[Nostalgimbot] Mengenang Serunya Game Sim Theme Park di PS1


Apa wahana permainan favoritmu di Sim Theme Park Bot?

gimbotpedia serba serbi game sim theme park ps1
gimbotpedia serba serbi game sim theme park ps1

Bagi kamu yang belum tahu, Sim Theme Park adalah nama game yang dirilis untuk versi Amerika dan Brazil (nama lainnya adalah Theme Park World) dan merupakan game simulasi konstruksi dan manajemen bertemakan wahana permainan.

Game ini merupakan sekuel dari game Theme Park tahun 1994. Theme Park World ini dikembangkan oleh Bullfrog Productions dan dirilis oleh Electronic Arts pada tahun 1999. Awalnya game ini dikembangkan untuk Windows, kemudian dilakukan porting ke PlayStation dan PlayStation 2.

Gimbot sendiri yakin semua gamer di PS1 pasti pernah memainkan game fenomenal ini. Game ini memang sangat seru karena kamu akan ditantang untuk jadi pemilik taman hiburan bermain sendiri. Bisakah kamu membuat taman bermain dengan atraksi wahana permainan terbaik dan pengunjung yang banyak? Semua dapat kamu temukan di Sim Theme Park.

BACA JUGA: 5 Fitur Console yang Jarang Sekali Digunakan Gamer

Penasaran dengan game ini? Berikut serba serbi game Sim Theme Park di PS1 yang bisa membuatmu bernostalgia:

1. Pakai Strategi dan Jangan Asal Bangun

gimbotpedia serba serbi game sim theme park ps1-1

Kamu harus mengatur jalur setapak sehingga pengunjung dapat dengan mudah mengakses banyak atraksi wahana permainan dari pintu masuk. Letakan atraksi wahana di kanan, kiri, dan depan pintu masuk tapi jangan terlalu dekat.

Jangan lupa ketika membuat rollercoaster, pastikan jalur setapak dari jalur masuk dan keluar sudah terhubung karena biasanya banyak yang lupa menghubungkannya.

Letakan toko-toko seperti minuman ringan dan kedai burger di tempat yang strategis seperti di tengah atau di antara atraksi wahana sehingga ketika pengunjung tertarik mengunjunginya. Jangan lupa tambahkan tempat penting lainnya seperti kamera keamanan, kamar mandi, dan tempat sampah.

2. Staf, Golden Ticket, dan Golden Key

gimbotpedia serba serbi game sim theme park ps1-2

Kamu membutuhkan staf untuk mengelola taman bermain. Kamu dapat mempekerjakan setidaknya lima tipe staf mulai dari:

  • Mechanic untuk memperbaiki wahana permainan jika rusak dan ingin di-upgrade.
  • Guard untuk menjaga taman tetap aman dari masalah.
  • Janitor untuk membersihkan semua sampah yang ada dan membersihkan kamar mandi.
  • Researcher untuk menemukan sesuatu yang baru dalam meningkatkan wahana dan taman bermain menjadi lebih baik.
  • Entertainer untuk menghibur pengunjung seperti badut dan sulap sehingga pengunjung tidak bosan setelah bermain dari atraksi.

Golden Ticket adalah hadiah yang bisa didapatkan jika mencapai target seperti memiliki 100 pengunjung atau mendapatkan keuntungan $450,000 dalam setahun. Ada 75 Golden Ticket yang bisa digunakan untuk membeli wahana khusus yang tidak bisa diteliti oleh Researcher. Setiap tiga Golden Ticket, kamu akan mendapatkan satu Golden Key yang dapat digunakan untuk membuka taman lainnya.

3. Wahana Permainan Seru di Tiap World

gimbotpedia serba serbi game sim theme park ps1-3

Terdapat empat tipe taman yang bisa kamu mainkan (biasanya disebut Parks atau Worlds). Setiap taman memiliki jenis wahana permainannya masing-masing sesuai namanya. Berikut empat tipe taman yang bisa kamu mainkan di Sim Theme Park:

  • Lost Kingdom: taman dengan nuansa prasejarah dan tema dinosaurus. Lost Kingdom adalah tipe taman pertama yang dapat dimainkan dan kamu bisa mendapatkan Golden Key dan Golden Ticket di sini dengan mudah.
  • Halloween World: taman yang memiliki wahana permainan dengan nuansa horor ala Halloween seperti rumah berhantu. Kamu perlu meng-upgrade wahana ke level yang lebih tinggi seiring dengan meningkatnya permintaan dari pengunjung.
  • Wonderland: taman ini memiliki tema dunia fantasi dan hanya dapat dimainkan jika kamu telah memiliki tiga Golden Key. Sedikit tips, kamu tidak harus melakukan upgrade wahana ke level yang lebih tinggi di taman ini.
  • Space Zone: taman ini adalah yang tersulit dengan tema futuristik seperti pesawat luar angkasa dan alien. Kamu membutuhkan lima Golden Key untuk membukanya.

4. Bisa Pakai Cheat Buat Nambah Uang dan Golden Ticket

gimbotpedia serba serbi game sim theme park ps1-4

Bosan ketika bermain seperti uang yang dikumpulkan dari taman bermain sedikit atau kesulitan mendapatkan Golden Ticket? Kamu bisa menggunakan cheat untuk memudahkanmu bermain.

Misal, untuk mendapatkan uang tambahan atau Extra Money, masukkan kata “BOVINE” sebagai nama panggilan. Kemudian saat bermain, tekan Circle, Square, X. Atau untuk mendapatkan tambahan Golden Ticket, saat bermain tekan Up, Down, Left, Right, Circle, Right, Left, Down, Up, Circle, Circle, Circle, Circle.

Selain itu masih banyak cheat lainnya seperti untuk membuka semua atraksi, uang yang tidak akan ditarik kembali oleh bank dan lainnya.

5. Nikmati Taman Bermain Seperti Pengunjung Pakai Camcorder

gimbotpedia serba serbi game sim theme park ps1-5

Yang perlu diperhatikan adalah tidak semua atraksi harus dibangun tergantung dari permintaan pengunjung atau riset dari Researcher. Lalu, pastikan tiket masuk taman bermain dan atraksi wahana tidak terlalu mahal agar pengunjung tidak protes.

Manajer akan selalu memberikan umpan balik terkait uang ini sehingga kamu bisa terhindar dari masalah keuangan. Jika ingin melihat apakah taman bermain yang kamu bangun sudah menyenangkan atau tidak, kamu bisa menggunakan fitur Camcorder yang akan membuatmu menjadi pengunjung.

Lihat cuplikan video di bawah ini untuk melihat Sim Theme Park.


Arya Adhitya

Game Enthusiast yang jatuh cinta dengan dunia industri gim dan game development. Gim favorit yang dimainkan adalah Gears of Wars, State of Decay, Warframe, The Uncharted.