Rekap Berita Esports dalam Sepekan – 25 Mei 2020

Pekan ini ada kabar gembira dari dunia esports MotoGP, hasil turnamen Euro 2020 online, kemunculan SonicFox di Skullgirls, dan lainnya.


Kembali lagi bersama Gimbot dalam rubrik Rekap Berita Esports dalam Sepekan, edisi tanggal 25 Mei 2020. Seperti biasa, dalam artikel rutin ini kamu bisa mengikuti perkembangan terbaru dunia esports baik dari dalam maupun luar negeri.

Pekan ini ada kabar gembira tentang atlet esports Indonesia yang direkrut tim Petronas Yamaha SRT, hasil turnamen eEuro 2020, LG Electronics yang mengikuti jejak KFC Gaming, dan lain-lain. Simak deretan beritanya di bawah.

Pemain Indonesia Direkrut Tim Esports MotoGP Malaysia

Sumber: Petronas Yamaha SRT

Satu lagi atlet esports asal Indonesia akan bertanding mewakili tim luar negeri. Ia adalah Muhammad “Sanshoqueen” Mulkana, pemain MotoGP Inodnesia yang saat ini berusia 23 tahun. Pria yang akrab dipanggil Kana ini telah resmi menjadi bagian dari tim esports Petronas Yamaha Sepang Racing Team (SRT) sejak Rabu, 20 Mei 2020.

Dilansir dari UP Station, sebelum bergabung dengan Petronas Yamaha SRT, Kana masih berstatus Rookie di eSports Global Series. Namun ia berhasil menunjukkan performa gemilang di kompetisi Pro Draft yang merupakan ajang seleksi atlet esports MotoGP seluruh dunia. Kana meraih posisi pertama untuk kategori Asia dan PC, serta menduduki peringkat tiga di klasemen Rest of the World. Kana akan bertanding di MotoGP Esports 2020 bersama 10 atlet lainnya.

LG Electronics Luncurkan Channel Konten Esports, LG Gaming

Sumber: LG Gaming

LG Electronics baru saja meluncurkan sebuah channel baru untuk media sosial yang khusus mempublikasikan konten seputar esports. Channel tersebut bernama LG Gaming, dan sudah bisa kamu follow baik di Instagram maupun Twitter. Sejauh ini, konten yang mereka bagikan kebanyakan berupa meme tapi ada juga info tentang turnamen.

Menariknya, inisiatif baru ini diluncurkan bekerja sama dengan agensi Kairos Esports. Mereka jugalah yang sebelumnya telah digandeng KFC untuk meluncurkan channel KFC Gaming. Menurut Kairos Esports, ke depannya LG Gaming akan dibangun menjadi sebuah brand dengan identitas visual tersendiri dan akan dikembangkan hingga menjangkau penggemar esports secara global.

SonicFox Diabadikan Jadi Karakter Game Skullgirls

Sumber: SonicFox

Skullgirls 2nd Encore belakangan ini sedang kembali jadi buah bibir di kalangan penggemar fighting. Alasannya tak lain adalah karena game ini menjadi salah satu cabang pertandingan di turnamen tingkat dunia, EVO Online. Banyak orang gembira mendengar kabar tersebut sebab Skullgirls 2nd Encore terkenal sebagai game berkualitas tinggi dan memiliki koneksi online sangat bagus, namun jarang mendapat panggung mainstream.

Developer Skullgirls kemudian memberikan sejumlah update menarik, salah satunya memasukkan avatar atlet esports Dominique “SonicFox” McLean ke dalam game ini. SonicFox adalah atlet esports kawakan yang telah berkali-kali jadi juara EVO, dan dia juga dikenal sebagai anggota komunitas Skullgirls yang aktif. Skullgirls juga mendapat update lain untuk mendeteksi koneksi Wi-Fi, sehingga pemain bisa memilih untuk menghindarinya bila khawatir lag.

Italia Juara Pertama UEFA Euro 2020 eTournament

Sumber: UEFA

Meski dunia sedang dilanda pandemi, aktivitas sepak bola harus terus berjalan. UEFA mengakali hal ini dengan cara memindahkan turnamen Euro 2020 menjadi sebuah turnamen esports, dengan nama UEFA Euro 2020 eTournament (atau disingkat eEuro 2020). Game yang digunakan adalah eFootball PES 2020, eksklusif di PS4.

eEuro 2020 menjadi kompetisi esports sepak bola antar timnas yang terbesar di dunia. 55 tim dari negara anggota UEFA hadir di sini, dan format turnamennya disamakan dengan Euro 2020 yang asli. Babak final mempertemukan Serbia melawan Italia, dan akhirnya dimenangkan oleh Italia dengan skor telak 1-3 dalam pertandingan best-of-5. Tim Italia diwakili oleh empat pemain, yaitu AlonsoGrayfox, Naples17x, Nicaldan, dan Genoa_Npk02. Kamu dapat menonton pertandingannya di channel YouTube UEFA.


Ayyub Mustofa

Jarang main game sampai tamat kecuali untuk review. Menyukai hampir semua genre, dan hingga kini masih menunggu kemunculan Megaman X9.