5 Rekomendasi Game untuk Menemani Para Jomblo di Hari Valentine


Tak bisa merayakan hari Valentine karena tak punya pasangan? Tidak perlu kecil hati, kamu masih bisa have fun dengan main lima game berikut.

Bulan Februari selalu identik dengan suasana romantis, karena pada bulan inilah jatuh perayaan yang kita kenal dengan istilah hari Valentine (Saint Valentine’s Day). Selain jadi momen untuk berbagai brand mengadakan promosi bertema cinta, periode Valentine juga jadi alasan bagi para pasangan untuk mengadakan acara khusus yang dapat mempererat hubungan mereka. Tak ketinggalan tentu saja, omzet pedagang cokelat yang meningkat karena mendadak cokelat jadi jajanan yang banyak diminati.

Tidak semua orang merayakan hari Valentine, ada juga yang melewatkannya karena alasan perbedaan budaya, agama, dan lain-lain. Namun yang “mengenaskan” adalah mereka yang tidak merayakan bukan karena tak mau, tapi tidak bisa. Sebab belum berhasil menemukan tambatan hati yang diidamkan, mereka dikenal dengan istilah kaum “jomblo ngenes”.

BACA JUGA: Romantis! Berikut 5 Pasangan Kekasih Terbaik di Dunia Video Game

Kalau kamu termasuk dalam kaum yang dimaksud di atas, tidak perlu berkecil hati. Banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk menghibur diri walau tanpa pasangan, termasuk tentu saja main game. Nah, Gimbot punya sejumlah rekomendasi game dengan nuansa romantis yang cocok untuk kamu mainkan di hari Valentine. Apa saja game romantis itu?

Tricolour Lovestory

Suasana romantis cocoknya diisi dengan game berisi kisah cinta yang tulus dan murni. Kamu bisa menemukan kisah semacam ini dalam berbagai judul visual novel, salah satunya Tricolour Lovestory. Bercerita tentang seorang pemuda yang terjebak dalam kenangan masa kecil serta cinta segitiga, game ini akan membuatmu merasa kembali jadi anak SMA, saat semua hal masih terasa sederhana dan perasaan adalah sesuatu yang sulit dikendalikan.

Tricolour Lovestory adalah visual novel yang diciptakan oleh developer asal Cina, yaitu HL-Galgame. Game ini tersedia di PS4, tapi ada keuntungan bila kamu membelinya di Steam karena harganya sangat murah, hanya Rp18.999. Dengan harga semurah itu kamu sudah bisa menikmati kisah cinta yang menarik serta ilustrasi-ilustrasi berkualitas tinggi. Versi PS4 tersedia dalam bahasa Jepang, dan memiliki lagu pembuka yang dinyanyikan dalam bahasa Jepang juga.

Catherine

Kalau kamu ingin sesuatu yang sedikit lebih kompleks dari visual novel, kamu bisa mencoba memainkan Catherine. Game ini punya porsi cerita yang besar, tapi di sela-sela cerita itu kamu juga bisa aktif bermain dalam gameplay yang menggabungkan action dengan elemen puzzle. Sedikit trivia, Catherine sempat jadi salah satu game yang dipertandingkan di turnamen sampingan EVO, lo!

Catherine bercerita tentang Vincent Brooks, seorang pemuda tanggung yang kesetiaannya pada pasangan sedang diuji karena munculnya “gebetan” baru. Dikembangkan oleh ATLUS yang juga developer seri Persona, bisa ditebak bahwa di dalamnya cukup banyak elemen surealis. Kamu bisa memainkan Catherine di PS3, PC, ataupun versi terbarunya di PS4 yang berjudul Catherine: Full Body.

Hakuoki: Kyoto Winds + Edo Blossoms

Dari tadi kita berbicara tentang game yang tokoh utamanya laki-laki. Jangan khawatir, Gimbot juga punya rekomendasi untuk gamer perempuan. Hakuoki: Kyoto Winds dan Hakuoki: Edo Blossoms adalah versi remaster/remake dari otome game yang sangat legendaris di era PSP dulu, yaitu Hakuoki: Demon of the Fleeting Blossom. Kamu berperan sebagai Chizuru, gadis yang hidup di era Jepang kuno dan terlibat jalinan asmara dengan para prajurit Shinsengumi.

Kenapa Gimbot mencantumkan dua game ini sekaligus? Itu karena sebetulnya keduanya merupakan bagian dari satu cerita yang sama. Hakuoku: Kyoto Winds menceritakan separuh pertama kisah Hakuoki orisinal, lalu dilanjutkan di Hakuoki: Edo Blossoms untuk cerita sisanya. Namun meskipun dipecah menjadi dua, konten setiap game justru ditambahkan jadi lebih padat dari game aslinya!

VR Kanojo

Punya perangkat virtual reality di rumah? Hari Valentine ini jadi alasan untuk kamu menggunakannya. VR Kanojo diciptakan oleh Illusion, developer Jepang yang terkenal sebagai pembuat berbagai game dewasa berkualitas tinggi. Versi asli game ini yang terbit di Jepang memang dibuat khusus untuk dewasa, tapi versi Inggris di Steam sudah disesuaikan agar tidak mengandung unsur “buka-bukaan” terlalu frontal.

Berbeda dari visual novel yang umumnya mengedepankan cerita, VR Kanojo lebih tepat disebut sebagai sebuah game simulasi. Kegiatanmu di sini sebagian besar diisi dengan nongkrong santai alias hangout bersama gadis virtual. Siapa tahu, teman virtual seperti ini bisa menyembuhkan rasa kesepianmu di dunia nyata, walau hanya untuk sementara.

Samurai Warriors 4: Empires

Ingin game yang fokus utamanya bukan pada cinta-cintaan, tapi tetap mengandung unsur romance di dalamnya? Butuh lebih banyak aksi tapi juga ingin adegan berbunga-bunga sesekali? Gimbot sangat merekomendasikan Samurai Warriors 4: Empires.

Beda dari Samurai Warriors 4 biasa, dalam seri Empires kamu akan mendirikan sebuah klan sendiri, memilih karakter-karakter untuk jadi panglima perang, kemudian berusaha menaklukkan seluruh Jepang. Tidak ada cerita, tapi justru karena itulah kamu bebas untuk menciptakan ceritamu sendiri.

Samurai Warriors 4: Empires punya sistem relasi antar karakter yang sangat menarik. Setiap tokoh bisa menjalin hubungan khusus dengan tokoh lainnya, baik itu sebagai sahabat, rival, musuh bebuyutan, bahkan suami istri. Dan kita sebagai pemain bisa melakukan berbagai hal untuk mempengaruhi relasi tersebut. Rasanya seperti gabungan antara Samurai Warriors dengan The Sims, dan adegan-adegan yang muncul akibat relasi itu punya banyak dialog yang berkesan. Menurut Gimbot, Samurai Warriors 4: Empires adalah salah satu judul terbaik dari seluruh seri Warriors yang telah ada.


Ayyub Mustofa

Jarang main game sampai tamat kecuali untuk review. Menyukai hampir semua genre, dan hingga kini masih menunggu kemunculan Megaman X9.