Selagi Capcom Belum Merilis Mega Man X9, Mighty No. 9 Masih Alternatif Terbaik


Penggemar Mega Man orisinal sudah mendapat Mega Man 11. Megaman Zero sudah diteruskan Azure Striker Gunvolt. Bagaimana dengan Mega Man X?

Mighhty No.9 Masih Alternatif Terbaik Mega Man X9

Gimbot masih ingat ketika Mighty No. 9 baru pertama kali dirilis. Berbagai media, YouTuber, dan kritikus game ramai-ramai menghujatnya sebagai sebuah game yang gagal. Kualitas visual di bawah standar, strategi marketing aneh dan membuat cringe, hingga janji-janji Kickstarter yang tak terpenuhi membuat game buatan Comcept dan Inti Creates ini banyak dibenci.

Gimbot sendiri termasuk salah satu pihak yang tidak membenci Mighty No. 9. Memang benar, game ini mengandung sejumlah kekurangan, tapi bukan berarti Mighty No. 9 tidak punya aspek menarik sama sekali. Di dalamnya ada tingkat kesulitan yang menantang, kontrol responsif, desain karakter yang cukup keren, serta desain level yang membuat kita memutar otak. Bukan game yang sempurna, tapi melihat ke belakang, seri Mega Man juga tak selalu sempurna, dan itu tak menghalangi Gimbot untuk jadi penggemar setia.

Kualitas visual Mighty No. 9 tak setara game AAA | Sumber: Steam

Hal yang paling penting, Gimbot merasa bahwa Mighty No. 9 benar-benar berhasil menjadi sebuah game dengan “feel” yang mirip seri Mega Man X. Aksi run and gun, di mana kita terus bergerak maju dan terus menembak seluruh musuh yang ada di layar, terasa sangat menyenangkan. Namun di sini Comcept juga menambahkan elemen gameplay baru yang membuatnya berbeda dari Mega Man X, yaitu Xel Absorb. Tak cukup menembak, kita juga harus menabrak musuh (dash) untuk mengalahkannya.

Kalau Mega Man X adalah run and gun, Mighty No. 9 adalah run and gun and dash. Bisa dibilang, Comcept telah menciptakan sebuah subgenre baru di dalam genre side-scrolling action. Game ini punya kemiripan dengan seri Mega Man X, tapi juga tak lupa menghadirkan identitas sendiri yang membuatnya unik.

Fitur Xel Absorb membuat Mighty No. 9 terasa unik | Sumber: Steam

Beberapa tahun setelah Mighty No. 9, secara tak terduga Capcom membangkitkan kembali seri Mega Man lewat judul terbarunya, Mega Man 11. Game ini mendapat penerimaan yang sangat baik di pasaran, tapi bagi Gimbot, Mega Man 11 justru terlihat tak begitu menarik. Alasannya karena Gimbot bukanlah fans dari seri Mega Man orisinal, di mana si Blue Bomber tidak memiliki kemampuan dash. Gimbot lebih menyukai seri Mega Man X dan Mega Man Zero, yang lebih cepat, lebih dahsyat, dan lebih keren.

Kini kita tiba di tahun 2020. Penggemar seri Mega Man orisinal sudah terpuaskan dengan Mega Man 11. Penggemar seri Mega Man Zero juga bisa move on karena kini ada seri Azure Striker Gunvolt yang merupakan penerus sempurna Mega Man Zero. Sementara penggemar seri Mega Man X… hanya bisa gigit jari?

20XX, terinspirasi dari Mega Man X | Sumber: Steam

Ada sih game lain yang punya kemiripan dengan Mega Man X, misalnya Cuphead atau 20XX. Tapi “feel” yang diberikannya masih tidak sama. Cuphead tidak memiliki latar belakang sci-fi seperti Mega Man X, sementara 20XX menggunakan desain level prosedural ala roguelike. Seri Mega Man X, tidaklah seperti itu.

BACA JUGA: Sambil Menunggu Mega Man Zero/ZX Legacy Collection, Ayo Kenali Zero Lebih Dekat!

Sebetulnya bukan berarti Capcom tak punya proyek Mega Man X sama sekali. Dalam waktu dekat mereka akan merilis Mega Man X Dive, sebuah game mobile berbasis seri Mega Man X yang beberapa bulan lalu sudah melewati tahap closed beta. Game tersebut terlihat cukup menjanjikan, tapi bagaimana pun juga ini game mobile free-to-play. Bisa dibayangkan kira-kira gaya permainan dan kontennya akan seperti apa: pastinya tidak akan sama dengan seri Mega Man X yang sesungguhnya.

Gimbot masih berminat untuk mencoba Mega Man X Dive, tapi Gimbot juga berharap Capcom segera meluncurkan proyek Mega Man X baru. Entah itu Mega Man X9, atau judul spin-off, atau remake, apa pun boleh, asalkan benar-benar sebuah game Mega Man X sejati. Apalagi Mega Man 11 tergolong sukses. Harusnya hal itu sudah cukup untuk menunjukkan pada Capcom bahwa si Blue Bomber masih punya banyak peminat.

Selagi proyek Mega Man X9 itu belum ada, sepertinya Mighty No. 9 masih merupakan alternatif terbaik. Pilihan lain adalah memainkan judul-judul Mega Man X lama lewat Mega Man X Legacy Collection 1&2 yang dirilis tahun 2018 lalu. Sayangnya, saat ini Gimbot sedang tidak berada dalam mood untuk bernostalgia.


Ayyub Mustofa

Jarang main game sampai tamat kecuali untuk review. Menyukai hampir semua genre, dan hingga kini masih menunggu kemunculan Megaman X9.