5 Rahasia Terbaik yang Ditemukan di Game Batman Arkham City

Kita bisa temukan beberapa rahasia di Batman Arkham City! Rahasianya bahkan benar-benar menarik dan unik.


Batman Arkham City

Batman Arkham City merupakan salah satu game yang cukup menarik untuk dimainkan kembali. Kami menyempatkan waktu untuk mengunjungi kembali game legendaris yang mendapatkan predikat Game of the Year beberapa tahun yang lalu ini. Mengunjunginya kembali memberikan kami sengatan untuk mencari berbagai hal unik dan rahasia yang ada di game tersebut.

BACA JUGA: Game Assassin’s Creed Terburuk Hingga yang Terbaik Versi Gimbot

Setelah membaca dan melihat Youtube, kami menemukan sejumlah rahasia yang luar biasa untuk dieksplorasi. Bahkan Batman Arkham City sudah menyuguhkan kita mengenai rahasia sejak awal permainan. Lantas kira-kira ada rahasia apa saja di dalam game legendaris yang satu ini? Kami bakal mengungkapkannya satu per satu kepada kalian. Berikut ulasannya!

1. Scarecrow di Arkham City

Buat yang sudah main game ini, kalian tentu sudah paham bahwa Scarecrow bukanlah salah satu karakter jahat yang bakal kita hadapi. Penjahat bernama Doctor Crane ini memang tidak hadir, namun kenyataannya ada easter egg yang menampilkan bahwa Scarecrow mengirimkan pesan lewat anak buahnya dan berbagai hal di game ini.

Dia meninggalkan pesan di beberapa saluran sequencer kriptografi plus kalian bisa melihat topengnya di atas sebuah jembatan yang menghubungkan Industrial District ke Amusement Mile. Pesan ini juga menjelaskan bahwa Scarecrow berhasil selamat dari serangan brutal yang dilakukan oleh Killer Croc di Batman Arkham Asylum.

2. The Calendar Man!

The Calendar Man merupakan salah satu penjahat Batman yang diremehkan. Namun sebenarnya penjahat yang satu ini jauh menyeramkan dari yang dikira. Kalian yang sudah membaca The Long Halloween tentu sudah paham betapa mengerikannya The Calendar Man.

Setelah kalian mengalahkan Two-Face dan menyelamatkan Catwoman di Solomon Wayne Courthouse, mereka bisa turun ke bawah dan menemukan The Calendar Man yang terkunci di dalam sel. Namun di momen itu gamer tidak bakal menemukan hal unik apapun kecuali kalian datang di saat yang tepat.

BACA JUGA: Alasan Cinta dan Benci pada Uncharted: Drake’s Fortune

Kalian yang datang di event unik tertentu bakal membuka sebuah percakapan menarik dengannya. Rahasia yang satu ini jadi rahasia yang cukup lama hingga akhirnya ditemukan oleh gamer. Dalam percakapan itu The Calendar Man menjelaskan kejahatan-kejahatannya terdahulu.

Bahkan apa yang diucapkannya memiliki sedikit kaitan dengan apa yang terjadi di Arkham Knight!

3. DC Universe

Batman Arkham City

Memang topik pembicaraan mengenai DC Universe sudah lama bahkan setelah Batman Arkham Knight selesai. Namun sepertinya pembicaraan ini tidak hadir secara tiba-tiba karena sebenarnya Rocksteady pernah memasukan referensi ke DC Universe. Referensi mengenai hero-hero DC seperti Black Canary, Green Arrow, Hugo Strange, bahkan Nightwing juga hadir di sini.

Untuk Nightwing sendiri, Rocksteady pertama kali memasukan hadirnya Bludhaven, rumah atau markas dari Nightwing. Kemudian Nightwing sendiri hadir di DLC Batman Arkham City dan muncul sebagai karakter pendukung di Batman Arkham Knight.

Selain itu di salah satu DLC yaitu Harley Quinn’s Revenge, ada juga easter egg mengenai Cadmus yang ditemukan di seluruh Steel Mill. Buat para penggemar Justice League, kalian tahu bahwa Cadmus adalah sebuah kekuatan yang berlawanan dengan Justice League.

4. Tes Kehamilan Harley Quinn

Easter Egg Harley Quinn

Salah satu rahasia kecil namun unik dan menarik yang ada di Arkham City ada di sekitar markas Joker di Steel Mill. Di sini kalian bakal melihat boneka yang mirip seperti Joker versi mini dan beberapa tes kehamilan yang menyatakan positif. Ini tentu terindikasi bahwa karakter wanita jahat di game ini yaitu Harley Quinn sedang dalam keadaan hamil.

Memang isu bahwa Joker punya anak di game ini bukan hal baru karena Rocksteady sendiri memasukan beberapa hal mengenai hal tersebut salah satunya adalah saat Harley Quinn menyanyikan lagu Little Baby di kredit Batman Arkham City.

Namun ide mengenai kehamilan positif ini langsung di belokan Rocksteady dengan mereka kembali memasukkan easter egg di Revenge of Harley Quinn bahwa tes kehamilan selanjutnya adalah negatif. Namun meski begitu di Arkham Knight kita dihadapkan pada karakter-karakter yang jadi proto Joker seperti Johnny Charisma, Henry Adams, Christina Bell, dan Albert King.

5. Penulis, Film, dan Semua yang Berhubungan dengan Batman

Batman Arkham City

Di dalam game ini terdapat berbagai hal yang berhubungan dengan penulis, film, dan segala yang berhubungan dengan Batman. Misalnya saja ada Dini Towers yang jadi salah satu lokasi di film ini yang berasal dari nama Paul Dini, seorang penulis untuk Arkham Asylum dan Arkham City. Selain itu referensi mengenai Tim Burton juga bisa ditemukan di wilayah Steel Mill dan Park Row.

Selain itu ada juga Stacked Deck, yaitu sebuah bar yang sering dikunjungi oleh para mafia di Batman: The Animated Series. Kalian juga bisa menjelajahi wilayah Steel Mill di mana kalian bisa menemukan Kotak Mainan Joker yang berisi banyak mainan seperti Pistol Palsunya.

Batman Arkham City di Steam


Azzizil Adam

Main game gak bakal bikin masa depan suram. Yang bikin suram adalah ketika lo malas berbuat sesuatu! Happy gaming.