Rekap Berita Esports dalam Sepekan – 18 Mei 2020

MPL ID Season 5 sukses jadi turnamen esports populer sedunia! Ada juga kabar tentang jajaran game EVO Online, liga PES Thailand, dan lainnya.


Kembali lagi bersama Gimbot dalam rubrik Rekap Berita Esports dalam Sepekan, edisi tanggal 18 Mei 2020. Seperti biasa, dalam artikel rutin ini kamu bisa mengikuti perkembangan terbaru dunia esports baik dari dalam maupun luar negeri.

Penggemar esports Mobile Legends boleh bangga sebab MPL ID Season 5 berhasil jadi turnamen paling populer di dunia dalam bulan April 2020. Selain itu ada juga pengumuman tentang jajaran game yang dipertandingkan di EVO Online, liga PES Thailand yang kembali dibuka, dan lainnya. Cek di bawah!

MPL ID Season 5 Jadi Esports Terpopuler Dunia di April 2020

Esports Insider baru-baru ini berkolaborasi dengan Esports Chart untuk melihat kondisi viewership ajang esports dari bulan ke bulan. Mereka membandingkan sejumlah event besar di seluruh dunia, untuk melihat turnamen mana yang paling populer dari perolehan angka peak viewership. Menariknya, sepanjang bulan April, turnamen paling populer datang dari Indonesia!

MPL ID Season 5 adalah satu-satunya turnamen esports mobile di jajaran 5 turnamen terpopuler ini, namun justru game keluaran Moonton tersebut bisa menduduki peringkat 1 dengan 1.163.007 viewers. Disusul oleh League of Legends Championship Korea (LCK) dengan 1.074.561 viewers, dan League of Legends European Championship (LEC) dengan 817.397 viewers.

Deretan Game yang Mengisi EVO Online Diumumkan

Sebelumnya kita telah mendengar pengumuman bahwa EVO 2020 dibatalkan dan diganti dengan turnamen online. Saat itu muncul kekhawatiran di kalangan penggemar game fighting karena jajaran game di EVO 2020 terkenal memiliki koneksi yang buruk. Bila turnamen diadakan online, pasti hasilnya akan sangat tidak nyaman.

Rupanya panitia EVO mendengar hal ini, dan mereka mengumumkan bahwa EVO Online hanya akan berisi empat game yang semuanya punya koneksi online mumpuni. Empat game itu adalah:

  • Mortal Kombat 11
  • Killer Instinct
  • Them’s Fightin’ Herds
  • Skullgirls 2nd Encore

Sebagian besar deretan game aslinya juga tetap akan hadir, namun hanya berwujud pertandingan eksibisi saja. Kecuali satu judul yang benar-benar hilang, yaitu Super Smash Bros. Ultimate. Menurut Joey Cuellar (founder EVO), bila animo penggemar cukup tinggi, bisa saja EVO Online jadi event tetap di masa depan.

Liga PES Thailand Segera Digelar Lagi, Diikuti Atlet Indonesia

Sumber: Zags News

Thailand memiliki kompetisi esports eFootball PES resmi bernama Thai e-League Pro, dan sebentar lagi liga ini akan segera digelar kembali untuk putaran kedua tahun 2020. Dilansir dari Indosport, liga ini akan mulai berjalan pada tanggal 23 Mei, dan diikuti oleh seluruh tim sepak bola Liga 1 Thailand.

Liga ini juga diikuti oleh sejumlah atlet esports asal Indonesia, salah satunya Rizal “Ivander” Danyarta. Atlet-atlet Indonesia ini kebanyakan masih tinggal di Thailand, dan tidak bisa pulang lantaran terkena lockdown. Sebagian yang sudah pulang ke Indonesia, seperti Rizky Faidan yang bermain untuk Buriram United, juga tidak bisa kembali ke Thailand untuk sementara waktu.

BMW Gelar Ajang Esports di Timur Tengah, Battle of the Gamers

Sumber: Esquire ME

Produsen mobil asal Jerman, BMW, baru-baru ini dikabarkan meluncurkan sebuah turnamen esports baru di wilayah Timur Tengah. Bertajuk Battle of the Gamers, ini adalah turnamen esports pertama yang digelar oleh BMW di wilayah tersebut, dan juga mengandung program lain seperti pelatihan serta podcast bertema gaming.

Terdapat tiga game yang dipertandingkan dalam Battle of the Gamers, yaitu Dota 2, FIFA, dan Fortnite. BMW menyediakan hadiah senilai total US$50.000 (sekitar Rp744,5 juta) dalam turnamen ini. Tentu saja, berhubung kita masih ada dalam kondisi pandemi, turnamennya diadakan secara online. Pihak BMW mengatakan bahwa turnamen esports ini merupakan tambahan baru dalam deretan aktivitas marketing mereka.


Ayyub Mustofa

Jarang main game sampai tamat kecuali untuk review. Menyukai hampir semua genre, dan hingga kini masih menunggu kemunculan Megaman X9.