Kebiasaan Buruk yang Membuat PC Game Kamu Turun Performa


pc game
Sumber: Geforce Gaming

PC game adalah salah satu platform bermain gim yang sangat umum dimainkan.

Kelebihan dari PC game adalah kita bisa mengatur performa yang kita inginkan sesuai budget, dari PC game versi hemat hingga PC game versi high-end yang bisa memainkan berbagai gim dengan pengaturan grafis ultra quality.

Terkadang tidak semua gamer memiliki kebiasaan yang baik ketika bermain gim di PC game. Ada juga beberapa gamer yang cenderung memiliki kebiasaan buruk ketika bermain gim PC.

Alhasil, dengan kebiasaan buruk tersebut juga memberikan pengaruh kepada performa PC. Nah kebiasaan buruk apa saja yang bisa membuat PC game kamu turun performa? Yuk kita cek di bawah!

BACA JUGA: Tidak Lama Terdengar, Ini 3 Fakta Steam Controller dan Steam Link

1. Makan, Minum dan Merokok

pc game
Sumber: Novelty_account102

Kebiasaan ini sebenarnya adalah kebiasaan yang sangat buruk. Memang kebiasaan ini tidak terlihat langsung dampaknya, akan tetapi lama kelamaan akan mulai terasa.

Ketika makan dan minum, akan ada potongan-potongan kecil makanan yang sedikit tumpah tanpa kita sadari. Biasanya remah-remah makanan tersebut akan masuk ke komponen-komponen PC atau setidaknya akan masuk ke dalam keyboard jika memang CPU terletak jauh.

Belum lagi jika merokok, maka abu rokok tersebut biasanya terbang dan masuk ke dalam komponen PC yang paling sering bisa masuk ke keyboard.

Jika hal ini terjadi, akan menjadikan keyboard mengalami kurang sensitivitas sehingga akan terjadi delay dalam input keyboard ke PC.

Selain itu, abu rokok juga mungkin untuk masuk ke dalam rangkaian CPU, sehingga lama kelamaan bisa merusak komponen di dalamnya.

2. Jarang Membersihkan PC dari Debu

pc game
Sumber: Rollaclub

Debu adalah salah satu hal paling mengganggu dalam PC. Debu memang sering membuat PC menjadi sangat kotor apalagi jika tidak pernah dibersihkan dan akhirnya menumpuk.

Debu memang sifatnya kering, tetapi memiliki sifat menyerap air bahkan udara lembab. Hal ini sungguh berbahaya untuk PC di mana jika debu tersebut menyerap partikel air yang berasa dari udara lembab tersebut.

3. Kabel Berantakan

pc game
Sumber: PC gamer

Perakit PC tidak selalu memiliki pengalaman baik dalam merakit. Perakit pemula biasanya memiliki masalah dalam mengatur kabel yang sebenarnya krusial di dalam PC.

Manajemen kabel benar-benar harus dipikirkan. Kabel yang kusut bisa mengganggu dalam performa, terutama aliran udara panas yang harusnya terbuang, menjadi terhalang karena kabel yang kusut.

Oleh sebab itu, sangat penting mengatur kabel pada CPU.

4. Jarang Bersih-Bersih dari Sisi Software

pc game
Sumber: Lifehacker

Banyaknya file sampah pada harddisk juga memiliki pengaruh yang besar dalam performa. Terkadang ada yang malas untuk melakukan hal ini, karena memang memakan waktu.

Tidak pernah melakukan bersih-bersih file-file sampah akan menurunkan performa dan menjadikan PC berjalan lambat. Ada baiknya lakukan pembersihan setidaknya satu bulan sekali.

Kamu bisa memanfaatkan aplikasi bawaan seperti “Disk Cleanup” untuk membersihkan file sampah tersebut.

5. Jarang Melakukan Defragment

Sumber: Lifehacker

Mungkin di antara kamu ada yang belum mengerti sebenarnya apa sih Defragment ini, yaitu sebuah metode di mana file-file yang telah digunakan, kembali disusun secara berurutan berdasarkan logic harddisk.

Analogi yang mudah, file-file di PC layaknya barang-barang yang ada di rumah. Ketika digunakan, maka barang-barang tersebut diambil dari lemarinya, jika sudah digunakan tentu saja kita harus menyimpan dan menatanya kembali.

Jika kita tidak pernah melakukan Defragment, maka file-file tersebut akan berantakan. Layaknya meja kerja yang berantakan dengan dokumen-dokumen yang bertumpuk, akan memakan waktu jika kita mencari dokumen yang diinginkan.

Oleh sebab itu, kita perlu melakukan Defragment untuk merapikan file-file tersebut.

Hanya saja ingat! Defragment tidak berlaku untuk kamu yang menggunakan perangkat SSD untuk tempat penyimpanan, sebab Defragment akan merusak SSD karena terlalu sering terjadi pertukaran file.

Kamu bisa menggunakan aplikasi seperti Disk Defragmenter untuk melakukan Defragment.


Nah itu dia berbagai kebiasaan buruk yang biasanya menjadi faktor PC game kamu turun performa. Lain kali jangan malas ya untuk melakukan hal-hal di atas!


Like it? Share with your friends!

Rizal Ziz

Seorang penulis yang senang mencari experience.. hobi membaca agar mendapatkan skill, senang berlatih agar bisa naik level.. dan senang hunting agar bisa mendapatkan item-item langka yang jika dijual dapat harga mahal..
Facebook Comments