Iconoclasts – Layak Beli atau Tidak?


Dari banyak game indie platfomer dan metroidvania, harus saya akui Iconoclasts adalah salah satu yang terbaik yang bisa kamu dapatkan.

layak-beli-tidak-iconoclast-featured

Game indie adalah tempat untuk menemukan berbagai macam game platformer. Kamu bisa menemukan banyak subgenre, mulai dari platformer murni seperti Celeste hingga metroidvania seperti Hollow Knight. Saking banyaknya, menentukan dan mencari game indie platformer mana yang bagus bisa menjadi kesulitan tersendiri karena meskipun ada banyak game indie yang keren, tidak sedikit juga yang biasa saja atau mungkin tidak cocok untukmu.

Salah satu game yang sering direkomendasikan untuk mereka yang suka platformer dan metroidvania adalah Iconoclasts. Jika dilihat sekilas, visualnya tentu langsung menarik perhatian mereka yang suka dengan pixel art. Tapi selain visual, apakah game ini memang seru dan layak kamu coba?

Dari Pistol Hingga Kunci Inggris Pemancar Listrik

layak-beli-tidak-iconoclast-visual

Meskipun punya visual yang menarik sebagai daya tarik awal, kualitas utama yang dimiliki Iconoclasts jelas terletak pada gameplay-nya. Singkatnya, game ini sukses menggunakan dan yang lebih penting lagi, memaksimalkan genre metroidvania berkat desain levelnya yang menarik.

BACA JUGA: Rekap PS5 PlayStation Showcase: God of War Ragnarök Unjuk Gigi

Kamu akan memulai permainan dengan gerakan yang sederhana yaitu melompat, merangkak, menembak dengan pistol, dan memanjat ujung tebing. Setelah menghadapi bos pertama, kamu akan mulai mengembara dan seiring perjalanan akan menemukan ability baru. Pistol yang awalnya hanya bisa menembakkan peluru biasa kemudian bisa menembakkan bom. Selain itu kamu juga akan mendapatkan kunci inggris yang bisa kamu gunakan untuk bergelantung di objek tertentu. Kunci inggris ini kemudian bisa digunakan untuk menciptakan efek listrik yang mengaktifkan objek tertentu yang mungkin menghalangi perjalananmu, serta bisa kamu gunakan untuk bertarung dan menjadi satu-satunya cara untuk melakukan counter atau mementalkan projektil lawan. Semua upgrade tersebut akan kamu dapatkan satu per satu seiring progres permainan.

Tantangan yang Variatif di Setiap Level

layak-beli-tidak-iconoclast-tantangan

Satu hal yang membuat gameplay Iconoclasts berkesan adalah bagaimana setiap area menantangmu untuk memanfaatkan semua ability yang kamu miliki dan dapatkan. Memang, sebuah area baru akan didesain dengan fokus mengajarkanmu menggunakan ability baru yang kamu dapatkan. Tapi di sela-sela itu kamu juga dituntut untuk ingat dan menggunakan ability lain yang sudah kamu dapatkan sebelumnya.

Misalnya di sebuah area yang punya banyak ruangan gelap, kamu tentu dituntut menggunakan efek listrik yang ada pada kunci inggrismu untuk menerangi ruangan. Tapi selain itu kamu tetap harus ingat menggunakan bom untuk menggeser sebuah platform dari jarak jauh. Lalu di tengah menelusuri area tersebut untuk pertama kalinya kamu akan menemukan bos yang hanya bisa dikalahkan jika kamu menggunakan counter, kemampuan yang diperkenalkan kurang lebih dua area sebelumnya.

layak-beli-tidak-iconoclast-kunci

Rintangan yang bervariasi dan menuntut solusi yang berbeda ini tidak hanya terletak di level platforming saja. Bos yang kamu temui juga harus kamu kalahkan dengan cara yang unik dan beragam. Tadi kita sudah membahas musuh yang baru bisa diserang jika kamu meng-counter serangannya. Tapi selain itu ada juga bos yang tidak bisa kamu kalahkan dan akan mengejarmu dengan serangan yang kuat. Cara untuk lolos adalah memecahkan kurungan kaca tempat NPC yang ingin kamu selamatkan terjebak. Artinya kamu harus beberapa kali memancing bos tersebut ke posisi yang cukup jauh lalu sedikit demi sedikit memukul kurungan kaca tersebut sampai pecah.

Jangankan bos, bahkan musuh biasa pun punya cara yang berbeda untuk dikalahkan. Ada yang bisa kamu tembak seperti biasa, ada yang harus ledakkan dengan peluru bom, ada yang harus kamu injak, bahkan ada yang tidak bisa kamu bunuh dan harus kamu pancing agar jatuh ke jurang duri. Singkatnya, sepanjang perjalanan, Iconoclasts menantangmu dengan berbagai rintangan dan musuh yang harus dihadapi dengan cara yang berbeda dan unik.

layak-beli-tidak-iconoclast-heli

Hadirnya karakter NPC juga menambah keseruan dalam game ini. Mereka adalah karakter yang membantumu dalam cerita, tapi di saat yang sama juga mengemban masalah pribadinya yang mereka ceritakan sepanjang perjalanan. Cerita dan keterlibatan para karakter ini juga cukup unik karena beberapa di antara mereka tidak akur tapi kebetulan sama-sama punya hubungan denganmu sang karakter utama.

Tapi para NPC ini tidak hanya menjadi karakter yang ada di belakangmu tapi tidak melakukan apa-apa. Dalam beberapa kesempatan, NPC ini akan membantumu menghadapi bos dengan ability dan cara mereka sendiri. Beberapa bos bahkan mengizinkanmu mengendalikan karakter utama dan NPC ini secara bergantian. Bahkan di beberapa momen kamu akan bermain dengan karakter NPC ini yang tentu saja punya kemampuan uniknya sendiri.

Sekali lagi, pengalaman permainan yang selalu berubah ini membuat Iconoclasts tidak pernah menjemukan. Setiap mendapatkan progres kamu dijamin akan disajikan dengan sesuatu yang baru.

layak-beli-tidak-iconoclast-ivory

Satu-satunya yang mungkin kurang dari Iconoclasts adalah feel eksplorasinya yang tidak terlalu terasa. Kamu tetap akan mengunjungi lokasi yang sama beberapa kali karena lokasi tersebut punya rintangan yang belum kamu lewati karena perlu ability tertentu. Tapi selain beberapa titik yang menyimpan harta karun di beberapa area, progres Iconoclasts masih tergolong linier.

Di luar dari itu, Iconoclast adalah salah satu game platformer metroidvania yang sukses memanfaatkan daya tarik utama genre ini yaitu memperkenalkan berbagai ability dan memiliki desain level yang memanfaatkan semua ability tersebut. Jika kamu ingin game metroidvania dengan tantangan dan rintangan yang unik, Iconoclast adalah salah satu yang wajib kamu coba.


Kaoru

Hmmm...