Pokemon Scarlet & Violet Janjikan Dunia Terbuka yang Lebih Bebas


Pokemon Scarlet & Violet sepertinya akan membawa kembali formula yang sudah ada di dua game sebelumnya, tapi dalam bentuk yang lebih baik.

Featured Video Play Icon

Tanggal 3 Agustus 2022 lalu, The Pokemon Company sekali lagi merilis video presentasi singkat berisi segudang update dari banyak game Pokemon. Video berdurasi 19 menit tersebut mencakup banyak hal mulai dari Pokemon World Championship hingga update mengenai Pokemon Go dan Pokemon Masters EX. Tapi yang jadi konten utamanya tentu saja informasi lebih lanjut mengenai Pokemon Scarlet & Violet.

BACA JUGA: 5 Game Nintendo Switch Terbaru Bulan Agustus 2022

Dalam presentasi kali ini, kita bisa melihat seperti apa pengalaman gameplay-mu nanti, baik dari segi dunia maupun caramu menjajal cerita permainan. Berikut rinciannya.

Open World yang Penuh Kebebasan

Pokemon Scarlet & Violet akan dimainkan di dunia yang lebih terbuka. Definisi ini sebenarnya sedikit ambigu mengingat Pokemon Legends Arceus juga punya open world yang bisa kamu eksplorasi sesuka hati. Jika ternyata Pokemon Scarlet & Violet memberikan kebebasan yang lebih besar, itu berarti kamu bisa mengeksplorasi wilayah mana saja kapan saja.

Ide itu sepertinya bisa terjadi jika kamu menyimak penjelasan mengenai cerita yang bisa kamu ikuti dalam permainan. Pokemon Scarlet & Violet dijanjikan akan punya tiga storyline yang bisa kamu ikuti. Salah satunya adalah menantang gym leader dan membuktikan kemampuanmu. Tapi yang menarik adalah tidak ada aturan cerita mana yang harus kamu mulai dan selesaikan. Kamu bisa menyelesaikan satu cerita sampai habis dan mengabaikan dua lainnya atau menjalankan ketiganya secara bergantian. Tidak hanya itu, kamu juga bebas menantang gym mana saja alias tidak ada urutan yang harus kamu ikuti.

Koraidon Dan Miraidon Jadi Teman Navigasi

pokemon-scarlet-violet-dunia-terbuka-kendaraan

Dunia yang terbuka tentu akan memakan waktu jika ditelusuri hanya dengan jalan kaki. Di Pokemon Legends Arceus saja kamu bisa terbang, menunggangi “kuda”, dan mengarungi permukaan air agar kamu bisa berpindah tempat dengan cepat. Nah, di Pokemon Scarlet & Violet kamu juga bisa melakukan hal yang sama.

Dua Pokemon legendaris di game ini, Koraidon dan Miradon, akan jadi teman perjalananmu sepanjang permainan. Keduanya bisa bertransformasi dan menjadi “kendaraan” untukmu agar kamu bisa menelusuri wilayah Paldea dengan lebih mudah.

Satu hal yang masih jadi pertanyaan kami adalah apakah mereka bisa diakses sejak awal permainan, mengingat Pokemon legendaris biasanya baru bisa ditemui di akhir cerita permainan.

Kekuatan Baru: Terastal

pokemon-scarlet-violet-dunia-terbuka-terastal

Raid battle yang ada di Pokemon Sword & Shield kembali hadir di Pokemon Scarlet & Violet, tapi dengan “kemasan” yang baru: Terastal. Fenomena ini akan membuat Pokemon terlihat dibalut oleh kristal. Kristal ini tidak hanya membuat Pokemon lebih kuat, tapi juga mengubah tipe Pokemon tersebut. Tidak hanya itu, satu Pokemon bisa punya banyak jenis Tera. Artinya kamu bisa saja punya misalnya empat Eevee yang masih-masing punya bentuk Tera yang berbeda.

Sepertinya yang kami sebutkan di atas, Pokemon Terastal ini hanya bisa kamu temukan di raid battle. Kamu bisa menghadapi Pokemon ini bersama tiga pemain lain. Setelah mengalahkan Pokemon Tera yang ada, kamu bisa menangkap Pokemon tersebut.


Pokemon Scarlet & Violet akan rilis di Nintendo Switch tanggal 18 November 2022.


Kaoru

Hmmm...