Bagaimana Microsoft dan Xbox akan Bersaing di Masa Depan? Ini Fakta-Faktanya!


Xbox One memang untuk saat ini belum bisa menyaingi PS4, tapi sepertinya Microsoft dan Xbox memiliki strategi untuk masa depan. Apa itu?

microsoft dan xbox

Microsoft dan Xbox bukanlah pelaku yang asing dalam industri game. Xbox sering digadang-gadang menjadi pesaing berat Sony dan Playstation-nya.

Sayangnya untuk generasi Playstation 4 (PS4) dan Xbox One (XB1), Microsoft sepertinya kewalahan. Microsoft dan Xbox belum bisa mengimbangi gencaran penjualan PS4 yang mencapai lebih dari 2x lipat penjualan XB1.

Dilansir dari vgchartz, PS4 dari data penjualan hingga Oktober 2018 mencapai penjualan sebanyak 84 juta unit dan XB1 sendiri hanya mencapai penjualan sebanyak 39 juta unit.

Meskipun begitu, sepertinya Microsoft dan Xbox memiliki strategi sendiri dalam persaingan, terutama di industri game masa depan. Hal ini bisa dilihat dari berbagai fakta-fakta yang telah dilakukan oleh Microsoft. Apa sajakah itu? Yuk kita simak bosquee!

BACA JUGA: 3 Gosip yang Beredar Mengenai Rilisnya Playstation 5

1. Tidak Terpaku pada Satu Console

Sumber: ExtremeTech

Microsoft diisukan sedang mengembangkan Xbox terbaru. Kabarnya Xbox ini dipersiapkan untuk bersaing dengan Playstation 5 yang diisukan sedang dikembangkan oleh Sony.

Hal yang menarik, berdasarkan laporan dari digital trends, pada E3 2018 kemarin saat sesi Microsoft presentasi, Phil Spencer bos dari Xbox mengatakan bahwa memang mengembangkan console terbaru, akan tetapi Spencer tidak menyebutkan console melainkan consoles yang seakan-akan sedang mengembangkan platform selain Xbox.

Hal menarik lainnya, Xbox Scarlett diisukan hanya fokus pada cloud service, yang artinya semua game yang ditawarkan akan berbasis kepada layanan streaming, bukan diunduh dan diinstal terlebih dahulu.

2. Proyek xCloud

microsoft dan xbox

Microsoft dan Xbox sedang menyiapkan sebuah layanan game yang sebenarnya bukanlah hal yang aneh, yaitu sebuah game streaming. Proyek ini diberi nama xCloud.

Satu hal yang menjadi keunggulan utama xCloud adalah kamu bisa memainkan game secara streaming di manapun dan kapanpun. Makna di manapun ini bukan hanya sekedar kamu berpindah tempat, tapi juga berpindah platform.

Yap, kamu bisa memainkan game-game yang ada di xCloud melalui platform manapun. PC bahkan mobile bisa memainkan berbagai game selama terdapat koneksi internet.

3. Layanan Xbox Live akan Cross Platform

Minecraft Cross-Play dengan Nintendo Switch

Layanan Xbox Live dikabarkan akan diperluas dengan menjadikannya cross platform. Kabar ini berdasarkan dari tuitan Avers yang berasal dari bocoran jadwal Game Developers Conference 2019, yang akan diadakan pada bulan Maret 2019 nanti.

Pada tuitan dari Avers, menunjukkan Microsoft akan merilis sebuah SDK (Software Development Kit) di mana para pengembang game bisa melakukan cross-platform game-game mereka dari Android, iOS, bahkan Switch ke Xbox Live dan juga PC melalui Microsoft Store.

https://platform.twitter.com/widgets.js

Microsoft dan Xbox sepertinya memang telah menyusun strategi bisnis dalam jangka panjang. Mereka ingin membuat sebuah layanan terbaru yang berbasis cloud.

Kelebihan platform berbasis cloud ini adalah menjadikan kita bisa bermain game di mana saja, kapan saja dan menggunakan platform apa saja. Dengan begini menjadikan Microsoft lebih luas dalam menggarap industri game.

microsoft dan xbox

Hanya saja yang menjadi ambigu adalah mau ke mana Xbox diarahkan? Padahal Xbox sudah memiliki kesan bahwa dirinya adalah console. Terlebih adanya isu Xbox Scarlett sedang dikembangkan.

Jika ujung-ujungnya Xbox Scarlett hanya berbasis cloud, apa tujuannya orang-orang membeli Xbox Scarlett? Toh, ujung-ujungnya bisa dimainkan dari seluruh platform?

Kita lihat saja nanti bagaimana ke depannya!


Rizal Ziz

Seorang penulis yang senang mencari experience.. hobi membaca agar mendapatkan skill, senang berlatih agar bisa naik level.. dan senang hunting agar bisa mendapatkan item-item langka yang jika dijual dapat harga mahal..