Panduan Apex Legends – Mengenal Ranked League


Seberapa jago skillmu untuk tetap menguasai Kings Canyon di Season 2 ini?

Ranked League adalah mode kompetitif baru pada Apex Legends Season 2 yang dihadirkan dalam bentuk ranking atau peringkat. Mode ini akan menguji skill kamu untuk terus mendapatkan peringkat teratas hingga mencapai ranking tertinggi, Apex Predator.

BACA JUGA: Panduan Apex Legends – Tips Menggunakan Wattson aka Static Defender

Respawn Entertainment selaku developer mendedikasikan khusus Ranked League kepada para pemain yang bermain Apex Legends dalam waktu yang lama sebagai bentuk reward. Setiap kali kamu berhasil mencapai ranking tertentu di akhir musim, kamu akan mendapatkan hadiah berupa skin, emote, banner, dan lainnya.

Matchmaking di Ranked League juga mengatur pemain untuk mendapatkan lawan dengan skill yang sama. Tetapi yang perlu diperhatikan, kamu tidak akan selalu bermain melawan pemain dari peringkat yang sama. Misalnya, pemain dengan ranking Silver bisa saja tetap bersaing dengan pemain ranking Gold.

Jika kamu lebih suka menjadi pemain dengan tipe support atau tidak pernah mendapatkan kill di atas 10? Tidak perlu khawatir karena di Ranked League, semua pemain berhak mendapatkan reward yang sama. Terutama jika tim milikmu menjadi Champion karena menang adalah segalanya di Apex Games.

Lalu, bagaimana cara kerja dari Ranked League ini? Simak panduan berikut di bawah ini!

Season baru menandakan bergulirnya Series

Series adalah sebutan untuk durasi season selama kompetisi. Ketika season berakhir maka series untuk mode kompetitif akan di-reset sehingga kamu akan memulai ranking dari awal di season berikutnya. Kamu akan mendapatkan reward sesuai dengan ranking terakhir.

Yang perlu diperhatikan, Ranked League ini membutuhkan level 10 atau lebih tinggi untuk bergabung. Ketika kamu bermain dengan temanmu, matchmaking akan mencarikan lawan sesuai dengan pemain yang memiliki ranking tertinggi di lobby. Tetapi reward untuk setiap pemain akan disesuaikan dengan ranking mereka masing-masing.

Ranking sebagai penentu tingkatan level

Ranked Leagues memiliki enam jenis ranking: Bronze, Silver, Gold, Platinum, Diamond, dan Apex Predator. Semua ranking kecuali Apex Predator memiliki empat level; Gold IV, Gold III, Gold II, dan Gold I. Gold I akan menjadi level teratas di ranking Gold.

Semua pemain akan memulai dari Bronze IV. Untuk menaikkan level atau ranking, kamu harus mengumpulkan skor tertentu. Saat ini, tidak ada sistem penurunan pangkat untuk bagian ranking. Misal, kamu telah mencapai ranking Platinum di level Platinum IV, kamu tidak akan turun ranking ke Gold ketika kalah.

Tetapi, sistem penurunan pangkat ini berlaku untuk per level. Misal, dari Gold I, kamu beberapa kali kalah sehingga kamu akan turun menjadi Gold II.

Setiap pertandingan akan menjadi semakin sulit ketika kamu memiliki level yang semakin tinggi. Jadi, bersiaplah!

Cara kerja sistem scoring Rank Point

Rank Poin (RP) adalah poin yang dihasilkan saat memainkan Ranked League. Poin ini diberikan kepada pemain setelah mereka berhasil menyelesaikan beberapa goal tertentu.

Daftar rank point

Action RP Rewarded
Kill 1
Place Top 10 2
Place Top 5 4
Place Top 3 7
Champion 12

Selama pertandingan, maksimal RP yang didapatkan untuk kill adalah 5RP. Setiap skor bersifat unik. Misal, jika kamu mendapatkan Top 5, kamu tidak akan mendapatkan 6RP untuk Top 10 dan Top 5. Skor maksimum yang bisa didapatkan per pertandingan adalah 17RP.

RP yang dibutuhkan per rank

Rank RP Required
Bronze None
Silver 120
Gold 280
Platinum 480
Diamond 720
Apex Predator 1,000

Kamu akan naik ke tingkatan level berikutnya sesuai dengan jumlah RP yang diperoleh. Setiap level di atas Bronze akan terkunci oleh jumlah RP yang harus dilengkapi.

RP digunakan untuk memainkan game

Rank RP Match Entry Cost
Bronze Free
Silver 1
Gold 2
Platinum 3
Diamond 4
Apex Predator 5

Reward dan penalties

Di akhir musim, Apex Legends akan memberikan reward kepada pemain berupa bagde atau lencana berdasarkan ranking atau level yang telah mereka selesaikan. Apex Legends kini juga akan lebih ketat dengan pemain yang memiliki kebisaan pergi sebelum pertandingan berakhir. Hukuman ini akan melarang pemain bergabung dalam pertandingan mulai dari 5 menit hingga satu minggu.

Daftar reward per rank

Rank Rewards
Bronze – Badge
Silver – Badge
Gold -Badge
– Weapon Cosmetic
Platinum -Badge
– Weapon Cosmetic
Diamond -Badge
– Weapon Cosmetic
– Dive Trail
Apex Predator – Badge
– Weapon Cosmetic
– Dive Trail

Mirip dengan Elite, akan ada loss forgiveness. Sistem ini akan menghilangkan potensi kerugian RP untuk suatu pertandingan. Misalnya, kamu bermain dengan status Diamond dan berakhir di posisi terakhir tetapi hanya memiliki dua kill, kamu akan mendapatkan -2 RP (-4 untuk biaya Diamond, +2 untuk membunuh sehingga total -2 ).

Namun, dengan loss forgiveness, RP akan kembali ke 0. Ini hanya berlaku jika kamu benar-benar kehilangan RP dalam pertandingan. Jika kamu memiliki lima kill dan loss forgiveness, RP yang didapatkan tetap +1. Kamu juga akan diberikan loss forgiveness ketika rekan setim meninggalkan permainan dan kesalahan teknis.


Aria

Game Enthusiast yang jatuh cinta dengan dunia industri gim dan game development. Gim favorit yang dimainkan adalah Gears of Wars, State of Decay, Warframe, The Uncharted.