Tidak Lama Terdengar, Ini 3 Fakta Steam Controller dan Steam Link


steam controller

Steam Controller dan Steam Link adalah dua produk hardware asli dari Valve. Keduanya adalah peripheral yang memiliki fungsi mirip console. Gim-gim yang dihadirkan tentu saja gim-gim yang tersedia di Steam.

Steam Controller adalah joystick atau controller yang dirancang dan diproduksi oleh Valve. Controller ini memiliki keunikan di bagian kanan dan kiri controller.

Biasanya kedua sisi ini diisi oleh tombol, Steam Controller justru memiliki touchpad di sisi tersebut.

Sedangkan Steam Link adalah sebuah perangkat yang memiliki ukuran kecil. Fungsinya adalah untuk melakukan streaming gim dari PC ke TV, layaknya sebuah kabel HDMI secara wireless.

Alat ini sangat berguna jika kamu ingin memainkan gim-gim Steam menggunakan TV. Hanya saja jarak antara PC dan TV terlampau jauh.

Sudah lama tidak terdengar, ini dia fakta-fakta mengenai Steam Controller dan Steam Link. Yuk cekidot!

1. Steam Controller untuk Steam Machine

steam controller
Sumber: Engadget

Valve sebelumnya pernah ingin membuat console sendiri yang bernama Steam Machine. Sayangnya kehadiran Steam Machine ini tidak membuat perubahan yang berarti untuk pasar console.

Steam Machine memang cukup berbeda dengan console biasa. Mesin “console” yang rilis pada tahun 2013 ini cenderung memiliki sifat seperti PC dengan sistem operasi SteamOS, yang di mana berbasis Linux.

SteamOS bahkan tidak diproduksi langsung oleh Valve, melainkan melalui pihak ketiga dengan merk yang berbeda-beda, seperti Alienware, Gigabyte, Zotac dan lain sebagainya.

Steam Machine sayangnya tidak begitu bagus penjualannya terlihat hingga tahun 2016 yang hanya terjual kurang dari 500.000 unit. Hanya saja untuk Steam Controller masih banyak peminatnya, terlihat dari jumlah penggunaan Steam Controller yang dirilis oleh Valve pada bulan September 2018 kemarin.

Steam Controller juga kompatibel untuk digunakan pada PC sehingga tidak masalah jika kamu hanya membeli Steam Controller saja tanpa harus memiliki Steam Machine.

Sedangkan untuk SteamOS sendiri masih bisa kamu unduh dan kamu gunakan di PC kamu melalui tautan berikut. Hanya saja saran saya lebih baik gunakan sistem operasi lain yang lebih kompatibel.

BACA JUGA: Kok Orang-Orang pada Marah Sama Diablo: Immortal?

2. Steam Link Versi Murah dari Steam Machine

steam controller

Valve setelah merilis Steam Machine juga merilis Steam Link, yaitu sebuah perangkat yang memiliki ukuran kecil. Fungsinya adalah untuk melakukan streaming gim dari PC ke TV, layaknya sebuah kabel HDMI secara wireless.

Pada awalnya Valve berpikir bahwa Steam Link ini adalah versi murah dari Steam Machine. Alih-alih menjadi satu mesin gim baru, Steam Link justru hanya berfungsi sebagai hub atau penghubung, antara PC dan TV secara wireless.

Steam Link kompatibel dengan Steam Machine tetapi juga bisa dihubungkan dengan PC yang dirakit sendiri ataupun merk lain.

3. Steam Link Akhirnya Tidak Dilanjutkan Produksinya

steam controller

Valve akhirnya menyerah juga terhadap Steam Link. Valve dikabarkan tidak akan memproduksi lagi Steam Link serta menjual kembali Steam Link.

Dilansir dari The Verge, Valve berhenti memproduksi Steam Link dikarenakan banyaknya para pengguna yang tidak merasakan kelebihan ataupun manfaat unggulan yang bisa ditawarkan dari Steam Link.

Valve bahkan memberikan diskon besar-besaran terhadap Steam Link, di mana Steam Link hanya dihargai USD2,5 atau sekitar Rp 36.000 saja. Tentu saja harga tersebut tidak termasuk biaya pengiriman.


Like it? Share with your friends!

Rizal Ziz