5 Game PlayStation Paling Langka! Kenapa Mereka Dicari?

Bagi beberapa komunitas kolektor, ada sejumlah game PlayStation 2 yang ternyata cukup langka ketersediaannya dan punya nilai jual tinggi loh.


PlayStation 2

PlayStation 2 merupakan salah satu console paling epik yang pernah dibuat. Console ini bahkan sukses menjadi PlayStation terlaris sepanjang sejarah. Improvisasi teknologi dari PlayStation 1 ke PlayStation 2 memang cukup luar biasa. Meskipun dari segi gambar keduanya masih nyaris setara, namun PlayStation 2 memiliki game eksklusif yang lebih baik.

BACA JUGA: 5 Game PC Terbaru yang Wajib Dimainkan Bulan Januari 2020

Selain itu adanya konsep penyimpanan Hardisk membuat PlayStation 2 minim masalah dalam proses launch game. Sebagai console dengan jumlah penjualan yang memuaskan, ada banyak sekali game PlayStation 2 yang meluncur.

Namun beberapa diantaranya susah ditemukan. Lantas kira-kira apa saja game PlayStation 2 paling langka? Kenapa game tersebut layak dicari? Gimbot bakal bakal membahasnya untuk kalian.

Haunting Ground

PlayStation 2

Haunting Ground merupakan salah satu game survival horor yang dirilis di tahun 2005 untuk console PlayStation 2. Console PlayStation 2 memang dikenal sebagai console yang memiliki cukup banyak game horor di dalamnya. Namun untuk Haunting Ground, game ini jadi salah satu game yang langka dan susah ditemukan.

Di game ini gamer bakal memainkan karakter bernama Fiona, seorang wanita muda yang dirinya terjebak di kastil misterius setelah mengalami kecelakaan. Secara gameplay, Haunting Ground mirip dengan Clock Tower 3 yang dirilis tahun 2002. Di game ini gamer bisa memberikan perintah untuk anjingnya, Hewie. Konsep perintah kepada Hewie ini juga cukup bagus di mana Hewie dalam praktiknya tak bakal mengikuti semua perintah Fiona.

Kalian juga bisa memuji Hewie, memeluk, dan memanjakannya untuk memberikannya kesembuhan jika dalam keadaan terluka. Kalian juga bisa memarahinya jika tak mengikuti perintah sesuai dengan yang diinstruksikan.

Haunting Ground juga memperkenalkan konsep stamina yang cukup jarang ditemukan di tahun-tahun tersebut. Kehilangan stamina berarti membuat pergerakan Fiona lambat atau bahkan berhenti sama sekali. Sebagai game survival horor, Fiona bisa mengeksplorasi lingkungan untuk mendapatkan item.

Di Haunting Ground, musuh bisa mendengar langkah kaki dan suara lainnya yang tentu saja akan membuat permainan begitu menantang. Tak cuma itu, Fiona juga memiliki kemungkinan terjatuh jika dia dalam keadaan panic. Saat panik ini, menu tidak bisa dibuka dan visibilitas gamer akan terbatas.

Game ini jadi salah satu yang cukup populer di kalangan para kolektor game PlayStation 2. Namun untuk mendapatkannya, kalian butuh uang sekitar US$100 hingga US$310.

Blood Will Tell

Di tahun 2004, ada sebuah game yang dirilis untuk console PlayStation 2 bernama Blood Will Tell. Game ini didasarkan pada seri manga Jepang, Dororo. Dalam game ini karakter utamanya diceritakan telah dianiaya oleh penjahat. Tujuannya sudah jelas yakni membalas dendam pada para penjahat tadi. Setidaknya ada 48 orang yang harus bertanggung jawab.

Game ini menggunakan konsep chapter di mana dalam praktiknya ada delapan chapter yang harus kalian selesaikan. Masing-masing chapter memiliki cerita, tantangan, dan ciri khasnya sendiri. Dari segi gameplay, Blood Will Tell memiliki gameplay khas game aksi di mana pertarungan bakal berjalan cepat.

