lebih banyak tempat untuk dijelajahi. Control dijadwalkan rilis pada 27 Agustus 2019 untuk PC, PlayStation 4, dan Xbox One. Saat artikel ini ditulis belum ada informasi game ini bakal hadir untuk Nintendo Switch.

Gameplay Trailer

Seperti yang bisa kamu lihat lewat video di atas, ada beberapa adegan disturbing saat sang karakter protagonis menjelajahi Oldest House yang suasananya cukup menyeramkan dan ada banyak musuh yang telah menunggumu.

Cukup jelas dari gameplay bahwa nanti di game ini kita bisa terbang, merobek mesin sebelum melemparkannya ke musuh, atau memanipulasi puing-puing bangunan untuk menjadi perisai.

Sepertinya kita nanti bisa menggunakan berbagai teknik unik di saat tengah menyelesaikan semua misi yang ada. Selain itu game ini juga menampilkan senjata yang bisa berubah bentuk mulai dari ukuran hingga kemampuannya sesuai keinginan.

Remedy Entertainment Punya Track Record yang Baik

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, bahwa Control dikembangkan oleh Remedy Entertainment, yang juga dikenal memiliki jajaran produk game yang berkualitas.

Game pertama mereka adalah Death Rally yang rilis tahun 1996, tapi sebenarnya seri Max Payne lah yang membuat developer game mendapatkan popularitasnya.

Setelah sukses dengan Max Payne, Remedy kembali merilis sebuah game bernama Alan Wake yang cukup banyak mendapatkan ulasan positif dari pengamat game maupun gamer.

Selanjutnya Remedy juga meluncurkan sebuah proyek ambisius, yaitu Quantum Break yang sebenarnya tidak berjalan dengan baik seperti yang diharapkan pengembang.

Baca Juga: [Opini] 4 Hal yang Membuat Quantum Break Menarik untuk Kamu Coba!

Jadi Control bisa menjadi sebuah langkah “koreksi” dari pengembang dan mengambil beberapa ide dari Quantum Break lalu menggabungkan semua itu dengan beberapa unsur di Alan Wake.

Untuk masalah penerbitan, Remedy bermitra dengan publisher game 505 Games, yang dikenal telah menerbitkan game populer seperti Rocket League, No Man’s Sky, dan Don’t Starve.

Well, kami tahu bahwa tidak semua game yang diterbitkan 505 Games sukses, tapi jika kita melihat kebelakang, perusahaan ini memang terkenal cukup ambisius dalam pemilihan game yang mereka ingin terbitkan.

Cerita yang Anti Mainstream

sumber: game informer

Remedy tidak hanya dikenal karena berhasil dalam membuat game yang cantik, tetapi mereka juga selalu fokus pada narasi ke arah yang tidak terduga.

Contohnya adalah Alan Wake yang memiliki cerita yang aneh tapi mengesankan. Quantum Break dan Max Payne juga memiliki cerita yang menarik, jadi sangat wajar jika Control juga akan memiliki narasi yang unik dan susah ditebak.

Seperti yang kami sebutkan di atas, Control bercerita tentang Jesse Faden seorang agen spesialis paranormal yang mengunjungi markas besar FBC (Federal Bureau of Control).

Bangunan tersebut telah diserang oleh entitas yang dikenal sebagai Hiss, yang mengambil kendali banyak orang di sana. Bangunan besar ini menyimpan banyak rahasia, dan Jesse harus menggunakan kemampuannya yang kuat untuk melawan Hiss dan menemukan kebenaran tentang latar belakang mereka menguasai gedung FBC ini.

Bakal Ada Side Quest

sumber: remedy games

Ada banyak perdebatan tentang apakah Control merupakan sebuah game open world atau tidak. Well, tentu saja kita tidak akan bisa berlarian sesuka hati seperti di kota Los Santos (GTA V) atau Skyrim.

Namun, dunia Control jauh lebih besar dan memiliki lebih banyak hal yang harus dilakukan daripada game Remedy sebelumnya, di mana kita hanya menjalankan misi intinya saja.

Di game ini pengembang akan menampilkan unsur eksplorasi dan side quest yang memungkinkan kita akan disibukkan dengan banyak aktivitas.

Versi PC Bakal Jadi Game Eksklusif Epic Games Store

sumber: epic games store

Satu hal yang harus kamu perhatikan jika berencana untuk memainkan game ini versi PC-nya. Game ini tidak bisa kamu dapatkan di Steam (setidaknya untuk sementara waktu).

Untuk tahun pertama, Control akan menjadi sebuah game eksklusif yang hanya dijual di Epic Game Store saja.

505 Games telah mengumumkan eksklusivitas ini lewat GDC 2019. Mereka juga mengumumkan beberapa game lain dalam jajaran mereka dengan eksklusivitas Epic Games selama satu tahun, yang menunjukan bahwa mungkin mereka memang telah menjalin kerjasama dengan pesaing Steam ini.

Bonus Eksklusif Untuk Pre Order PS4

control
sumber: control game

PS4 akan memiliki empat versi untuk preorder Control, yaitu Retail Standard, Digital Standard, Retail Deluxe, dan Digital Deluxe. Sementara untuk versi Xbox One hanya ada tiga versi saja, tanpa Digital Deluxe.

Setiap preorder untuk versi PS4 akan ada bonus konten eksklusif, jadi intinya adalah bonus dari versi Digital Standard PS4 tidak akan sama dengan apa yang bisa kamu dapatkan di versi Digital Standard Xbox One.

Kamu bisa melihat informasi detail tentang pre order Control lewat tautan ini.


Era