Mega Man X DiVE Capai 1 Juta Unduhan, Capcom Rilis Karakter dari Mega Man X: Command Mission

Setelah launching yang cukup bermasalah, Capcom telah banyak melakukan perbaikan dan ini tercermin dari peningkatan rating di Google Play.


Mega Man X DiVE (atau Rockman X DiVE) adalah game yang cukup bermasalah di awal peluncurannya. Mulai dari koneksi tak stabil hingga bug yang membuat save data hilang, banyak pemain yang kecewa sehingga game ini mendapat rating sangat jelek di Google Play. Nilai rating itu sempat menyentuh angka 2,1 dari 5 bintang, cukup menyedihkan apalagi mengingat game ini membawa bendera perusahaan besar seperti Capcom.

BACA JUGA: Mega Man X DiVE Lebih Terasa Seperti Game Contra Daripada Mega Man

Untungnya para developer di Capcom Taiwan terus bekerja keras untuk memperbaiki masalah-masalah tersebut. Kini Mega Man X DiVE sudah lebih layak untuk dimainkan, dan ini tercermin dari nilai rating yang meningkat hingga ke angka 3,6 (saat artikel ini ditulis). Capcom juga mengumumkan bahwa Mega Man X DiVE telah berhasil mencapai angka 1 juta unduhan.

Sumber: Google Play

Untuk memperingati milestone tersebut, Capcom sudah menyiapan sejumlah event dan konten baru di dalam game. Pertama adalah bonus imbalan apabila kamu login selama seminggu mulai dari tanggal 16 April 2020. Pemain juga bisa memperoleh EXP lebih banyak selama periode tersebut, dan mengumpulkan token khusus yang dapat ditukar dengan berbagai item menarik.

Sebagai pelengkap, Capcom menambahkan konten baru berupa karakter bernama Ferham. Dulunya karakter ini muncul sebagai musuh di Mega Man X: Command Mission, salah satu spin-off seri Mega Man di PS2 yang memiliki genre RPG. Ferham hadir sebagai karakter dengan peringkat kelangkaan S, jadi selamat menguji keberuntungan bila kamu ingin mendapatkannya.

Bersamaan dengan Ferham, Capcom juga menambahkan sebuah senjata baru yang bisa digunakan oleh semua karakter, bernama Destroyer. Senjata ini adalah meriam yang menembakkan bola-bola energi. Kecepatan tembak (rate of fire) yang dimilikinya sedikit rendah, namun setiap tembakan dapat menghasilkan kerusakan cukup tinggi.

Mega Man X DiVE dapat kamu mainkan secara gratis di iOS dan Android. Menurut saya game ini cukup seru dan dapat membangkitkan rasa nostalgia di kalangan penggemar si Blue Bomber. Akan tetapi masih ada beberapa kekurangan, seperti sistem kontrol yang kurang nyaman serta karakter-karakter yang kehilangan ciri khas aslinya. Kalau kamu merasa kekurangan itu tidak akan banyak mengurangi kesenangan, Mega Man X DiVE cukup asyik untuk dimainkan.


Ayyub Mustofa

Jarang main game sampai tamat kecuali untuk review. Menyukai hampir semua genre, dan hingga kini masih menunggu kemunculan Megaman X9.