Review Xbox Game Pass PC – Pas Buat Kaum Kere Hore

Xbox Game Pass PC merupakan salah satu layanan sewa game digital terbaik saat ini. Meski masih beta, layanan ini menjanjikan!


Xbox Game Pass PC

Xbox Game Pass merupakan salah satu layanan yang sedang giat-giatnya digalakan oleh Microsoft. Layanan ini seperti sebuah rental game digital di mana kita cukup membayar lantas kemudian berhak memainkan game yang ada di dalam library. Kalian bisa memilih ingin berlangganan satu bulan atau dua bulan misalnya dengan tarif tertentu.

Sukses dengan terobosan ini, Microsoft akhirnya meluncurkan layanan serupa namun untuk para pengguna PC. Disebut sebagai Xbox Game Pass PC, Microsoft akhirnya meluncurkan layanan ini dalam masa beta yang tentu menawarkan hal serupa seperti Xbox Game Pass pada console.

BACA JUGA: Tips dan Trik Singkat untuk Petualanganmu dalam Ghost of Tsushima

Perlu diketahui, untuk para pengguna baru, Xbox Game Pass PC hanya dibanderol dengan harga US$1 atau RP15 ribu rupiah.

Menurut saya, Xbox Game Pass PC adalah layanan yang pas buat kaum kere hore yang ingin memainkan game-game ciamik mulai dari yang AAA sampai indie. Lantas apakah layanan ini memuaskan atau justru layanannya sama sekali tak menarik? Berikut adalah ulasannya.

1. Library Game-nya Cukup

Xbox Game Pass PC

Jika berbicara mengenai library di Xbox Game Pass PC, saya hanya mengatakan bahwa library game-nya cukup. Cukup dalam artian jika kalian menginginkan lebih banyak judul yang familiar, kalian tidak bakal mendapatkannya. Namun jika ingin hanya sekadar bermain game saja tanpa pilih-pilih genre atau melihat aspek lainnya, kalian bisa bersenang-senang.

Di Xbox Game Pass PC, kebanyakan game yang ada merupakan game-game yang memang lekat dengan Microsoft. Sedangkan game yang benar-benar tak melekat atau berhubungan dengan Microsoft hanya bisa dihitung pakai jari. Maklum saja, Xbox Game Pass PC sendiri masih beta dan sedang dalam tahap pengembangan dalam penyempurnaan layanan termasuk library-nya.

Salah satu langkah yang diambil adalah memasukan game baru di Xbox Game Pass console ke Xbox Game Pass PC juga seperti yang nanti akan dilakukan pada Fallout 76. Jika kalian tujuannya hanya untuk main game dengan tarif murah di PC, Xbox Game Pass PC jadi pilihan menarik. Tapi jika terlalu muluk dan fokus pada judul game besar saja, kalian tidak akan terpuaskan. Percayalah.

2. Sistem Pembayaran yang Masih Rumit

Xbox Game Pass PC

Ini menjadi salah satu kekurangan dari Xbox Game Pass PC. Maklum, masih dalam tahap beta, layanan ini terkunci hanya di regional Amerika Serikat saja. Dengan begini, kalian harus melakukan pembyaran dengan kartu kredit, debit, Microsoft akun, atau nomor handphone namun dengan alamat yang di setting di Amerika Serikat.

Untuk melakukan pembayaran dengan mudah, kalian bisa menggunakan kartu kredit plus alamat Microsoft akun regional Amerika Serikat. Namun jika kalian tidak punya kartu kredit, hal ini akan sangat rumit bahkan hampir dibilang mustahil. Saat berlangganan, saya menggunakan Jenius dengan harapan bisa melakukan payment karena jika melalui console, Jenius bisa melakukan payment dengan lancar. Sayangnya hal itu tidak berhasil karena saat payment, saya terkena issue pembayaran antar region yang belum bisa dilakukan di layanan Xbox Game Pass PC.

Akhirnya saya mendapatkan solusi untuk melakukan pembayaran via console Xbox milik teman dan berlangganan Xbox Game Pass Ultimate yang memiliki fitur untuk mengakses Xbox Game Pass console dan PC. Harganya sama yakni US$1 untuk bulan pertama dan menjadi US$10 di bulan-bulan berikutnya yang tentunya jauh lebih mahal.