BACA JUGA: Sejarah Mekanisme First Person yang Akhirnya Populer di Video Game

Ada berbagai combo yang bisa kalian eksekusi untuk mengalahkan lawan. Untuk pertempuran boss, ada strategi khusus di mana setiap boss memiliki serangan khusus yang harus dihindari. Cara melawannya juga tentu akan beda dibandingkan musuh lain.

Untuk masalah harga, karena game ini salah satu yang langka, harganya berkisar antara US$84 hingga US$272 tergantung kondisi dari game ini.

Band Hero Super Bundle

PlayStation 2

Guitar Hero merupakan salah satu game yang cukup revolusioner dan fenomenal di masa lalu. Tapi selain Guitar Hero yang fenomenal, ada satu game yang cukup luar biasa yakni Band Hero di mana gamer bisa bermain dengan teman lain untuk menjadi seorang pemain band! Seri biasa memang cukup mudah ditemukan, namun versi Super Bundle adalah salah satu yang cukup sulit ditemukan hari ini.

Konsep permainan dari game ini sebenarnya sama seperti Guitar Hero di mana kalian harus menekan tombol dengan cepat agar lick dan fill-in musik kalian bisa berjalan dengan baik. Karena jika salah pencet, maka suara akan falls nantinya.

Bagi yang ingin mencari versi super bundle, gamer harus merogoh kocek sebesar US$100 di mana kalian bakal mendapatkan instrumennya juga selain disc game-nya. Tentu harga ini cukup tinggi di mana sebenarnya instrument dari Band Hero kenyataannya tidak cukup mahal.

Growlanser: Generations Deluxe Edition

PlayStation 2

Growlanser: Generations adalah game bundle yang berisikan dua game Growlanser pertama dan satu-satunya game yang rilis di wilayah Amerika Utara (Growlanser II). Game ini dirilis pada tahun 2004 untuk PlayStation 2. Versi Deluxe hadir dengan dua game dan tambahan beberapa barang yang memiliki desain Growlanser. Selain itu gamer juga bakal mendapatkan jam tangan bertema Growlanser, cincin, dan soundtrack permainan.

Dari segi gameplay, Growlanser adalah game yang memiliki konsep gameplay RPG taktis yang sebenarnya cukup standar pada saat itu.

Yang menjadi daya tarik dari versi Deluxe ini tentu saja berbagai barang yang ada di dalamnya. Konon untuk mendapatkan bundle ini, gamer harus mencarinya dengan susah payah dan membelinya dengan harga US$100. Masalahnya, permainan ini akan sangat susah dicari di wilayah di luar Jepang.

Wild Arms Alter Code: F

Wild Arms Alter Code: F

Wild Arms Alter Code: F adalah sebuah game yang cukup bagus pada masanya. Ini merupakan edisi sempurna dari game Wild Arms dan dirilis kembali di tahun 2005 untuk console PlayStation 2. Bisa dibilang, ini adalah game remake dari seri Wild Arms asli. Begitulah kira-kira.

Game ini punya alur cerita yang diperluas dan menjadikannya salah satu seri paling populer dalam komunitas Wild Arms. Selain itu, grafis dari game ini ditingkatkan ke level yang lebih baik dari versi asli. Kualitas dari game ini bisa dibilang sedikit lebih baik dari versi terdahulunya.

Dengan kualitas yang bagus inilah banyak orang yang cukup banyak mencari Wild Arms Alter Code: F. Daya tariknya dari segi gameplay, visual, dan cerita tentu menjadi alasannya. Game bergenre RPG ini dibanderol dengan harga yang cukup mahal yakni sekitar US$130. Untuk versi batangan, atau disc-nya saja, game ini dibanderol dengan harga US$57.


Azzizil Adam

Main game gak bakal bikin masa depan suram. Yang bikin suram adalah ketika lo malas berbuat sesuatu! Happy gaming.