Gim Pokemon pertama untuk Nintendo Switch, Pokemon Let’s Go Pikachu/Let’s Go Eevee akhirnya rilis tanggal 16 November lalu. Layaknya gim baru Pokemon pada umumnya, Pokemon Let’s Go Pikachu/Let’s Go Eevee sangat diantisipasi oleh pemilik Nintendo Switch atau penggemar Pokemon.

Pertanyaannya, apakah gim ini layak kamu beli? Dengan harga yang cukup mahal (sekitar Rp720.000,-), apakah kamu akan mendapatkan pengalaman bermain yang memuaskan dan setimpal?

Untuk menjawab pertanyaan itu, ayo kita kupas apa saja yang bisa kamu temukan di Pokemon Let’s Go Pikachu/Let’s Go Eevee.

Gameplay

pokemon-lets-go-layak-belikah-17

Pokemon Let’s Go Pikachu/Let’s Go Eevee merupakan perpaduan antara Pokemon Go di smartphone dengan seri gim Pokemon yang sudah ada sejak tahun 90-an. Secara spesifik, gim ini mengangkat kembali Pokemon Yellow yang rilis tahun 1998.

Bersama partner kesayanganmu, kamu akan menjelajahi regional Kanto untuk mengumpulkan delapan Gym Badge. Setelah itu kalahkan Elite Four dan jadi Pokemon Champion. To be the very best like no one ever was.

Hampir semua hal di Pokemon Yellow ada di Pokemon Let’s Go Pikachu/Let’s Go Eevee, mulai dari cerita, peta, sampai dialog NPC. Hanya saja semua aspek gameplay dan cerita yang kamu ketahui jadi lebih mudah dan streamlined.

Random Encounter dan Combat yang Terpisah

pokemon-lets-go-layak-belikah-8

Pokemon liar tetap bisa kamu temukan di rumput tinggi serta area seperti gua atau laut. Bedanya, tidak ada lagi random encounter ala gim JRPG. Kamu bisa melihat jelas tiap Pokemon liar yang muncul. Dengan begitu kamu bisa menghindari Pokemon liar ini jika memang sedang tidak ingin menaikkan level.

Ketika bertemu Pokemon liar, kamu juga tidak lagi bertarung untuk mendapatkan experience dan menaikkan level. Kamu justru langsung menangkapnya dengan Pokeball yang kamu miliki layaknya ketika kamu bermain Pokemon Go di smartphone.

pokemon-lets-go-layak-belikah-14

Cara menangkap Pokemon di gim ini juga cukup sederhana. Cukup lempar Pokeball ke area lingkaran dengan menekan A atau mengayunkan JoyCon, tergantung caramu bermain.

Peluang suksesmu tergantung pada warna lingkaran yang kamu lihat, akurasi dan timing lemparan, serta Pokeball yang kamu gunakan. Jangan khawatir karena biasanya kamu bisa mencoba berkali-kali sampai Pokemon tersebut kabur.

Combat atau pertarungan Pokemon masih tetap ada. Hanya saja pertarungan baru terjadi ketika kamu berhadapan dengan Trainer lain. Tidak ada yang berubah dari pertarungan dengan para Trainer ini.

Experience untuk Semuanya!

pokemon-lets-go-layak-belikah-6

Kamu tidak suka menangkap terlalu banyak Pokemon? Well, di Pokemon Let’s Go Pikachu/Let’s Go Eevee kamu harus belajar menyukainya. Jika tidak, kamu akan kesulitan menaikkan level tim kamu.

Tiap kali menangkap Pokemon, kamu akan mendapatkan experience, tidak cuma untuk satu, tapi semua Pokemon dalam tim. Tidak cuma itu, jumlah experience yang kamu peroleh juga cukup banyak, apalagi ditambah berbagai bonus. Artinya sejak awal kamu memang didorong untuk menangkap sebanyak mungkin Pokemon yang kamu temui.

pokemon-lets-go-layak-belikah-5

Tiap kali memenangkan pertarungan, tim kamu juga akan mendapatkan experience meskipun tidak muncul sama sekali. Ini berlaku sejak awal dan tidak lagi memerlukan item khusus yaitu Exp. Share seperti di gim Pokemon versi sebelumnya.

Takut tidak punya cukup tempat untuk menyimpan Pokemon? Jangan khawatir, karena kamu bisa mengirimkan Pokemon yang kamu tangkap ke Professor Oak. Sebagai imbalan ia kemudian akan memberikanmu permen yang membuat Pokemon kamu lebih kuat.

pokemon-lets-go-layak-belikah-11

Pokemon yang kamu kirim ke Professor Oak tidak bisa diambil lagi. Karena itu pastikan kamu tidak salah kirim.

Grinding yang Mudah

pokemon-lets-go-layak-belikah-13

Dari semua poin di atas, Pokemon Let’s Go Pikachu/Let’s Go Eevee jauh lebih mudah dan ramah dalam hal grinding.

Hilangnya sistem pertarungan ketika menemui Pokemon liar adalah perubahan yang cukup baik. Pemain jadi punya kebebasan kapan mereka ingin bertarung dan kapan ingin berburu Pokemon liar. Tidak cuma itu, proses menangkap Pokemon liar yang lebih sederhana juga membuat proses grinding atau menaikkan level Pokemon jadi lebih mudah.

Dengan proses grinding yang lebih mudah, kamu jadi punya kesempatan untuk bereksperimen dengan Pokemon lain yang kamu miliki. Dengan kata lain, kamu jadi punya kesempatan untuk menelusuri semua konten yang tersedia dalam gim.

pokemon-lets-go-layak-belikah-12

Menurut saya ini adalah perubahan yang baik terutama untuk para pemain kasual. Saya ingat ketika bermain Pokemon Fire Red, saya bahkan enggan menangkap dan membesarkan Magikarp karena sulitnya grinding di gim tersebut.

