[Nostalgimbot] 5 Game yang Mempopulerkan Genre Tycoon


Sebelum game modern seperti Cities: Stylines, Planet Zoo, dan Planet Coaster, genre tycoon sempat dipopulerkan oleh game-game ini.

nostalgimbot-game-tycoon-featured

Tycoon adalah genre game yang cukup unik baik dari segi gameplay maupun aspek tantangan dan reward-nya. Sesuai nama lainnya yaitu simulasi bisnis manajemen, kamu diminta untuk mengelola sebuah jenis bisnis, mengelolanya, mendapatkan uang, lalu mengembangkannya jadi lebih besar lagi untuk mendapatkan lebih banyak uang. Bagaimana cara mengelola dan mengembangkannya tergantung pada jenis bisnis yang jadi tema game tersebut.

Karena terbilang cukup unik, genre ini jelas tidak pernah jadi mainstream. Tapi genre ini tetap ada, dan semuanya berkat beberapa game klasik yang cukup populer sekitar 20 tahun lalu.

1. Sim Theme Park

nostalgimbot-game-tycoon-theme-park

Sim Theme Park adalah game di mana kamu harus membangun sebuah taman bermain dengan berbagai macam wahana. Kamu akan memulai dari dua atau tiga wahana sederhana, lalu mendapatkan uang dan kemudian membangun wahana tambahan. Setelah itu kamu akan membangun fasilitas lain, wahan yang semakin beragam, dan pada akhirnya menciptakan taman bermain yang besar.

Tapi membuat taman bermain yang sukses tidaklah mudah. Kamu harus memastikan maintenance wahanamu tidak lebih besar dari jumlah pengunjung yang datang. Tapi di saat yang sama kamu juga harus bisa memastikan pengunjung senang ketika datang bermain di wahanamu. Jika tidak pengunjung akan semakin sedikit dan kamu akan kesulitan untuk mengembangan taman bermainmu.

BACA JUGA: Mengenang Serunya Game Sim Theme Park di PS1

2. Railroads Tycoon

nostalgimbot-game-tycoon-railroads

Sesuai namanya, Railroads Tycoon mengajakmu membangun rel kereta untuk dilintasi oleh kereta yang juga kamu kelola. Karena harus membangun rel, kamu tentu harus membuat lintasan yang akan dilalui kereta yang kamu buat. Selain itu kamu juga harus menentukan tarif yang tepat untuk penumpang atau pengguna jasa keretamu.

Sayangnya kamu bukanlah satu-satunya perusahaan kereta di dalam permainan. Ada perusahaan lain yang juga ingin bersaing dan ingin menjatuhkan perusahaanmu dengan cara seperti memberikan harga/tarif yang lebih bersaing.

3. Zoo Tycoon

nostalgimbot-game-tycoon-zoo

Saya rasa banyak yang pernah mendengar atau bahkan memainkan Zoo Tycoon. Kamu harus mengelola kebun binatang untuk menarik pengunjung dan mendapatkan uang. Atraksi utamamu tentu saja hewan-hewan menarik, eksotis, atau bahkan langka. Selain itu kamu juga harus membuat pengunjung nyaman dengan fasilitas lain seperti tempat makan/minum, toilet, dan hiburan sampingan lain.

Tapi tidak seperti tempat hiburan dengan wahana, setiap hewan punya habitat dan perilakunya sendiri. Hewan pertamamu mungkin suka dengan kandang yang lebih luas dan/atau suka hidup berkelompok. Tapi hewan lain mungkin lebih suka menyendiri dan tinggal di kandang yang lebih kecil dan penuh pohon. Jika tidak bisa membuat hewan ini senang, mereka akan stres dan bahkan cepat mati.

4. Roller Coaster Tycoon

nostalgimbot-game-tycoon-roller-coaster

Kamu mungkin pernah menemui game di mana kamu harus membangun dan taman bermain yang penuh dengan berbagai macam wahana. Tapi di Roller Coaster Tycoon, kamu hanya punya satu jenis wahana utama, yaitu roller coaster. Menariknya, kamu bisa membuat berbagai macam lintasan dengan tema yang menarik. Semakin menarik dan seru lintasan yang kamu miliki semakin banyak pengunjung yang bisa kamu dapatkan, dan semakin banyak uang yang kamu dapatkan untuk mengembangkan taman bermainmu.

Roller coaster sendiri sayangnya bukanlah wahana yang mudah dibangun dan dikelola terutama jika dilihat secara rinci. Pertama, selain biaya, membangun roller coaster cukup memakan tempat. Selain itu lintasan yang tidak dipikirkan dengan baik bisa jadi berbahaya atau terlalu menyeramkan untuk pengunjung, atau bahkan berisiko tinggi.

5. SimCity

nostalgimbot-game-tycoon-simcity

Terakhir tentu saja city builder paling populer di zamannya yaitu serial SimCity. Sesuai namanya, kamu harus memimpin dan membangun sebuah kota dan nol. Kamu harus membangun pemukiman yang jadi tempat tinggal warga lalu wilayah industri dan perkantoran sebagai lapangan kerja untuk memutar ekonomi agar kotamu bisa berkembang. Tapi selain itu kamu harus mengelola hal lain seperti listrik, air, dan fasilitas layanan seperti sekolah, kantor polisi, dan lainnya.

Mengelola kota bukanlah hal yang mudah, bahkan di dalam game sekalipun. Jika membuat kesalahan, kamu bisa saja tidak mendapatkan neraca yang positif dan harus berhutang hanya agar kotamu bisa bertahan. Wargamu bisa juga tidak bahagia karena masalah lain seperti kurangnya lapangan kerja, masalah keamanan, hingga masalah lalu lintas. Semua hal kecil harus kamu perhatikan agar kamu bisa membuat kota yang ideal untuk wargamu.


Genre tycoon jelas bukan yang paling populer bahkan hingga hari ini. Tapi genre ini tetap punya daya tarik dan basis penggemarnya sendiri. Hari ini, kamu bisa menemui game tycoon seperti Planet Zoo, Planet Coaster, dan Cities: Skylines. Semua game modern ini tentu tidak akan bisa hadir jika genre tycoon sendiri tidak dipopulerkan oleh game-game di atas yang jadi pendahulunya.


Kaoru

Hmmm...