5 Fun Fact yang Perlu Kamu Ketahui dari Game Populer Modern

Sejumlah game besar memiliki rahasia menarik di balik pembuatannya. Tak sangka, rahasia ini jadi salah satu formula kesuksesan game-game tersebut.


Rahasia Menarik Game Populer

Membuat sebuah game yang populer merupakan salah satu hal yang sulit dilakukan. Dibutuhkan formula tepat dan juga effort lebih dalam membuatnya. Hal ini membuat para developer membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk menciptakan sebuah game yang pada akhirnya diakui gamer dan bertahan selama bertahun-tahun franchise-nya.

BACA JUGA: Deretan 5 Game Web Browser Terbaik yang Layak Kamu Mainkan

Selain itu pembuatan game populer terkadang dibumbui dengan banyak hal menarik yang juga mendorong game tersebut punya mekanisme yang solid. Meski kebanyakan developer merahasiakan formula atau hal yang menjadikan game ini ikonik serta memorable, namun yang lainnya memilih untuk mengutarakan rahasia di balik solidnya game mereka.

Setidaknya kami sudah mengumpulkan lima rahasia paling menarik dari berbagai game populer dan ikonik di dunia. Seperti apa rahasia mereka? Berikut adalah ulasan lengkapnya!

1. Alasan Sonic Lemah di Air

debut

Salah satu hal menarik dari game Sonic the Hedgehog adalah karakter utamanya yang bernama Sonic tidak bisa berenang atau akan lemah ketika memasuki air. Ya, tantangan yang paling mengesalkan adalah kalian akan melakukan berbagai tantangan di bawah air yang membuat Sonic kehilangan kekuatannya. Jika biasanya dia cepat, di bawah air Sonic bakal menjadi sangat lambat.

Selain itu, Sonic membutuhkan waktu tertentu selama di bawah air yang jika kalian kehabisan waktu, maka Sonic akan mati. Alasan Sonic lemah atau tidak berenang adalah karena sang desainer dari game populer ini, Yuji Naka berasumsi bahwa landak tidak bisa berenang.

Namun akhirnya Naka menyadari bahwa asumsinya itu salah karena saat perjalanan ke Jerman dalam suatu kunjungan, dia melihat landak berenang. Memang landak bisa berenang tapi akan kesulitan untuk keluar dari air. Tapi meski begitu Naka tetap bersikukuh dengan alasannya.

“Jika aku terperangkap di sebuah air dengan segudang tantangan, kemampuan renangku sama sekali tidak banyak membantu,”

2. GTA Awalnya Adalah Game Balapan

game paling susah

Jika berbicara soal game open world, salah satu yang banyak diperbincangkan adalah Grand Theft Auto. Game ini benar-benar mendefinisikan mengenai konsep open world untuk melakukan berbagai hal secara bebas sesuai dengan keinginan para gamer. Namun sebelum mengenal Los Santos atau Liberty City, sebenarnya GTA itu adalah game balapan.

Konsep awalnya adalah mengedepankan kejar-kejaran antara polisi dan perampok. Namun selama pengembangan, ada bug yang membuat polisi terus menerus menabrak mobil dari pemain yang menjadi perampok sehingga mendorong mobil itu keluar jalur.

BACA JUGA: Serba-serbi Fitur Family Control PlayStation 4 yang Jarang Dipakai Orang

Rupanya bug ini disebabkan karena algoritma yang membuat polisi selalu mencari sang karakter utama sehingga harus menabrak mobilnya. Penguji dari game ini senang dengan konsep tersebut sehingga mendorong game GTA menjadi game yang kita kenal.

3. Metal Gear Awalnya Bukan Game Stealth

Metal Gear saat ini dikenal sebagai salah satu franchise stealth terbaik yang ada di industri gaming. Game ini menginspirasi sejumlah developer untuk membuat game dengan model serupa misalnya Splinter Cell atau Sniper Elite. Tapi sebenarnya, Metal Gear awalnya bukanlah sebuah game stealth atau game yang kita kenal.

Pencipta dari game ini yaitu Hideo Kojima ditugaskan membuat game aksi di Komputer MSX2 dan ketika pembuatan, dia mengalami kesulitan teknis. Ya, kesulitan teknis itu karena game buatannya tidak bisa menangani lebih dari dua musuh yang muncul di memori 128 kb MSX2.

Di situlah kejeniusan Kojima muncul di mana dia mengubah arah dan konsep game yang tadinya bertempur secara terbuka menjadi game stealth. Ini dikarenakan Kojima dikejar oleh deadline pembuatan game. Agar konsep stealth semakin realistis, Kojima mengangkat narasi soal agen rahasia yang hobinya menyusup untuk membereskan musuh.

4. Alasan Kabut Silent Hill Ada

Konsep dari Silent Hill sebagai sebuah game horor cukup solid di mana di dalam game ini kita tidak pernah tahu apa yang ada di depan. Alasannya, selalu ada kabut yang menemani perjalanan kita. Suasana ini menciptakan banyak ketidak pastian dan gamer akan takut untuk melangkah ke depan. Alhasil, Silent Hill sukses dan menjadi salah satu game horor terbaik pada masanya.

Sayangnya, konsep kabut ini muncul karena limitasi hardware dari PlayStation sehingga membuat para developer berpikir untuk menciptakan kabut alih-alih memasukan banyak tekstur yang nantinya membuat game ini tak optimal. Oleh sebab itu Konami hanya memunculkan objek paling dekat dan mengaburkan objek terjauh dengan kabut.

Ide gila ini sempurna menjadikan Silent Hill menjadi sangat menyeramkan dan juga memiliki visual paling yang memanjakan mata pada masanya.

5. Inspirasi Cerita Bloodborne

Hidetaka Miyazaki adalah salah satu kreator game terbaik yang ada di industri game. Salah satu game yang terbaik yang pernah dia ciptakan adalah Bloodborne. Game ini sangat rumit dari sisi cerita dan agak susah dipahami. Yang mendorong cerita rumit ini adalah dari pengalaman masa kecil Miyazaki. Ya, saat masih kecil, Miyazaki suka baca buku yang di luar kemampuannya namun meski tak paham, dia tetap lanjut membaca.

Oleh sebab itu, terciptalah sebuah Bloodborne agar gamer merasakan sensasi yang sama dengan yang dia dapatkan di masa kecilnya. Miyazaki juga ingin agar orang-orang berimajinasi dengan rumitnya cerita dari karyanya yang juga dia lakukan pada masa kecil.

Dengan cerita yang punya banyak plot hole, dia ingin gamer mengisinya dengan imajinasi mereka sendiri. Dengan begini, pengalaman yang dihasilkan dari sisi cerita akan sangat baik di mana setiap pemain akan mengalami pengalaman yang berbeda nantinya.


Azzizil Adam

Main game gak bakal bikin masa depan suram. Yang bikin suram adalah ketika lo malas berbuat sesuatu! Happy gaming.