Komentar Hideo Kojima Terkait Masa Depan Industri Game


Menurut Kojima masa depan game akan berubah!

Hideo Kojima

Hideo Kojima, CEO dari Kojima Production memang merupakan salah satu orang paling berpengaruh di industri game. Idenya dalam membuat game sekelas Metal Gear Solid membuat para gamer di dunia ini tentu kagum dengan ide-ide briliannya.

Saat ini Kojima sedang membuat sebuah game eksklusif untuk PlayStation 4 bernama Death Stranding. Game yang bakal meluncur pada 8 November 2019 ini telah meluncurkan sebuah trailer panjang dan gamer, seperti biasa selalu mengantisipasi apa yang Hideo Kojima persembahkan.

Sebagai salah satu sosok berpengaruh di industri game, Kojima mendapatkan sebuah kesempatan untuk menjadi seorang panelis di Comic-Con 2019. Selama menjadi panelis, Kojima membahas masa depan industri game di masa depan.

BACA JUGA: Gameplay Avengers Bocor di Acara San Diego Comic Con 2019

Menurut mantan karyawan Konami ini, dari lima hingga 10 tahun mendatang, industri game bakal sangat menarik khususnya di industri game stream berbayar atau kita bisa menyebutnya platform streaming.

Menurut Kojima, platform streaming bakal memberikan pengaruh yang cukup signifikan di masa depan. Hal ini dikarenakan batas industri game dan film itu memiliki batas yang tipis.

Game juga bakal streaming,” tutur Kojima berdasarkan bukti jika idustri film saat ini sudah memiliki banyak platform streaming berbayar.

Hideo Kojima

“Dalam waktu dekat, game dan film akan semakin dekat, dalam kategori yang sama. Jadi saya pikir kita akan memasuki era dengan banyak kemungkinan. Tidak hanya bersifat interaktif atau non-interaktif, akan ada sesuatu yang berbeda juga,” lanjut Kojima.

Hideo Kojima

Kojima menambahkan bahwa lima tahun ke depan, cara pendistribusian game bakal berubah mengikuti apa yang film dan musik lakukan.

BACA JUGA: Setelah Limbo, Epic Games Store Bakal Berikan Dua Game Gratis

“Jadi dalam lima tahun ke depan, semuanya akan berubah. Film, musik, permainan, bagaimana kami mendistribusikan, bagaimana kami berbagi satu sama lain, pasti akan berubah, sebagaimana sebuah seni,”

Hideo Kojima

Tak hanya itu, Kojima juga memberikan candaan bahwa dalam 10 tahun ke depan, industri kreatif bakal digempur oleh AI.

“AI akan membuat remake atau sekuel secara otomatis. Jadi siapa yang akan menang di era AI ini?,”

Hideo Kojima

Dalam kesempatan tersebut, Kojima juga memberikan pemaparan soal salah satu karakter di Death Stranding, Heartman.


Pentombled

Main game gak bakal bikin masa depan suram. Yang bikin suram adalah ketika lo malas berbuat sesuatu! Happy gaming.