Ketika Game Menghadirkan Gameplay Unik Lewat Perangkat Bermainnya


Meskipun jarang, kadang ada game yang menghadirkan mekanisme unik memanfaatkan bagian yang tidak biasa dari perangkat mainmu.

mekanik-game-unik-featured

Game biasanya menantangmu untuk memecahkan masalah menggunakan alat dan aturan yang disediakan. Misalnya kalau bermain Mario berarti kamu melompat, kalau bermain Street Fighter kamu menyerang dan menangkis, dan seterusnya. Semuanya biasanya kamu lakukan dengan menekan tombol di controller atau mouse dan keyboard.

Namun kadang ada beberapa game yang mencoba memanfaatkan perangkat bermainmu dengan cara yang tidak biasa.

Salah satu contoh umum game memintamu menyelesaikan tantangan tidak dengan menekan tombol adalah menggunakan gyro. Contohnya ketika bermain di Nintendo Switch saat ini, beberapa game memanfaatkan fitur gyro pada JoyCon atau Pro Controller. Splatoon 3 misalnya dianggap lebih mudah dimainkan jika kamu memanfaatkan gyro untuk aiming.

mekanik-game-unik-ddlc1

Beberapa game mencoba lebih dari itu dan jauh lebih unik terutama jika game itu tersedia di PC. Salah satu contoh untuk ini adalah Doki Doki Literature Club.

Buat yang tidak tahu, Doki Doki Literature Club adalah game visual novel anime yang biasa saja tapi tiba-tiba menjelma menjadi game horor. Ketika mencapai akhir permainan, kamu harus secara manual menghapus satu karakter dari game-nya. Maksudnya tidak sekadar membuka menu di game saja, melainkan membuka direktori game Doki Doki Literature Club di PC-mu, menemukan folder berisi file karakter, lalu menghapus file karakter yang dimaksud.

Mekanisme tersebut tentu ide cemerlang karena memanfaatkan fakta bahwa Doki Doki Literature Club saat itu dimainkan di PC. Sebagai perbandingan, ketika Doki Doki Literature Club rilis di Nintendo Switch, developer Dan Salvato harus melakukan sedikit modifikasi dan membuat direktori bohongan di menu. Meskipun mencapai tujuan yang sama, pengalaman yang kamu dapatkan berbeda karena direktori bohongan tidak sama dengan benar-benar membuka folder di PC-mu dan mencari file yang dimaksud.

mekanik-game-unik-ddlc2

Hal unik lain juga diterapkan di game Before Your Eyes. Sekilas, game ini terlihat seperti walking simulator biasa di mana kamu cuma perlu mengikuti percakapan yang ada sambil melihat makna dan cerita di balik objek. Namun game ini memanfaatkan webcam yang ada di PC atau laptop-mu untuk mendeteksi apakah kamu berkedip atau tidak. Jika berkedip, waktu akan bergerak sangat cepat dan orang-orang di depanmu tiba-tiba akan bertambah tua. Momen yang mungkin indah jadi terlewat hanya karena kamu tidak sengaja berkedip.

Memang, tidak semua orang memasang webcam di PC mereka. Meskipun begitu Before Your Eyes tetap punya ide menarik dengan menggunakan peripheral yang sering ditemui di PC dan pasti tersemat di laptop menjadi sembuah mekanisme gameplay. Tidak hanya itu, mekanisme gameplay tersebut justru jadi salah satu poros pengalaman game-nya.

mekanik-game-unik-inscryption

Game kartu Inscryption juga sedikit memanfaatkan posisinya sebagai game PC dan Steam dengan cara yang unik. Salah satu bos di game ini miliki kartu dengan foto teman Steam-mu. Lalu satu bos lain memintamu membuka dan memilih salah satu folder yang kamu anggap penting lalu menjadikannya taruhan dalam pertandingan. Kalau kamu kalah, ia akan mengancamu menghapus file tersebut.

Sayangnya, ide-ide unik ini jarang ditemui di console karena apa yang bisa kamu biasanya tidak bisa mengakses apa-apa selain game library, Shop, atau galeri. Satu-satunya hal unik yang saya ingat sejauh ini adalah bagaimana P.T. membuat teka-teki yang solusinya baru terungkap jika kamu memasang mic di audio jack controller PS3 lalu menyebutkan nama tertentu.


Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Kaoru

Hmmm...