Nostalgia Review Batman Arkham Asylum – Pelopor Game Super Hero Terbaik


Meskipun berusia lebih dari satu dekade, seri pertama Arkham Sereis ini tetap memiliki pesona yang membuatnya tak lekang dimakan waktu.

Batman Arkham Asylum

Batman Arkham Asylum adalah game yang cukup legendaris pada masanya. Game ini meluncur di tahun 2009 untuk semua platform consoletermasuk salah satunya adalah PC. Itu artinya, sekarang usia dari Batman Arkham Asylum sudah menginjak tahun ke-11. Sebagai game yang cukup legendaris pada masanya, saya tertarik kembali untuk mencoba memainkannya kembali.

Hasilnya, sensasi ketika memainkannya tetap sama di mana saya tetap enjoy dengan apa yang ditawarkan oleh game ini. Saya bakal melakukan sedikit review terkait game ini dan apakah game tersebut layak untuk dibeli atau tidak serta kenapa saya mengatakannya sebagai pelopor game super hero terbaik? berikut ulasannya.

Plot Awal Konflik Joker – Batman

Batman Arkham Asylum mengisahkan mengenai ditangkapnya Joker oleh Batman dan dibawa ke sebuah tempat bernama Arkham Asylum. Ini merupakan pusat fasilitas yang menampung orang-orang jahat kelas atas atau bisa dibilang seperti rumah sakit jiwanya Kota Gotham.

Namun anehnya, Joker dikatakan ditangkap tanpa melawan sedikitpun. Dia pasrah untuk ditangkap oleh Batman. Tapi ternyata, sang Prince of Clown memiliki rencana yang cukup jahat di sana. Dia ingin menguasai Arkham Asylum yang merupakan tempat penting di Gotham.

Rencananya ini tidak diketahui oleh Batman sehingga Batman cukup kesulitan untuk menghadapi Joker di sana. Bahkan polisi yang bertugas juga banyak yang menjadi korban dari kecerdasan Joker.

Saya akui, dari segi cerita, Batman Arkham Asylum adalah game yang susah untuk ditebak jalan ceritanya namun mudah untuk dinikmati. Karena meski susah ditebak apa yang bakal terjadi, game ini hanya memiliki premis bagaimana sang Batman menghentikan seorang Joker beserta dengan antek-anteknya. Konflik yang dihadirkan juga tidak begitu luas sehingga mudah dicerna bahkan oleh yang non penggemar DC sekalipun. Tapi meski tidak luas, konflik terkesan padat karena selain tempatnya yang hanya di Arkham Asylum, fokus kita memang untuk bertemu dan menghadapi seorang Joker.

Combat Revolusioner, Menjadi Inspirasi Sejumlah Game

Batman Arkham Asylum

Yang selanjutnya menarik untuk dibahas adalah combat dari game ini cukup simpel, namun “revolusioner”. Ya, Batman Arkham Asylum menghadirkan combat aksi yang cukup cepat di mana pertarungan hanya fokus pada counter dan attack saja. Selain itu, Batman juga bisa mendaratkan combo super mantap dan aksi finisher dengan slow motion yang cukup memanjakan mata.

Bicara soal combat ini, dulu sistem yang dimiliki Batman Arkham Asylum ini menjadi salah satu gameplay yang cukup revolusioner. Pertarungan cepat seperti ini menjadi ciri khas di mana Batman dalam praktiknya harus bertarung menghadapi segerombolan musuh yang menghadangnya.

Combat sistem seperti ini di masa depan turut mengilhami sejumlah game seperti Middle Earth Series dan Marvel Spider-Man yang kombat sistemnya serupa. Tapi yang betul-betul sangat serupa adalah Middle Earth Series.

BACA JUGA: Susah Dihindari, Ini 5 Combo Terbaik di Serial Street Fighter

Selain combat sistem cepat dan rusuh seperti ini, Batman Arkham Asylum juga mengadopsi stealth mode. Bahkan saat sedang menghadapi tantangan stealth, akan susah rasanya untuk mengadopsi sistem pertempuran brutal dan rusuh seperti itu. Karena biasanya ada varian musuh yang menggunakan senjata senapan di mana senjata itu bisa memberikan damage yang cukup besar kepada Batman.

Dalam bermain stealth, kalian dibekali berbagai macam teknik salah satunya adalah berbagai macam model Take Down yang bisa dieksekusi. Dengan seiring makin kuatnya Batman, model Take Down ini semakin luas dan mematikan. Tak lupa, Rocksteady selaku developer juga kerap memberikan balancing dengan bertambah kuat dan awasnya musuh-musuh yang dihadirkan sehingga permainan jadi semakin seru.

Puzzle yang Ramah, Ringan, Tapi Solid

Batman Arkham Asylum

Salah satu hal yang membuat Arkham Asylum menarik adalah penyajian puzzle-nya yang solid dari segi penyajian. Ya, di sini kita bakal menyelesaikan berbagai puzzle yang tidak begitu menguras otak sehingga puzzle di Batman Arkham Asylum masih dalam tahap yang ringan dan ramah untuk mayoritas gamer.

