Review Mass Effect Legendary EditionBundle Super untuk Penggemar Baru dan Lama


Mass Effect Legendary Edition adalah game dengan konten raksasa yang memanjakan para penggemar Mass Effect baik yang lama atau baru.

mass effect legendary edition

EA baru saja meluncurkan salah satu game terbaru mereka di tahun 2021. Game itu adalah Mass Effect Legendary Edition yang menjadi bundle pamungkas untuk dimainkan. Game ini mencakup 40 DLC dari keseluruhan seri Mass Effect plus tiga game utama yang mencakup sejumlah pembaharuan.

Game ini dibanderol dengan harga sekitar Rp800 ribuan. Gimbot sendiri sudah mencoba game ini selama beberapa hari untuk mengetahui apakah pada akhirnya Mass Effect Legendary Edition layak dibeli atau tidak. Tapi menurut pendapat kami, game ini cukup menarik untuk kalian miliki, khususnya bagi penggemar yang baru akan mencoba mengenal seri Mass Effect.

Bahkan untuk gamer yang sudah lama sekalipun dan sudah kenal seri ini, kalian tetap layak untuk membelinya. Lantas kira-kira apa saja keunikan yang dihadirkan game ini? Mengapa kami cukup merekomendasikan game ini?

Segudang Konten Legendaris Dijadikan Satu

mass effect legendary edition

Tidak mengherankan jika EA memasang embel-embel Legendary Edition di dalam Mass Effect yang satu ini. Karena pada dasarnya, seri Mass Effect adalah salah satu game legendaris yang dianggap sangat berjasa dalam membuat game-game action modern melaju ke arah baru.

Mass Effect Legendary Edition seperti yang sudah saya katakana di atas memang menjadikan tiga game utama Mass Effect yang legendaris plus 40 DLC dalam satu bundling. Kalian tidak perlu repot-repot lagi membeli trilogy dari game ini plus 40 buah DLC-nya secara terpisah. Bisa dibilang, Legendary Edition ini mempersingkat kalian untuk mengetahui kisah keseluruhan dari trilogy Mass Effect.

BACA JUGA: Deretan Sub-Boss Paling Susah untuk Dilawan Oleh Gamer

Kalian bebas memainkan game ini secara acak. Entah akan memainkan dari yang ketiga dulu, baru yang pertama, kalian bebas melakukannya. Tentunya jika merujuk pada segudang konten yang dijadikan satu ini, gamer yang baru akan mengenal Mass Effect sangat layak untuk membelinya.

Saya sendiri merasa puas ketika memainkan versi Legendary Edition ini. Karena adanya konten besar yang disajikan di dalam game tersebut. Tapi meski semua konten dahsyatnya dihadirkan, di dalam Legendary Edition tidak dimasukan DLC Pinnacle Station dan mode multiplayer untuk Mass Effect 3.

Membuat Garis Besar Berkesinambungan

mass effect legendary edition

Di masa lalu, banyak sekali hal yang membuat Mass Effect menjadi game yang banyak diminati. Opsi perubahan ending, opsi percakapan, dan sistem gameplay-nya yang luas serta kompleks menjadi salah satunya. Tapi, ada sebuah hal yang dianggap kurang oleh gamer-gamer di masa lalu ketika memainkannya, ya, rasa yang kurang berkesinambungan adalah salah satu kekurangannya.

Lewat versi Legendary Edition ini, gamer akan disajikan oleh pilihan yang membuat kalian mampu untuk membuat garis besar yang saling berkesinambungan dari trilogy Mass Effect yang ada di dalamnya. Pengalaman bermain game yang pertama akan dibuat sejalan dengan dua judul berikutnya. Hal ini tentu akan memanjakan para gamer dari sisi cerita. Rasa yang berkesinambungan ini ditambahkan di mana kalian bisa bermain dengan orang bikinan kalian sendiri dari seri pertama hingga seri ketiga.

Dengan cara ini, kalian tidak bakal kehilangan momentum untuk menikmati cerita atau menemukan sesuatu yang dirasa kurang cocok dari sisi plot. Karena semuanya sudah bisa terhubung dan lebih terkait di Legendary Edition ini.

Lebih Modern, Lebih Indah, Lebih Nyaman

mass effect legendary edition

Standar game di masa lalu ketika trilogy Mass Effect diluncurkan mungkin hanya di resolusi 720p dengan 30FPS. Berbeda di era modern seperti saat ini yang bisa mencapai resolusi 4K dengan 60FPS. Nah, lewat Legendary Edition ini, EA menawarkan pendekatan yang lebih modern, lebih indah, dan lebih nyaman.