BACA JUGA: Deretan Game dengan Pencapaian Trofi Platinum Tersulit di PS4

Inilah yang saya sebut hampir mustahil buat yang tidak punya kartu kredit karena untuk berlangganan Xbox Game Pass PC, kalian membutuhkan itu. Kartu kredit pun yang harus sudah bisa digunakan di regional Amerika Serikat karena jika tidak, kalian akan kena regional issue.

Untuk sistem pembayaran, Xbox masih harus membenahinya agar bisa menggunakan jenis-jenis pembayaran yang lebih simpel seperti yang mereka lakukan pada Xbox Game Pass console agar gamer dari negara lain bisa daftar layanan Xbox Game Pass PC melalui PC mereka, bukan dari console Xbox orang lain dengan harga Xbox Game Pass Ultimate yang kurang worth.

Sebenarnya ada cara mudahnya dengan membeli voucher untuk mengisi uang di akun Microsoft kalian. Namun untuk menggunakan cara ini setidaknya siapkan uang US$5 hingga US$10 karena toko game hanya menyediakan voucher dengan harga segitu. Cukup mahal buat sebagian orang.

3. Game Berjalan dengan Baik, Sebagian Mengalami Issue

Salah satu yang ingin saya soroti adalah game di dalam layanan Xbox Game Pass PC ada beberapa yang mengalami issue. Metro Exodus yang saya mainkan mengalami issue texture yang membuatnya menjadi sangat tidak enak untuk dimainkan. Asumsi saya, game Metro Exodus itu adalah game yang berada di versi paling awal ketika rilis sehingga masih banyak masalah.

Namun meski begitu, kalian tak perlu khawatir karena game lainnya ternyata berjalan normal saja. Setidaknya dalam hampir satu bulan ini saya sudah mencoba A Plague Tale of Innocent sampai tamat yang tidak memiliki masalah sama sekali.

Begitupun dengan Final Fantasy XV yang juga tak punya masalah sama sekali dan berjalan dengan baik ketika dimainkan. Meski ada game yang punya masalah, saya tetap mengatakan bahwa layanan ini sangat layak untuk kalian coba.

4. Server yang Stabil dan User Interface yang Bagus

Xbox Game Pass PC

Meski dibanderol dengan harga yang sangat-sangat murah, server yang digunakan Microsoft untuk layanan Xbox Game Pass PC bukanlah server kacangan. Server ini punya kualitas yang baik ditandai dengan speed internet yang stabil dan tidak naik turun ketika mengunduh sebuah game. Layanan super murah ini di PC saya memiliki speed internet yang setara dengan Steam atau Origins.

Loading menu di dalam aplikasinya pun cukup cepat sehingga tidak membuat kita untuk bosan menunggu. Untuk user interface, game ini cukup simpel di mana tidak hanya informasi soal game, aplikasi Xbox Game Pass PC juga memuat menu Social yang berisi interaksi kalian dengan gamer lain dan juga pilihan store untuk langsung meluncur ke Microsoft Store.

Dari sisi server dan aplikasi Xbox Game Pass PC-nya sendiri, Microsoft sudah memiliki pondasi untuk membuat sesuatu yang besar di masa depan. Potensi menjadi penyewa game digital terbesar dunia bukan hal yang tak mungkin dilakukan.

5. Kesimpulan: Hemat untuk Kantong

Xbox Game Pass PC

Layanan ini meski punya batasan-batasan seperti sistem pembayaran yang rumit, library yang terbatas, atau beberapa game yang berpotensi mengalami masalah, namun tetap menjadi layanan yang solid dan sangat potensial di masa depan. Layanan tersebut benar-benar sangat cocok bagi kaum kere hore yang budget bermain game-nya terbatas.

Cukup merogoh kocek US$1 untuk bulan pertama dan US$4 untuk bulan kedua dan seterusnya, layanan ini bakal membuat kalian tersenyum. Kerennya, game-game baru Microsoft diistimewakan di mana kalian bisa langsung menjajalnya ketika dirilis tanpa harus membayar mahal.

Kalian yang ingin bikin konten tapi enggan mengeluarkan kocek yang besar juga bisa memanfaatkan layanan ini.

Langganan Xbox Game Pass PC di sini


Azzizil Adam

Main game gak bakal bikin masa depan suram. Yang bikin suram adalah ketika lo malas berbuat sesuatu! Happy gaming.