Microsoft Dulu Ingin Akuisisi Nintendo untuk Jadikan Game Eksklusif di Xbox


Wow, apa jadinya kalo Nintendo beneran dibeli ama Microsoft yah Bot?

microsoft akuisisi nintendo untuk game eksklusif xbox-0

Bagi kamu yang belum tahu, sebelum Original Xbox dirilis, Microsoft berniat akuisisi EA, Square, Midway, bahkan Nintendo untuk menjadikan mereka sebagai game eksklusif di Xbox. Hal ini terjadi sebelum kesepakatan berakhir pada Bungie dan Halo.

Dilansir dari Bloomberg, ketika Original Xbox sebagai generasi dari Xbox pertama akan dirilis, beberapa eksekutif Microsoft membahas upaya akuisisi beberapa perusahaan game besar.

Perusahaan pertama yang coba didekati adalah EA yang memang kala itu sedang mendominasi industri game. Namun, pada saat itu Bob McBreen selaku Head of Business dari EA menolak tawaran tersebut dan membuat Microsoft akhirnya beralih ke Nintendo.

BACA JUGA: 5 Game Fitness/Olahraga untuk Nintendo Switch untuk Kamu yang Ingin Berkeringan di Rumah

Steve Ballmer yang saat itu menjabat sebagai CEO Microsoft meminta Kevin Bachus yang bertanggung jawab untuk proses akuisisi menemui Nintendo untuk melihat apakah mereka mau mempertimbangkan untuk diakuisisi. Secara tidak diduga adalah petinggi Nintendo hanya tertawa terbahak-bahak. Yang menandakan bahwa hal tersebut sangat tak mungkin untuk terjadi.

Bob McBreen sendiri menambahkan bahwa mereka memiliki Nintendo di gedung kantor pada bulan Januari 2000 untuk mengetahui detail spesifikasi teknis Xbox yang sedang dikembangkan. Penawaran akuisisinya adalah terkait perangkat keras. Jadi, Microsoft menawarkan perangkat keras kepada Nintendo di mana Nintendo bersedia menjadi game eksklusif di Xbox. Sayangnya usaha ini tidak berhasil.

Akuisisi Square juga menemui kegagalan karena pihak Square merasa bahwa harga yang ditawarkan terlalu rendah. Lalu, Midway Games yang terkenal karena game Mortal Kombat miliknya juga tidak jadi karena kesepakatan yang ditawarkan nilainya tidak sesuai dengan mereka.

Beruntung, Microsoft saat itu juga menghubungi Bungie dan menanyakan tentang akuisisi. Kesepakatan berhasil dan Bungie membuat Halo yang menjadi salah satu game waralaba paling ikonik di Xbox.

Menurutmu, jika dulu akuisisi EA hingga Nintendo berhasil dilakukan oleh Microsoft, apa yang akan terjadi Bot?


Arya Adhitya

Game Enthusiast yang jatuh cinta dengan dunia industri gim dan game development. Gim favorit yang dimainkan adalah Gears of Wars, State of Decay, Warframe, The Uncharted.