5 Rekomendasi WRPG untuk Orang yang Belum Pernah Main WRPG


WRPG menawarkan suasana lebih dewasa dan kebebasan menciptakan cerita kita sendiri. Berikut rekomendasi Gimbot untuk orang yang baru mencoba.

Beberapa waktu lalu Gimbot sudah memberikan rekomendasi JRPG untuk orang yang belum pernah main JRPG. Nah, kali ini Gimbot akan berikan rekomendasi kebalikannya, yaitu untuk RPG barat alias Western RPG (WRPG).

Walaupun sama-sama RPG, JRPG dan WRPG punya karakteristik yang cukup jauh berbeda, dan sasaran pasarnya pun berbeda juga. Pertama, JRPG biasanya lebih fokus pada penyampaian cerita. Sementara WRPG lebih memberikan kita kebebasan untuk memilih aksi dan menciptakan cerita kita sendiri. Kedua, dari segi visual WRPG cenderung lebih realistis, gelap, atau “kotor”, karena terinspirasi dari suasana Eropa zaman medieval. Sementara JRPG cenderung lebih fantasi dan penuh warna.

BACA JUGA: Dramatis! 10 Game Ini Akan Membuatmu Merasa Seperti Menonton Film

WRPG juga cenderung butuh waktu lama untuk ditamatkan, karena jumlah misi atau quest yang terkandung biasanya banyak sekali. Yang terakhir, WRPG lebih sering menyajikan cerita dengan moralitas abu-abu, di mana kita sulit untuk menentukan siapa yang baik dan siapa yang jahat. Bisa dibilang secara umum WRPG punya nuansa lebih dewasa, sementara JRPG ditujukan untuk gamer usia remaja ke atas.

Nah, kalau kamu belum pernah main WRPG dan ingin mencoba genre ini, berikut beberapa game yang bisa kamu coba sebagai titik awal. Simak di bawah.

The Witcher 3: Wild Hunt

Mencicipi genre baru sebaiknya dimulai dengan mencicipi game terbaik di genre tersebut, dan rasanya tidak ada yang lebih pas mewakilinya selain The Witcher 3: Wild Hunt. Game buatan developer Polandia ini meliputi segala aspek penting yang ada di WRPG modern: lingkungan open world yang indah, cerita yang menantang moralitas, kualitas grafis menawan, pertarungan yang seru, serta pilihan role-playing yang luas. Pokoknya benar-benar paket komplet!

Jangan khawatir dengan angka ‘3’ di judulnya, meskipun kamu belum pernah main The Witcher 1 dan 2 game ini tetap bisa kamu nikmati. Prekuel-prekuelnya juga keren dan layak main, tapi The Witcher 3 akan memberikanmu pengalaman paling modern dan paling terpoles rapi. Temukan sendiri alasan mengapa The Witcher 3 sering disebut-sebut sebagai salah satu WRPG terbaik sepanjang masa. Tapi hati-hati, kalau sudah main The Witcher 3, bisa-bisa WRPG lainnya tidak akan cukup lagi untuk memuaskanmu!

Dragon Age: Inquisition

Kalau kamu ingin merasakan petualangan epik bersama party member yang memiliki kepribadian-kepribadian unik, Dragon Age: Inquisition adalah pilihan yang pas. Di samping itu, game ini punya pertarungan yang seimbang antara aksi dan strategi. Kamu bisa bermain layaknya game action biasa, ataupun melakukan pause untuk mengatur taktik seperti gaya pertarungan turn-based.

Sebagian penggemar menyebut Dragon Age: Inquisition sebagai “Suikoden versi barat” karena di sini kamu dapat membangun kastil serta mengumpulkan anak buah, mirip seri Suikoden. Game ini juga diciptakan oleh BioWare, yang terkenal sebagai pembuat RPG dengan cerita terbaik pada zaman keemasannya.

The Elder Scrolls V: Skyrim Special Edition

The Elder Scrolls V: Skyrim punya satu kelemahan yang kadang membuat pendatang baru antipati terhadapnya, yaitu sistem pertarungan yang cenderung simpel dan kaku. Tapi kalau kamu tidak masalah dengan itu, game ini adalah sebuah “taman bermain” di mana kamu bebas melakukan apa saja yang kamu inginkan.

Hampir semua hal yang kamu kerjakan di Skyrim akan memberikan imbalan berupa experience point, baik itu bertarung, menempa senjata, mencuri, membuat ramuan, hingga sekadar berbicara pada orang lain. Jadi kamu bisa menciptakan gaya bermain sendiri tanpa harus mengikuti stereotype tertentu.

Ingin jadi ahli sihir yang jago memanah? Pencuri yang ahli ilmu penyembuhan? Atau jago pedang yang mampu mengontrol makhluk-makhluk gaib? Semua bisa kamu lakukan di The Elder Scrolls V: Skyrim. Versi Special Edition memberikan sejumlah konten tambahan serta kualitas grafis yang lebih baik.

Fable Anniversary

Fable Anniversary adalah versi remaster dari Fable, WRPG ciptaan Lionhead Studios yang dulu terbit di tahun 2004. Jadi di game ini kamu akan mendapatkan pengalaman WRPG yang bisa dibilang “jadul”, tapi tetap seru untuk dimainkan di masa sekarang. Versi remaster ini juga mencakup seluruh konten tambahan yang ada dalam Fable: The Lost Chapters.

Di dunia WRPG, Fable mempopulerkan berbagai pakem yang banyak dipakai game lain hingga sekarang. Fitur paling berkesan mungkin perkembangan karakternya ke arah baik atau jahat, yang tidak cuma menentukan cerita tapi juga mempengaruhi gameplay. Ada sejumlah skill dan senjata yang hanya bisa kamu dapatkan kalau kamu memiliki sifat baik, begitu pula sebaliknya. Fable Anniversary sangat cocok untuk orang yang berminat main WRPG tapi tidak ingin cerita yang terlalu berat.

Deus Ex: Human Revolution – Director’s Cut

Kalau kamu ingin coba WRPG dengan nuansa berbeda, bukan hanya fantasi medieval, Deus Ex: Human Revolution adalah pilihan terbaik. Di game ini kamu berperan sebagai Adam Jensen, seorang mantan polisi era cyberpunk yang seluruh tubuhnya dimodifikasi dengan teknologi canggih. Kamu akan memiliki kekuatan bagai superhero, tapi musuh-musuhmu juga dilengkapi teknologi yang tak kalah hebat.

Deus Ex: Human Revolution memadukan elemen role-playing, first person shooter, serta stealth ke dalam satu paket yang unik. Ceritanya juga cukup seru dan melibatkan berbagai teori konspirasi modern. Game ini sangat cocok untuk kamu yang menyukai aksi dengan latar belakang fiksi ilmiah. Versi Director’s Cut akan memberikanmu berbagai misi tambahan yang dulu merupakan DLC di versi aslinya.


Ayyub Mustofa

Jarang main game sampai tamat kecuali untuk review. Menyukai hampir semua genre, dan hingga kini masih menunggu kemunculan Megaman X9.