Di Pokemon Let’s Go Pikachu/Let’s Go Eevee, saya cukup memasukkannya ke dalam tim. Setelah beberapa kali pertarungan dan menagkap Pokemon, Magikarp tersebut tanpa terasa sudah siap berubah menjadi Gyarados.

Cerita

pokemon-lets-go-layak-belikah-10

Semua elemen cerita di Pokemon Let’s Go Pikachu/Let’s Go Eevee sama persis dengan gim area Kanto lain. Bahkan semua puzzle atau dungeon dan posisi tiap musuh juga sama persis.

Hanya ada beberapa perubahan kecil pada tiap potongan cerita. Menariknya, hampir semua perubahan kecil tersebut bertujuan menunjukkan pemain ke mana kamu harus pergi.

Sebagai contoh (spoiler alert), untuk mendapatkan akses ke sebuah kota, kamu dulu harus menemukan seorang nenek di sebuah gedung di kota lain dan mendapatkan teh darinya. Setelah itu, kamu harus memikirkan sendiri ke mana harus menggunakan teh tersebut.

pokemon-lets-go-layak-belikah-9

Di Pokemon Let’s Go Pikachu/Let’s Go Eevee, kamu mendapatkan teh ini langsung dari Brock yang mencegatmu di depan gedung yang sama. Tidak cuma itu, ia juga memiliki dialog yang memberitahu bahwa teh itu harus kamu berikan ke penjaga di kota yang kita singgung tadi.

Satu contoh yang lebih aneh lagi adalah ketika saya berada di sebuah rumah besar tua bernama Pokemon Mansion. Di bagian terdalam rumah tersebut ada satu ruangan berisi portal yang akan membawamu keluar dari rumah tersebut.

pokemon-lets-go-layak-belikah-4

Menariknya, dalam ruangan tersebut ada anak yang akan memberitahukan fungsi portal tersebut. Tujuannya jelas agar kamu tidak menginjak portal dan keluar dari rumah sebelum menyelesaikan objektifmu. Tapi saya juga tidak habis pikir bagaimana bisa ada anak kecil di bagian terdalam sebuah rumah besar yang kosong.

Ada beberapa lagi contoh di mana kamu ditunjukkan ke mana harus pergi agar cerita dalam permainan bisa bergerak. Intinya, sama seperti gameplay, cerita dalam Pokemon Let’s Go Pikachu/Let’s Go Eevee juga dibuat agar lebih mudah dibanding versi pendahulunya.

Presentasi (Grafis, musik, dan suara)

pokemon-lets-go-layak-belikah-1

Satu hal yang 100 persen positif dari Pokemon Let’s Go Pikachu/Let’s Go Eevee dibanding pendahulunya adalah presentasi.

Gim terbaru yang hadir di platform modern jelas punya grafis yang lebih baik, apalagi jika pendahulunya lahir 20 tahun yang lalu. Meskipun bukan yang terbaik, grafis Pokemon Let’s Go Pikachu/Let’s Go Eevee cukup untuk membuat dunia Pokemon dan regional Kanto terasa hidup.

Tiap Pokemon diberikan ukuran yang sesuai dengan Pokedex mereka. Onyx misalnya, akan terlihat sangat besar, sementara Blastoise hanya sedikit lebih tinggi dari karaktermu, dan lebih kecil dari Charizard. Kecuali Pikachu dan Eevee, semua Pokemon memiliki suara yang mirip dengan versi jadul.

pokemon-lets-go-layak-belikah-3

Beberapa momen dalam gim ini juga memiliki cut-scene singkat yang keren. Favorit saya adalah ketika bertemu dengan tiga burung legendaris seperti yang kamu lihat di atas.

Tidak lupa juga fitur-fitur lain yang cukup lucu dan menggemaskan. Contohnya, kamu AKHIRNYA bisa mengeluarkan satu Pokemon di tim kamu keluar dan berjalan mengikutimu. Beberapa di antara mereka bahkan bisa kamu tunggangi. Partner kamu juga bisa dimanja dengan dielus, diberi makan, hingga diberikan pakaian.

pokemon-lets-go-layak-belikah-7

Kesimpulan

Jika disederhanakan, Pokemon Let’s Go Pikachu/Let’s Go Eevee adalah Pokemon Yellow dengan presentasi yang jauh lebih baik dan gameplay yang lebih mudah. Ini tidak mengejutkan mengingat gim ini sejak awal adalah perpaduan antara Pokemon Go di smartphone dengan seri Pokemon yang sebenarnya.

Karena lebih menyasar lebih banyak audiens yang mungkin belum mengenal dunia Pokemon, tentu harus ada beberapa elemen gameplay yang dibuat lebih mudah. Namun itu bukan berarti pemain lama tidak bisa menikmati gim ini. Cukup kecilkan ekspektasimu dan jangan berharap sesuatu yang revolusioner.

pokemon-lets-go-layak-belikah-16

Jadi, apakah Pokemon Let’s Go Pikachu/Let’s Go Eevee layak dibeli? Jika kamu adalah pemain awam yang ingin mengenal lebih jauh tentang seri gim Pokemon, kamu layak mencoba ini. Ada banyak hal menarik yang bisa kamu temukan di gim ini bersama dengan partner yang sangat lucu.

Jika kamu adalah fans berat Pokemon, kamu juga layak membeli gim ini, tapi lebih sebagai sebuah nostalgia masa lalu. Jangan membuat terlalu banyak ekspektasi, dan bermainlah sambil mengenang kembali Kanto, di mana Alakazam dan Gengar adalah attacker yang sangat kuat.


Kaoru