Cara Menggunakan dan Menangkap Pokemon dengan Poke Ball Plus di Pokemon Go


menggunakan-poke-ball-plus-untuk-pokemon-go-featured

Dalam artikel terpisah, kami sempat mengajarkan bagaimana cara menghubungkan Poke Ball Plus dengan aplikasi Pokemon Go di smartphone kamu. Dengan begitu kamu bisa menangkap Pokemon tanpa harus terus membuka aplikasi Pokemon Go di tengah jalan.

Hanya saja Poke Ball Plus itu sendiri hanya berbentuk bola dengan dua tombol. Tidak ada layar atau indikator apa-apa selain lampu yang mengitari salah satu tombolnya. Lampu ini juga akan sesekali menyala dengan warna yang berbeda-beda.

Dalam aplikasi Pokemon Go sendiri tidak ada tutorial cara menggunakan Poke Ball Plus atau arti dari lampu indikator. Karena itu kami akan mengajarimu bagaimana menangkap Pokemon dengan Poke Ball Plus serta arti dari tiap warna lampu yang diperlihatkan.

Bertemu Pokemon atau Pokestop

menggunakan-poke-ball-plus-untuk-pokemon-go-2

Ketika sudah terhubung, Poke Ball Plus biasanya diam sampai kamu menemukan Pokemon liar atau berada di dekat Pokestop. Selagi berjalan, kamu akan sesekali melihat lampu indikator Poke Ball Plus kamu menyala dan bergetar.

Tiap pola getaran selalu dipasangkan dengan warna yang sama. Ini untuk memudahkan kamu mengidentifikasi apa yang terjadi ketika kamu menyimpan Poke Ball Plus di dalam saku sambil memegangnya. Berikut adalah arti dari masing-masing warna lampu dan pola getaran yang akan muncul:

  • Lampu menyala berwarna biru dan tiga pasang getaran berarti kamu berada di dekat Pokestop
  • Lampu menyala berwarna hijau dan tiga getaran panjang berarti kamu menemukan Pokemon yang sudah pernah kamu tangkap sebelumnya alias sudah ada di Pokedex
  • Lampu menyala berwarna kuning dan tiga getaran tidak seragam berarti kamu menemukan Pokemon yang belum pernah kamu tangkap atau belum masuk dalam Pokedex
  • Lampu menyala berwarna merah dan bergetar belan berarti kamu kehabisan Pokeball atau ada masalah dengan koneksi Poke Ball Plus kamu. Buka notifikasi smartphone untuk melihat apa yang terjadi.

Menangkap Pokemon atau Mengambil Item di Pokestop

menggunakan-poke-ball-plus-untuk-pokemon-go-1

Ketika Poke Ball Plus mengeluarkan indikator bahwa kamu menemukan Pokemon liar atau berada di dekat Pokestop, kau hanya perlu menekan tombol di bagian atas Poke Ball Plus. Ini akan membuat kamu mengambil item di Pokestop atau menangkap Pokemon tersebut.

Setelah menekan tombol atas Poke Ball Plus, kamu akan melihat salah satu indikator di bawah, entah sendirian atau secara bergantian.

  • Lampu berwarna putih berarti kamu sedang menangkap Pokemon yang kamu temui
  • Lampu berwarna merah berarti Pokemon yang sedang kamu tangkap berhasil kabur. Jika ini terjadi ketika kamu mengambil item di Pokestop, itu berarti item di tas kamu penuh dan kamu tidak bisa mengambil item.
  • Lampu warna-warni berarti kamu berhasil menangkap Pokemon yang kamu temui. Pokemon tersebut masuk ke koleksi kamu dengan otomatis.

That’s it! Sederhana bukan? Satu-satunya kelemahan ketika menggunakan Poke Ball Plus adalah kamu tidak bisa melihat Pokemon apa yang kamu tangkap. Dalam notifikasi smartphone pun kamu hanya akan diberi pesan bahwa kamu berhasil menangkap satu Pokemon. Namun itu adalah harga yang kecil dibanding kemudahan yang kamu dapatkan.

Ingat, kamu bisa menangkap Pokemon dengan Poke Ball Plus hanya selama Poke Ball Plus ini terhubung dengan Pokemon Go yang aktif di smartphone kamu. Karena itu pastikan Bluetooth smartphone kamu terus aktif dan aplikasi Pokemon Go tetap aktif paling tidak di background.

Jika Poke Ball Plus tidak memberikan reaksi apa-apa, buka aplikasi Pokemon Go dan cek icon Poke ball di bagian kanan atas layar untuk memeriksa. Jika icon Pokeball tersebut tidak disertakan dengan warna hijau di tengah, berarti koneksi Poke Ball Plus kamu terputus atau baterainya habis.


Dengan kemudahan yang ditawarkan, Poke Ball Plus ini jelas layak dimiliki jika kamu memang pemain Pokemon Go dan Pokemon Let’s Go Eevee/Let’s Pikachu di Nintendo Switch. Ngomong-ngomong Pokemon Let’s Go Eevee/Let’s Pikachu, kamu juga bisa menghubungkan Pokemon Go dengan Pokemon Let’s Go Eevee/Let’s Pikachu. Tapi itu akan kita bahas di artikel berikutnya.

Sumber gambar: Slashgear


Like it? Share with your friends!

Kaoru