[Nostalgimbot] Mengenang Sebuah Pusaka Cheat Bernama Gameshark


Sebelum internet jadi sesuatu yang lumrah, Gameshark merupakan satu-satunya jalan pintas ketika kamu kesulitan memainkan sebuah game.

nostalgimbot-gameshark-featured

Sekitar 20 tahun lalu, Gameshark adalah salah satu benda pusaka terutama untuk mereka pemain console Playstation. Melalui satu kaset Gameshark, kamu bisa membuat game favoritmu jadi lebih mudah. Singkatnya, Gameshark adalah kumpulan cheat untuk game yang kamu mainkan.

Saat ini, Gameshark tidak lagi relevan dan tergerus perubahan zaman dan kultur gaming secara keseluruhan. Tapi di masanya, Gameshark adalah benda yang cukup dicari, terutama untuk pemain yang 20 tahun lalu masih duduk di bangku sekolah.

Pintu Keluar di Saat Kandas

nostalgimbot-gameshark-menu

Gameshark adalah sebuah kaset berisi kumpulan cheat code untuk berbagai game console atau komputer. Untuk menggunakannya, kamu tinggal menjalankan kaset Gameshark ini seperti game biasa. Setelah itu kamu tinggal memilih game dan cheat code yang ingin kamu gunakan. Setelah itu langsung masukkan kaset game yang ingin kamu mainkan tanpa mematikan console atau komputer.

Cheat yang dihadirkan di Gameshark beragam tergantung game yang kamu mainkan. Karena hadir di masa yang minim akses internet, mayoritas cheat yang disediakan juga khusus untuk game single player. Selain itu Gameshark punya sangat banyak edisi, dan masing-masing menyimpan cheat untuk game yang berbeda. Bahkan jika dua kaset Gameshark menyediakan cheat untuk satu game yang sama, isi cheat-nya mungkin berbeda.

Pada masa di mana akses internet sangatlah minim dan literasi bahasa Inggris di Indonesia juga masih belum sebagus sekarang, bermain game terkadang jauh lebih menantang dari semestinya. Kamu mungkin tidak tahu apa yang kamu lakukan dan bagaimana cara bermain dengan benar. Saat itu juga masih banyak game yang punya mekanisme yang tidak dijelaskan dengan baik, padahal game tersebut mungkin sangat sulit untuk dimainkan.

nostalgimbot-gameshark-harvest-moon

Bagi pemain yang stuck ketika bermain game, mereka punya dua opsi standar, yaitu berharap terbitnya panduan dari majalah game kesayangan, atau bertukar informasi dengan teman. Tapi terkadang panduan atau tips dari teman tidak akan membantu jika game yang kamu mainkan memang sulit dan kamu bukan pemain yang terlalu mahir. Kamu tidak ingin berhenti bermain karena kamu sudah membeli game tersebut dengan menabung uang jajanmu.

Kamu ingin mendapatkan progres meskipun harus menggunakan cheat, toh kamu memainkan game single player dan tidak akan merugikan orang lain. Atau kamu memang ingin mencoba merasakan punya stamina yang tidak pernah habis di Harvest Moon, atau bisa mengalahkan musuh dengan sekali tebas di God of War, atau tidak pernah kehabisan item di game Digimon, dan seterusnya.

Singkatnya, dulu Gameshark kadang adalah satu-satunya jalan keluar ketika kamu stuck saat sedang bermain game, atau satu-satunya cara untuk membuat game yang kamu mainkan jadi jauh lebih mudah. Tapi sekali lagi, selama tidak diterapkan di game multiplayer, Gameshark adalah salah satu hal yang lumrah dulu.

Hilang Ditelan Zaman

nostalgimbot-gameshark-kaset

Di masanya, Gameshark adalah sebuah benda pusaka yang mungkin cukup dicari. Gameshark keluaran terbaru sering dicari karena berisi game yang mungkin kamu mainkan saat itu. Ketika temanmu punya Gameshark edisi terbaru, kamu akan bertanya cheat game apa saja yang tersedia di sana dan di mana kamu bisa membelinya.

Tapi sekarang game mulai menjadi semakin mainstream. Semakin banyak orang dari berbagai kalangan mulai bermain game, dan developer berusaha agar game mereka dimainkan sebanyak mungkin oleh pemain dari seluruh dunia. Game modern juga menyertakan sistem achievement, sesuatu yang sangat anti dengan cheat. Selain itu berkat akses internet, developer bisa dengan cepat melakukan patch atau tindakan lain ketika ada sesuatu yang tidak beres dengan game mereka.

Tapi bukan berarti cheat seperti Gameshark hilang begitu saja. Banyak game yang mulai menyertakan sebanyak mungkin fitur aksesibilitas, terutama game single player. Fitur ini tidak sebatas tingkat kesulitan yang lebih mudah. The Last of Us 2 misalnya, punya berbagai fitur mulai dari yang membantu pemain buta warna sampai mengurangi kecepatan permainan.

nostalgimbot-gameshark-ps

Bahkan jika developer tidak menyediakan fitur aksesibilitas, kamu bisa mencarinya sendiri. Berkat semakin majunya teknologi, literasi terhadap game, dan akses ke pengetahuan dalam membuat game, pemain juga bisa membuat ‘aksesibilitas’-nya sendiri, atau lebih dikenal dengan sebutan mod. Bahkan jika kamu bermain di PC, mod untuk game yang kamu mainkan bisa kamu akses dengan mudah dan sangat beragam.

Sejatinya, fitur aksesibilitas yang tersedia dalam game adalah mod yang disediakan secara resmi oleh developer. Sementara mod bisa berbentuk salah satu cheat code yang mungkin bisa kamu temukan di Gameshark. Atau dengan kata lain, Gameshark adalah mod yang dijual secara komersil sebelum waktu dan perkembangan zaman membuat mod jadi sesuatu yang dibuat dan dikembangkan oleh sebuah komunitas dan mayoritas tersedia secara publik.

Tersedianya mod secara publik dan gencarnya developer dalam menyediakan fitur aksesibilitas membuat Gameshark kehilangan tempatnya di kalangan pemain. Tapi 20 tahun lalu, ketika temanmu tertawa dan berteriak get good melihatmu kesulitan di sebuah game, Gameshark adalah salah satu pelarian yang paling mudah.

Tapi tentu saja, sebagai pemain yang baik, jangan pernah menggunakan cheat atau mod yang tidak adil ketika kamu bermain game multiplayer. Gunakan alat yang tersedia untuk membuat pengalaman bermainmu sedikit lebih mudah, terutama di saat kamu sangat kesulitan. Tapi di saat yang sama jangan pernah merugikan pemain lain demi tujuan tersebut.

Baca juga: [Nostalgimbot] Mengenang Serunya Game Sim Theme Park di PS1


Kaoru

Hmmm...