Mass Effect Legendary Edition dibuat lebih modern dari sisi visualisasi. Game ini memberikan sudut pandang kamera baru yang lebih beragam dan kekinian saat cutscene serta menghadirkan pendekatan kustomisasi yang lebih luas.

Kustomisasi di dalam game ini memasukan banyak sekali aspek agar gamer bisa membuat karakter yang sesuai dengan keinginan mereka. Bahkan, meski dibuat sesuka hati, pergerakan wajah serta ekspresi karakter yang ada di dalamnya tetap memukau.

Nantinya karakter bikinan sendiri ini bisa dibawa ke dalam tiga game Mass Effect supaya menghadirkan pengalaman yang saling berkesinambungan. Kemudian game ini juga tampil lebih indah dari versi aslinya.

Visual yang ada di dalam Legendary Edition memang ditingkatkan secara drastis. Tekstur yang ada di dalam game ini ditingkatkan, tone warna juga dibuat menjadi lebih cerah, efek pencahayaan dibuat sebaik mungkin untuk menghadirkan pengalaman visual yang lebih tajam dari sebelumnya.

Lewat pembaharuan visual ini, kalian akan merasa seperti memainkan game modern daripada game yang usianya sudah cukup lama. Pembaharuan paling terasa adalah dari Mass Effect 1 yang tentunya terlihat lebih advance dibandingkan Mass Effect 1 versi 2007.

Meski terkadang ada kekurangan dari sisi visual seperti animasi wajah yang terkadang masih terlihat kaku, tapi mayoritas versi Legendary Edition betul-betul bagus dan bisa bersaing dengan game-game modern.

BACA JUGA: Hal Unik dari Trailer Game Lies of PDark Souls dengan Lore Pinocchio

Kemudian aspek kenyamanan yang disajikan adalah tentu saja FPS versi Legendary Edition lebih tinggi. Kalian benar-benar bisa bermain game ini dengan nyaman bahkan di atas 60FPS. Lewat pendekatan FPS yang tinggi inilah kalian akan memiliki pergerakan karakter yang lebih halus dari versi aslinya.

Lewat FPS tinggi juga gamer akan memiliki kenyamanan maksimal ketika memainkan game tersebut tanpa khawatir akan pusing ketika memainkannya dalam waktu yang lama. Di luar sisi visual, modernisasi, keindahan, dan kenyamanan yang ada juga dimasukan ke dalam gameplay.

 Ya, alih-alih hanya memperhatikan pada perombakan aspek visual saja, BioWare juga nyatanya merombak sisi teknis dari gameplay. Di sini gamer akan mendapatkan feel berkendara yang lebih berat untuk membuat aspek ini menjadi lebih realistis.

mass effect legendary edition

Dari sisi mekanisme pertempuran, kontrol yang disajikan lebih ketat serta responsive. Tidak ketinggalan, aspek-aspek kekuatan dari Shepard sendiri juga di tweak supaya terlihat lebih modern serta jauh lebih menyenangkan buat para gamer.

Bicara soal kenyamanan, dari sisi pertempuran melawan musuh, Legendary Edition lebih nyaman karena musuh di dalamnya lebih mudah dikalahkan. Versi aslinya bahkan jauh lebih sulit sehingga terkadang ada rasa frustrsi ketika tewas terus menerus.

Bahkan gap antara tingkat kesulitan normal dengan Insanity pun cukup sedikit di versi Legendary Edition ini. Buat yang ingin melawan musuh yang lebih kompleks dan kuat, Legendary Edition tidak mengakomodir hal ini.

Kesimpulan

Mass Effect Legendary Edition adalah bundle trilogy game yang benar-benar dahsyat baik untuk gamer yang baru mengenal Mass Effect atau yang sudah lebih dulu kenal. Lewat bundle ini juga gamer bisa memainkan ketiga game ini hanya dengan satu launcher saja.

Uniknya, kalian bisa melakukan transfer save dari satu judul ke judul lain yang membuat segalanya lebih mudah. Game ini juga membuat kalian bisa memainkan trilogy Mass Effect plus DLC-nya secara beruntun sehingga membuat pengalaman bermain lebih fokus dan kalian tetap bisa mengingat garis besar cerita yang sudah kalian pilih di game sebelumnya.

Dari sisi pembaharuan, game ini juga meningkatkan berbagai aspek di dalamnya supaya lebih modern dan sesuai dengan mayoritas gamer.


Azzizil Adam

Pencinta musik keras yang hobi main game! Orangnya fun, gak neko-neko.