Rekap Berita Esports dalam Sepekan – 27 Januari 2020

Dari masuknya Team Liquid ke ranah Free Fire, EVO Japan 2020, hingga Piala Presiden Esports, berikut kabar esports terseru sepekan terakhir.


Kembali lagi bersama Gimbot dalam rubrik Rekap Berita Esports dalam Sepekan, edisi tanggal 27 Januari 2020. Seperti biasa, dalam artikel rutin ini kamu bisa mengikuti perkembangan terbaru dunia esports baik dari dalam maupun luar negeri.

Minggu ini ada berita tentang hasil turnamen fighting game di EVO Japan 2020, masuknya Team Liquid ke cabang permainan Free Fire, hingga kiprah tim-tim wakil Indonesia yang maju ke turnamen Predator League tingkat regional. Simak di bawah!

EVO Japan 2020 Selesai Digelar

Nauman, juara Street Fighter di EVO Japan 2020 | Sumber: Nauman

Turnamen game gelut akbar di Jepang akhirnya selesai digelar pada tanggal 24-26 Januari kemarin. Ajang ini mempertandingkan enam judul fighting game sebagai menu utama, yaitu Street Fighter V: Champion Edition, Tekken 7, Super Smash Bros. Ultimate, BlazBlue Cross Tag Battle, Samurai Shodown, dan Soulcalibur VI. Dari judul-judul tersebut, Super Smash Bros. meraih predikat partisipan terbanyak, dengan kurang lebih 3.000 peserta.

Cabang Street Fighter cukup menarik banyak perhatian, karena turnamen ini dimenangkan oleh Nauman dari tim Detonation Gaming yang menggunakan karakter Sakura. Padahal Sakura adalah karakter yang jarang sekali tampil di turnamen, apalagi jadi juara.

Sebaliknya, Tekken 7 justru menunjukkan pilihan karakter yang agak monoton. Hampir semua pemain yang lolos ke babak Top 8 memilih karakter baru yaitu Leroy Smith. Ketimpangan ini memunculkan pertanyaan di kalangan penggemar, mungkinkah Bandai Namco perlu belajar soal balancing dari Capcom?

Team Liquid Terjun ke Ranah Free Fire

Sumber: Team Liquid BR

Secara tak terduga, Team Liquid mengumumkan peluncuran tim baru yang akan bergerak di cabang permainan Free Fire. Dalam keterangan di situs resminya, organisasi yang berasal dari Belanda ini berkata bahwa mereka mengakuisisi para atlet dari tim B8 yang cukup terkenal di negara Brasil. Mereka terdiri dari enam pemain yaitu Marccello “Raposo” Giannella, Jonatha “JAPABKR” Araujo, Lucas “LUUUKING” Lemos, Pedro “Peu” Landim, dan Lucas “LukasTD” Dantas.

Tidak hanya pemain, tapi pelatih B8 yaitu Matheus Souto dan manajer yaitu Bruno Santos juga turut bergabung ke dalam Team Liquid. Mereka akan terus bergelut di Brasil, sebagai salah satu negara dengan ekosistem Free Fire yang kompetitif.

Dua Wakil Indonesia di Predator League 2020 Asia Pacific

Turnamen Predator League 2020 telah menyelesaikan pertandingannya untuk babak nasional, dan dari Indonesia kini terpilih dua tim untuk maju ke Predator League 2020 babak regional. BOOM Esports maju sebagai juara di cabang Dota 2, sementara Victim Rise menjadi perwakilan untuk cabang PUBG. Mereka akan bertanding melawan negara-negara Asia lainnya dalam final Predator League 2020 Asia Pacific di Filipina, 22-23 Februari 2020 nanti.

Dilansir dari Skyegrid Media, ajang Predator League 2020 ini juga mendapat dukungan dari BRI Institute, Kemkominfo, serta Asosiasi Video Game Indonesia (AVGI). BRI Institute akan memberikan beasiswa kuliah tingkat sarjana bagi tim juara 1-4 di Predator League 2020 Indonesia. Harapannya, atlet-atlet tersebut dapat mengembangkan jenjang karier mereka melalui jalur pendidikan.

Daftar Tim/Pemain yang Berlaga di Final Piala Presiden Esports 2020

Sumber: Piala Presiden Esports 2020

Tak hanya Predator League 2020, Piala Presiden Esports 2020 juga akan segera menyambut babak finalnya. Lebih tepatnya, final untuk turnamen yang satu ini akan digelar pada tanggal 1-2 Februari di ICE BSD, Tangerang. Turnamen ini tidak hanya berskala nasional, tapi juga diikuti oleh tim-tim dari enam negara Asia Tenggara, yaitu Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand, Myanmar, dan Vietnam.

Di bawah ini kamu bisa cek siapa saja finalis Indonesia di ajang tersebut nantinya, dilansir dari Kompas.com.

  • Free Fire (4 Tim): Dranix Esports, Louvre Esports, Big Akar, ELVO G.I
  • eFootball PES 2020 (3 Pemain): Rizky Faidan, I Made Aris Sandra, Doni Pratama
  • Mobile Premier League (32 Pemain): Abdul Rohman, Jansen Dannari, Jamaludin, Abdul Rahman, Muhammad Darul Syafi, Muhammad Najwar, Wahyu Setiyo, Muhammad Dhinnuha dari Regional Timur. Ani Wulandari, Ronny Irawan, Danar Wirambono, Aldy Saputra, Bhakti Fajar Pradipta, Rifki Budianto, Aroyano David Manalu, Septian Nul Armanda, Aby Ramadhan Winursito, Achmad Junaedi, Muhammad Reza, Riyo Regina, Dimas Daffa, Ade Koswara, Moh Miftakhul, Finki Gusmiadi, Putro Sugiraharjo, Regy Nugraha, Achmad Firdaus, Yudi Susanto, Rama Abdillah, Gesa Mi’raj, Reza Wahyu, dan Aldiman Saputra Ritonga dari Regional Barat.

Ayyub Mustofa

Jarang main game sampai tamat kecuali untuk review. Menyukai hampir semua genre, dan hingga kini masih menunggu kemunculan Megaman X9.