Review Story of Season: Pioneers of Olive Town – Sekuel yang Jauh Lebih Baik


Dibandingkan dengan game sebelumnya, Pioneers of Olive Town menawarkan gamepaly yang lebih rewarding dan latar yang lebih menarik.

review-story-of-seasons-pioneers-of-olive-town-featured

Story of Season kembali hadir dengan game baru. Berjudul Story of Season: Pioneers of Olive Town, game ini menyajikan pengalaman yang benar-benar baru, mulai dari kota baru, cerita baru, dan sistem gameplay yang baru. Tapi pertanyaannya tentu saja apakah pembaruan ini sukses menghasilkan game farm sim yang seru dan rewarding.

Setelah mencoba bermain, harus saya akui Story of Season: Pioneers of Olive Town jauh lebih baik dari pendahulunya.

Sebuah Kota yang Hidup

review-story-of-seasons-pioneers-of-olive-town-kota

Satu hal yang langsung terasa ketika kamu pertama kali bermain Pioneers of Olive Town adalah mood yang diberikan. Karakter dalam game ini terlihat lucu, menarik, dan punya karakteristik yang unik. Tapi yang lebih penting lagi adalah Olive Town sebagai tempat kamu bermain terasa sangat hidup.

BACA JUGA: Developer Pokemon Go Umumkan Rencana Membuat Game Mobile Pikmin

Satu hal yang kadang disayangkan di game dengan genre ini adalah bagaimana kotanya selalu terlihat kosong atau tidak hidup. Karakter NPC hanya terasa menjadi karakter dengan jadwal tertentu, dan lokasi tiap bangunan jauh satu sama lain. Ini membuat berinteraksi dengan penghuni kota jadi tidak menarik kecuali kamu memang ingin menikahi karakter tertentu.

review-story-of-seasons-pioneers-of-olive-town-percakapan

Olive Town jelas terlihat indah. Tapi bentuknya sebagai kota kecil yang terlihat cukup modern dan punya usaha turisme membuatnya terasa hidup. Jarak bangunan yang berdekatan juga membuat kota ini terasa ramai karena penduduknya sering berpapasan satu sama lain. Selain itu, kota ini juga berkembang dan punya ceritanya sendiri, dan para penduduknya juga menanggapi setiap perkembangan tersebut.

Sebagai contoh, di awal walikota Olive Town akan membuka sebuah butik dan salon di mana kamu bisa mebuat pakaian baru. Ketika toko ini dibuka, salah satu penghuni kota yang memang mantan desainer akan mengurus toko tersebut. Tapi selain itu semua penduduk kota juga memberikan kesan mereka tentang butik dan salon tersebut dan sedikit karakteristik mereka yang berkaitan pakaian dan model rambut. Meskipun sepele, saya selalu suka ketika sebuah game mau “mengupas” sebuah karakter via gameplay dan bukan cut-scene.

Reward dan Proges Di Semua Tempat

review-story-of-seasons-pioneers-of-olive-town-bertani

Satu aspek yang sangat penting ketika bermain game di genre ini adalah bagaimana kamu bisa mendapatkan progres dan seberapa mudah atau sulit kamu mendapatkan progres tersebut. Karena jika kamu harus bekerja sangat keras untuk progres yang tidak signifikan, kamu akan merasa tidak mendapatkan reward yang setimpal. Untungnya Pioneers of Olive Town punya sistem progres yang sangat rewarding dan tersebut di mana-mana.

Begitu permainan dimulai, kamu sudah diberikan modal yang cukup untuk langsung membuat progres. Kamu bisa langsung membeli benih yang cukup banyak dan langsung menanamnya sejak hari pertama. Selain itu kamu juga bisa langsung mengumpulkan resource lain dengan cepat dan bisa langsung digunakan untuk mendapatkan progres.

Sebagai contoh, di awal permainan kamu bisa langsung menebang pohon dan menghancurkan bebatuan. Kayu dan batu yang kamu dapatkan bisa langsung digunakan untuk memperbaiki kandang ayam rusak di dekat rumahmu. Kandang tersebut bisa langsung kamu isi dengan satu ayam liar yang ada di dekatnya. Setelah itu kamu bisa langsung membuat alat yang memproses batu dan kayu menjadi resource yang lebih baik dan bisa digunakan untuk meng-upgrade alat yang kamu miliki untuk mengumpulkan resource yang lebih baik.

review-story-of-seasons-pioneers-of-olive-town-atribut

Semua progres di atas bisa kamu dapatkan di bulan pertama permainan dan sumber dayanya bisa kamu temukan di sekitar rumahmu. Tidak hanya itu, karaktermu juga punya atribut mulai dari kemampuan menebang pohon hingga memasak. Jika levelnya naik, masing-masing atribut akan membuatmu bisa melakukan setiap tugas dengan lebih baik yang tentunya membuat tugasmu lebih efisien dan dengan hasil yang lebih baik. Ini belum membahas berbagai sistem quest dan achievement serta reward-nya yang tersebar di berbagai tempat di kota.

Singkatnya, begitu kamu keluar dari rumah, ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan progres. Ini jelas membuatmu sulit berhenti bermain karena setiap pergantian hari selalu menjanjikan progres dan reward baru. Bahkan saya merasa game ini terlalu baik karena memberikan sangat banyak progres dalam waktu yang sangat singkat di bulan pertamanya.


Story of Seasons: Pioneers of Olive Town adalah upgrade yang sangat signifikan dari pendahulunya, Friends of Olive Town. Game ini menjanjikan sistem progres yang sangat rewarding bahkan cenderung mengarah ke terlalu mudah. Ini bisa dengan mudah membuat pemain ketagihan. Semuanya juga dilengkapi dengan sebuah kota yang hidup dan penuh dengan karakter yang menarik.

Jika kamu suka bermain game farm sim, game ini wajib kamu masukkan ke dalam salah satu koleksimu.


Kaoru

Hmmm...