5 Rekomendasi JRPG untuk Orang yang Belum Pernah Main JRPG


Kamu belum pernah main JRPG, atau punya teman yang ingin coba memainkannya? Berikut Gimbot pilihkan rekomendasi JRPG yang cocok untuk pemula.

JRPG alias Japanese Role-Playing Game merupakan salah satu genre game paling populer di dunia, juga termasuk yang favorit bagi kru Gimbot. Genre ini telah melahirkan berbagai judul dengan cerita, kualitas visual, gameplay, hingga soundtrack yang unik dan memukau. Serunya, meski sama-sama disebut JRPG, satu game dengan game lainnya dalam genre ini bisa terasa berbeda jauh sekali. Kemungkinannya tak terbatas, dan para developer pun tak pernah berhenti berinovasi.

Sayangnya tak semua gamer pernah merasakan serunya JRPG. Sebagian mungkin karena belum menemukan game yang menarik perhatiannya, atau karena masih berusia muda dan tak terpikir mencoba genre seperti ini. Kalau kamu orang yang baru pertama kali ingin terjun ke dunia JRPG, atau punya kenalan yang berminat memainkannya, lima judul di bawah bisa jadi acuan rekomendasi. Masing-masing punya ciri khas sendiri, tapi semuanya sama-sama cocok untuk pemula. Apa saja pilihannya?

Final Fantasy IX

Berbicara tentang JRPG tak bisa lepas dari seri Final Fantasy. Seri ini sudah eksis sejak tahun 80an dan hingga kini masih tetap relevan. Memang tidak semua Final Fantasy sama bagusnya, tapi beberapa dipandang sebagai legendaris dan termasuk yang terbaik sepanjang masa.

Untuk pemula, Final Fantasy IX adalah judul yang sangat cocok. Game ini punya banyak ciri khas Final Fantasy, seperti dunia medieval yang kental dengan nuansa sihir, sistem pertarungan turn-based, petualangan untuk menyelamatkan dunia, serta soundtrack yang sangat keren. Final Fantasy IX juga tidak terlalu kompleks, baik dari segi cerita maupun gameplay, tapi tetap punya banyak aspek detail yang bisa digali secara mendalam.

Kelebihan lainnya adalah game ini tersedia di begitu banyak platform, mulai console, PC, hingga smartphone. Kalau kamu baru pertama kali memainkannya, Final Fantasy IX akan membawamu hanyut dalam kisah dramatis yang jadi kenangan seumur hidup.

Dragon Quest XI: Echoes of an Elusive Age

JRPG di era modern terkadang mengecewakan penggemar, bukan karena kualitasnya jelek tapi karena terlalu banyak inovasi tak perlu sehingga nyaris keluar dari genre JRPG itu sendiri. Tidak demikian dengan Dragon Quest XI. Square Enix benar-benar mempertahankan nuansa klasik seperti era 90an, namun membalutnya dalam kualitas audio visual modern yang begitu mewah.

BACA JUGA: Dragon Quest XII Ternyata Sudah Dikembangkan Sejak Tahun Lalu

Seri Dragon Quest mungkin bisa diibaratkan seperti masakan rumahan. Tidak begitu rumit, tidak mengandung bahan yang aneh-aneh, dan mungkin kalau terlalu sering makan kamu bisa bosan. Tapi ada kenyamanan tersendiri dari sebuah formula yang sudah teruji. Ini game yang sangat cocok dimainkan saat liburan sambil menikmati hari yang tenang.

Meski simpel, bukan berarti Dragon Quest XI tidak punya kejutan untukmu. Dengan konten ceritanya yang terbilang panjang (50 jam lebih untuk ditamatkan), game ini menyimpan beberapa plot twist cukup menarik. Untuk pemula, Dragon Quest XI dapat memperkenalkanmu ke dunia JRPG dengan nuansa yang nyaman dan santai.

