Serba-serbi Fitur Family Control PlayStation 4 yang Jarang Dipakai Orang

Selain fitur Rest Mode, ada satu lagi fitur sakti yang ada di PlayStation 4! Patut diacungi jempol untuk Sony terkait fitur ini.


Serba-serbi Fitur family Management PS 4

PlayStation 4 saat ini sudah berada di ujung usianya dan harus diakui console Sony yang satu ini memang berhasil menjadi console paling sukses jauh melebihi Nintendo Switch dan Xbox One. Berbagai game eksklusif plus lompatan fitur yang dihadirkan dari PlayStation 3 membuat console ini menjadi kandidat terkuat yang bisa menggoyang kedigdayaan PlayStation 2 dari sisi console paling laris sepanjang sejarah.

Fitur-fitur unggulan seperti Rest Mode, Share, Streaming, dan berbagai fitur ciamik lainnya menjadi yang membuat console ini nampak seperti paket lengkap di samping banyaknya game eksklusif berkualitas yang diluncurkan Sony. Dari seabrek fitur yang ada, salah satunya adalah fitur bernama Family Control yang tentu bagi sebagian gamer khususnya yang sudah punya anak menjadi fitur yang kurang familiar.

BACA JUGA: Deretan 5 Game Terbaik Bawaan Windows 95

Meski kurang familiar, kenyataannya fitur ini sangat sakti untuk mengawasi anak-anak di bawah umur yang ingin memainkan console orang tuanya. Fitur ini juga membuat Sony patut diacungi jempol karena peduli dengan pembatasan rating dan hal-hal terkait. Gimbot kali ini ingin membahas soal fitur Family Control.

Sebenarnya fitur apa sih ini? Apa kehebatan dan bagaimana cara kerjanya? Berikut adalah ulasannya!

Kegunaan Fitur Family Control

Family Control

Secara singkat, fitur ini memiliki kegunaan untuk mengontrol anak di bawah umur yang mencoba untuk memainkan console orang tua atau saudaranya atau console siapapun. Tentu saja tujuannya agar console yang digunakan aman dari sisi apapun jika diakses oleh anak di bawah umur. Bagi yang masih khawatir anaknya atau saudaranya akan mengakses hal yang tidak sesuai usianya, solusinya adalah mengaktifkan fitur yang satu ini.

Dengan begini, konten akan terjaga di mana sang anak hanya akan bisa memainkan dan mengakses konten yang memang benar-benar sudah kita setujui. Bagaimana? Sudah paham soal kegunaan fitur yang satu ini? Jika sudah, kita bisa lanjut untuk membahas apa saja yang bisa dibatasi dengan fitur Family Control.

Apa Saja yang Bisa Dibatasi?

Jika bertanya, apa saja hal yang bisa dibatasi dengan fitur Family Control ini? Jawabannya adalah semua konten di PlayStation 4 bisa dibatasi. Keren bukan? Pertama, kalian para orang tua bisa mengaktifkan fitur Age Restriction atau pembatasan usia untuk akses Blu-ray atau DVD. Dengan begini, DVD atau Blu-ray yang melebihi batas usia setting-an orang tuanya tidak akan bisa diakses.

Kedua, kalian para orang tua bisa membatasi durasi anak dalam bermain game dalam satu harinya. Dengan begini, tidak aka nada kecanduan dan berlebihan karena console sudah secara otomatis di setting agar shutdown otomatis jika sudah sampai waktu yang ditentukan. Ini semacam rental kurang lebih yang menggunakan durasi. Gilanya, akses ini bisa diutak-atik lewat smartphone atau browser!

BACA JUGA: 5 Figur Penjahat dengan Motif Menarik dalam Video Game

Ketiga, para orang tua bisa melakukan disable terhadap chat, messaging, dan sharing dengan player lain. Dengan begini, anak-anak akan terhindar dari bully ketika main game yang membuat mentalitasnya lebih aman.

Keempat, akses untuk melakukan browsing dari PS4 Web Browser akan dibatasi. Dengan begini, anak-anak tidak akan bisa sembarangan mengakses hal-hal aneh dari PS4 Web browser! Aman bukan?

Kelima, para orang tua bisa membatasi belanjaan sang anak per bulannya. Kerennya, payment kalian bakal terlindungi dengan sebuah password sehingga si anak tak bisa sembarangan belanja di sini. Jika batas limit yang diatur sudah mentok, anak tak bakal bisa belanja lagi meskipun saldonya ada banyak.

Keenam, Family Control juga akan membatasi sistemnya sendiri dengan menciptakan kose untuk menonaktifkan pengguna lain jika ada yang ingin iseng mengubah password adminnya. Gilanya, kode ini bisa diatur supaya hanya satu orang yang bisa mengaksesnya.

Sistem Family Control Itu Seperti Apa?

Family Control

Fitur yang satu ini dikepalai oleh seorang Family Manager. Sang Family Manager bisa mengontrol akun anak-anak yang ada di PlayStation 4. Sang Family Manager bisa mengatur enam poin yang ada di atas yang sudah kita bahas barusan.

Kemudian ada yang namanya Guardian. Guardian ini adalah seorang yang akunnya sudah dipercaya oleh Family Manager untuk menghandle akun para membernya. Atas persetujuan Family Manager, Guardian bisa membatasi keenam poin yang sudah dibahas barusan.

Lalu terakhir adalah Family Member yang merupakan member biasa di mana mereka jika ingin mengakses banyak hal harus meminta persetujuan Guardian atau Family Manager.

Bisa Diaplikasikan Lewat Smartphone dan PC

Family Control

Fitur yang satu ini tidak terbatas karena selain dari PlayStation 4, fitur Family Control bisa diakses dan diatur melalui smartphone dan PC melalui PlayStation App. Dengan begini, para orang tua bisa mengontrol anak-anak mereka 24/7 tanpa takut anak-anak akan lolos dari pandangan mereka! Keren bukan?


Azzizil Adam

Main game gak bakal bikin masa depan suram. Yang bikin suram adalah ketika lo malas berbuat sesuatu! Happy gaming.