Review Islanders, Game Strategi Unik dengan Visual Minimalis


review-islanders-indonesia-featured

Saya menemukan Islanders secara kebetulan ketika melihat game baru dengan harga terjangkau di Steam. Dari preview visual saja, saya sudah tertarik dengan game yang terlihat minimalis tapi indah ini.

Setelah mencoba bermain, Islanders ternyata bukan hanya bagus dari segi visual, tapi juga dari segi gameplay. Meskipun sangat sederhana, game ini berhasil menggabungkan dua elemen game yang berbeda dan menjadikannya game yang cukup unik tapi seru, terutama untuk kamu yang suka game strategi dan puzzle.

Game Strategi/Puzzle dengan Rasa City Builder

review-islanders-indonesia-gameplay-1

Sekilas, Islanders terlihat seperti game city builder di mana kamu mengubah sebuah pulau kosong menjadi sebuah kota yang besar. Namun tidak seperti city builder pada umumnya, tujuanmu adalah mendapatkan skor sebanyak mungkin dari tiap bangunan yang kamu letakkan. Yup, game ini lebih tepat dimasukkan ke dalam genre strategi atau puzzle.

Tiap pulau memiliki lingkungan dan objek yang berbeda, mulai dari pohon, tebing, bunga, dan juga air. Bahkan tanah di setiap pulau pun berbeda. Kamu kemudian akan diberikan pilihan “paket” berisi bangunan yang berbeda dan meletakkannya di atas pulau tersebut untuk mendapatkan skor.

review-islanders-indonesia-gameplay-2

Tiap bangunan punya interaksi yang berbeda dengan objek lain dalam permainan. Bangunan seperti Lumberjack misalnya, akan mendapatkan skor besar jika diletakkan di dekat pohon. Artinya jika kamu mendapatkan bangunan tersebut, kamu harus meletakkannya di tengah-tengah pepohonan paling lebat yang bisa kamu temukan.

Skor tiap bangunan tidak cuma bergantung pada lingkungan di sekitar, tapi juga bangunan lain yang kamu letakkan. Tidak cuma itu, beberapa bangunan juga bisa memberikanmu skor negatif jika ditempatkan di dekat bangunan atau objek tertentu.

review-islanders-indonesia-gameplay-3

Dengan paket bangunan yang ada, kamu harus bisa menghasilkan skor yang cukup untuk mengisi penuh meteran di kiri bawah layar. Begitu terisi penuh, kamu akan diberi pilihan paket baru untuk diletakkan, dan begitu seterusnya. Jika kamu mengumpulkan skor yang cukup, kamu bisa pindah ke pulau yang lebih besar. Sebaliknya, jika kamu kehabisan bangunan untuk diletakkan sebelum bisa mendapatkan paket baru, permainan berakhir dan kamu harus mulai lagi dari awal.

Aturan yang Sederhana Tapi Menantang

review-islanders-indonesia-gameplay-5

Meskipun sederhana, Islanders ternyata cukup seru terutama jika kamu yang suka game strategi. Sejak awal permainan kamu dituntut membuat strategi dan rencana untuk tiap pulau yang selalu berbeda baik dari bentuk maupun lingkungan.

Tantangannya tidak berhenti di situ. Tiap paket yang kamu pilih memiliki isi yang berbeda. Dengan ukuran dan interaksi bangunan yang sangat beragam, kamu dituntut untuk fleksibel dan bisa memaksimalkan skor dari bangunan yang kamu dapatkan. Jika awalnya kamu bisa meletakkan bangunan seenaknya, cepat atau lambat kamu bahkan harus memperhatikan dan merencanakan penataan dan manajemen ruang untuk bangunanmu.

review-islanders-indonesia-gameplay-4

Dari segi gameplay, Islanders merupakan game yang cukup menantang. Tiap level bisa berlangsung cukup singkat. Karena tidak dibatasi oleh waktu, kamu bisa keluar kapan saja tanpa harus takut kehilangan progres. Artinya game ini cocok untuk mengisi waktu istirahat atau sebagai selingan di tengah aktivitas lain (misal menunggu loading screen Anthem).

Tiap sesi juga memberikan pulau yang berbeda, sehingga kamu akan diberikan tantangan yang berbeda tiap kali bermain.

Presentasi yang Sangat Menenangkan

review-islanders-indonesia-gameplay-6

Islanders punya grafis yang minimalis tapi tetap enak dipandang mata. Apapun iklim dan lingkungannya, tiap pulau selalu terlihat indah dipandang.

Tidak cuma enak dipandang, visual Islanders juga cukup intuitif sehingga kamu bisa memahami apa yang terjadi. Semua objek terlihat dengan jelas dan konsisten, dan berapa skor yang akan kamu peroleh sebelum meletakkan bangunan juga terlihat dengan jelas dan mudah dipahami. Setelah tutorial di sesi pertama, kamu dijamin tidak perlu penjelasan tambahan dan hanya perlu melihat teks dan angka yang tertera untuk memahami game ini lebih baik lagi.

Musik Islanders juga cocok dengan gameplay serta visualnya. Dengan musik yang menenangkan, game ini makin pas untuk menemani sesi santai setelah lelah beraktivitas. Sayangnya game ini hanya punya satu musik yang akan terus dimainkan sepanjang permainan.

Kesimpulan

review-islanders-indonesia-gameplay-7

Islanders bukanlah game yang akan kamu jadikan favorit di tahun 2019 ini. Namun terlepas dari kekurangan serta konsepnya yang sederhana, Islanders adalah game strategi dan puzzle yang cukup solid.

Jika kamu adalah mencari game selingan untuk bersantai tapi ingin tetap mengasah kemampuan otak, Islanders layak kamu miliki. Aturannya yang sederhana tapi cukup menantang membuat game ini cocok menemani waktu istirahatmu setelah atau sebelum melanjutkan aktivitas. Tidak cuma itu, game ini punya harga yang cukup murah yaitu Rp44.099,- dan bisa kamu dapatkan di Steam sekarang juga.


Like it? Share with your friends!

Kaoru

Facebook Comments