Layaknya elemen permainan Metroidvania, di sini hampir semua puzzle-nya benar-benar dibuat secara kohesif menggunakan semua gadget Batman yang diperoleh secara kontinyu. Kalian terkadang membutuhkan menyelesaikan puzzle dengan Explosive Gel, terkadang dengan Remote Control Batarang, atau terkadang lagi hanya dengan bermodal Batarang biasa saja.

Semua gadget yang dibawa benar-benar digunakan hingga akhir dan tidak ada yang sia-sia. Fungsinya juga cukup jelas dan tidak ada yang tumpang tindih atau mendominasi satu sama lain.

Pertempuran Boss yang Beragam

Batman Arkham Asylum

Hal lain yang membuat Batman Arkham Asylum tak kalah menariknya adalah bagaimana pertempuran boss-nya cukup beragam. Kita tak cuma menghajar musuh saja melainkan juga terkadang harus mengalahkan musuh dengan cara yang berbeda. Salah satu contohnya adalah dalam pertempuran menghadapi Killer Crooc di mana kita harus menghindari setiap terjangannya sampai berhasil keluar dari sarangnya si Killer Croc.

BACA JUGA: Game PlayStation Paling Langka! Kenapa Mereka Dicari?

Di situ Batman tidak pernah baku hantam dengan Killer Croc melainkan harus menghindar saja terus menerus sampai satu titik, dia berhasil mengurungnya di bawah tanah. Selain Killer Croc, ada juga momen di mana kalian bertempur dengan Scarecrow. Di situ Batman hanya harus menghindar jangan sampai terlihat sampai satu titik sang pahlawan berhasil mengalahkan Scarecrow.

Pertarungan boss ini menjadi identitas tersendiri bagi Batman dan membuat dirinya menjadi salah satu game Batman terbaik yang pernah ada sekaligus membuka gerbang berbagai game-game keren lainnya di masa depan.

Punya Kekurangan Juga

Batman Arkham

Sebagai sebuah game, tentu Batman Arkham Asylum punya sejumlah kekurangan yang masih cukup bisa ditoleransi berkat overall kualitasnya yang oke. Kekurangannya tersebut adalah bagian sepertiga akhir permainan di mana cerita benar-benar dikebut sehingga membuat kita harus jalan dari satu titik ke titik lain namun dengan intensitas yang begitu cepat.

Kekurangan lainnya ada pada pertempuran boss akhir yang tak sesuai dengan ekspektasi di mana kita melawan Joker namun benar-benar terasa kurang begitu memorable. Lantas apa yang membuatnya begitu? Jawabannya jelas karena kita tak melakukan konfrontasi langsung dengan Joker melainkan hanya melawan anak buahnya saja.

Ketika anak buahnya habis, kita menarik Joker ke bawah dan memukulinya. Seperti itu secara terus menerus. Tak heran jika pertarungan akhir ini kurang begitu berkesan.

Optimisasi Sangat-sangat Bagus

Batman Arkham

Hal terakhir adalah soal optimisasi di mana game ini mampu berjalan di laptop saya yang memiliki spesifikasi rendahan pada masanya. Ketika dulu pertama kali mencoba, saya menggunakan laptop dengan spesifikasi Intel i5-2410M, RAM 4GB, dan GPU Intel HD 3000. Hasilnya game berjalan mulus dengan settingan medium ke high.

Namun saat ini ketika mencobanya saya menggunakan spesifikasi yang lebih jauh di atas laptop milik saya terdahulu dan sudah pasti game ini mampu berjalan dengan baik tentunya. Jadi yang sekiranya memiliki laptop kentang, kalian bisa mencoba game ini sebagai game yang layak dimainkan.

Kesimpulan

Kesimpulannya, untuk ukuran game rilisan tahun 2009, Batman Arkham Asylum merupakan sebuah karya yang tetap abadi untuk dimainkan. Game ini menyajikan mekanisme yang sudah akrab pada diri gamer tak Cuma itu, bagi gameri baru, mekanisme dari Batman Arkham Asylum benar-benar bisa menghipnotis kita untuk masuk ke dalamnya. Semua fitur dan mekanisme berhasil digarap dengan pas dan bagus tentunya.

Namun tentunya ada beberapa kekurangan seperti cerita yang terasa dipercepat di sepertiga akhir permainan dan pertarungan akhir boss yang kurang epik. Meski begitu, Batman Arkham Asylum tetap menarik untuk dimainkan di waktu senggang sambil menunggu game-game baru meluncur.

Terakhir adalah optimisasi di game ini cukup bagus karena mampu berjalan di laptop yang menggunakan GPU Intel HD 3000 yang notabene merupakan GPU kelas low end sekali. Ini membuktikan kualitas dari Batman Arkham Asylum memang dahsyat dari hampir keseluruhan aspek.

Jika kamu sudah mendengar berita detail minimalis seputar info game terbaru Batman namun belum mencoba seri Arkham, Gimbot pikir Arkham Asylum masih tetap bisa menjadi awal mula yang solid untuk membuatmu jatuh cinta dengan game berusia lebih dari satu dekade ini.

Beli Batman Arkham Asylum di Sini


Azzizil Adam

Main game gak bakal bikin masa depan suram. Yang bikin suram adalah ketika lo malas berbuat sesuatu! Happy gaming.