Yo-kai Watch

Yo-kai Watch adalah JRPG yang punya fokus pada kisah kehidupan sehari-hari serta petualangan menangkap monster-monster lucu yang disebut Yo-kai. Game ini sangat cocok untuk orang yang suka hal-hal imut serta cerita innocent. Latar dunia yang realistis juga bisa menunjukkanmu nuansa kehidupan kota kecil di Jepang.

Mengapa Gimbot rekomendasikan Yo-kai Watch, bukan seri Pokémon atau Digimon? Dua seri itu memang menarik, tapi menurut Gimbot, Yo-kai Watch adalah yang paling seimbang antara gameplay, cerita, serta kemudahan untuk dimainkan oleh pemula. Di samping itu, orang yang menyukai Pokémon dan Digimon biasanya juga akan main game-nya tanpa disuruh, jadi kemungkinan besar mereka tidak termasuk kategori pemula.

Kekurangan Yo-kai Watch adalah seri ini tidak tersedia di banyak platform, hanya di Nintendo 3DS dan Switch saja. Judul terbarunya, yaitu Yo-kai Watch 4++, telah dirilis untuk PS4 namun baru di Jepang. Mudah-mudahan saja Level-5 cepat menerjemahkannya ke bahasa Inggris.

Chrono Trigger

Kalau kamu tak keberatan main game dengan visual “jadul”, maka rekomendasi dari Gimbot adalah Chrono Trigger. Game yang pertama kali muncul di era SNES ini hingga sekarang masih sering disebut-sebut sebagai JRPG terbaik sepanjang sejarah, dan itu tidak mengherankan.

Desain karakter ikonik yang dibuat oleh pengarang Dragon Ball, cerita fantastis dengan tema time travel, serta soundtrack legendaris hanyalah sebagian alasan mengapa kamu harus coba game ini. Untuk pemula, Chrono Trigger akan memperkenalkanmu pada rasa penasaran yang jadi motivasi untuk mengeksplorasi dunia. Gameplay di dalamnya juga cukup sederhana, tapi punya sedikit elemen strategi yang akan mengajakmu aktif berpikir.

Kelebihan lain dari Chrono Trigger adalah game ini tidak butuh waktu terlalu lama untuk ditamatkan, hanya sekitar 20 jam. Kamu juga bisa menemukannya di cukup banyak platform, termasuk PS1, NDS, iOS/Android, serta PC.

Ys VIII: Lacrimosa of Dana

Mungkin kamu ingin coba JRPG, tapi kurang suka dengan gaya permainan turn-based? Jangan khawatir, banyak JRPG berbasis action di luar sana. Salah satunya Ys VIII: Lacrimosa of Dana, game buatan Nihon Falcom yang sangat seru. Kamu bisa memainkan game ini di PS Vita, Switch, dan PC, juga direncanakan untuk terbit di iOS/Android.

Ys VIII: Lacrimosa of Dana menghadirkan kisah petualangan dengan skala konflik yang lebih kecil, tapi tetap mengandung momen-momen berkesan. Di sini kamu hanya akan menjelajahi satu pulau, tapi pulau itu sarat akan legenda, lokasi eksotis, monster-monster buas, serta penduduk dengan kepribadian menarik. Pertarungannya gesit dan cukup menantang, memuaskan sekali kalau kamu penggemar aksi.

Sesuai judulnya, Ys VIII: Lacrimosa of Dana memang merupakan episode kedelapan dari kisah kronologis seri Ys. Tapi kamu sama sekali tak perlu khawatir karena cerita setiap game-nya bisa dinikmati secara terpisah, anggap saja seperti menonton film James Bond. Ys VIII: Lacrimosa of Dana juga banyak dipuji sebagai salah satu judul dengan cerita terbaik di dalam seri Ys.


Ayyub Mustofa

Jarang main game sampai tamat kecuali untuk review. Menyukai hampir semua genre, dan hingga kini masih menunggu kemunculan Megaman X9.