7 Game Visual Novel Terbaik yang Bisa Kamu Mainkan di PC


Berikut adalah tujuh gameplay visual novel PC terbaik yang punya cerita dan karakter menarik serta elemen gameplay yang unik.

game-visual-novel-PC-terbaik-featured

Game visual novel mungkin dianggap membosankan karena kamu hanya mengikuti dialog dan cerita tanpa benar-benar terlibat dalam gameplay. Selain itu mayoritas game di genre ini juga dikenal hanya bertema asmara dengan tema dan karakter yang tidak berkesan. Tapi seiring zaman, genre ini juga mulai berevolusi, mulai dari menyajikan cerita yang jauh lebih menarik dan unik, sampai memadukan elemen gameplay yang tidak biasa.

BACA JUGA: Mainkan Persona 5 Strikers Lebih Awal dengan Pre-Order Edisi Digital Deluxe!

Untuk kamu yang bermain game di PC, visual novel adalah genre yang tepat untuk mereka yang ingin menikmati cerita yang menarik, tapi tetap terlibat dalam gameplay yang ringan. Berikut adalah tujuh gameplay visual novel PC terbaik rekomendasi kami.

1. Danganronpa

Dari semua game dalam daftar ini, seri Danganronpa mungkin merupakan yang punya elemen gameplay paling ‘aktif.’ Apapun judulnya, kamu akan selalu bermain sebagai satu dari beberapa siswa super dengan satu kemampuan spesial. Kamu dan para siswa ini terjebak dalam sebuah permainan di mana salah satu siswa akan ditunjuk untuk membunuh satu siswa lain. Setelah itu siapapun yang masih hidup harus mencoba mengungkap siapa yang di antara mereka yang menjadi sang pembunuhnya.

Danganronpa selalu punya karakter dengan kemampuan dan kepribadian menarik. Ini membuat percakapan dan cerita yang terjadi di setiap game Danganronpa selalu unik. Tapi yang tidak kalah penting tentu saja berbagai mini-game yang harus kamu ikuti, misteri yang harus kamu pecahkan, serta scene kematian korban dan ‘hukuman’ untuk sang pembunuh.

2. Phoenix Wright: Ace Attorney

Seri Phoenix Wright: Ace Attorney punya sedikit kemiripan dengan Danganronpa, yaitu kamu harus memecahkan sebuah kasus mister. Tapi di sini kamu akan bermain sebagai seorang pengacara dan bertugas membela klienmu di pengadilan. Tapi sebelum melakukan pembelaan di depan hakim, kamu harus melakukan investigasi untuk membuktikan bahwa klienmu tidak bersalah.

Meskipun kamu harus menghadapi kasus satu per satu, Phoenix Wright: Ace Attorney tetap punya cerita yang cukup menarik untuk diikuti. Cerita tersebut juga dilengkapi dengan beberapa karakter yang tidak kalah menarik.

3. Doki Doki Literature Club

Sekilas, Doki Doki Literature Club terlihat seperti game romance visual novel biasa. Kamu akan bermain sebagai seorang siswa SMA yang bergabung dengan klub literatur yang berisi empat siswi berpenampilan menarik. Kamu kemudian mendekati satu dari empat siswi tersebut dengan membuat puisi yang disukai oleh siswi idamanmu.

Selama beberapa jam, Doki Doki Literatur Club terlihat sangat biasa. Tapi jika terus bermain, kamu akan mendapatkan kejutan dan pengalaman yang mungkin tidak kamu sangka.

4. Va-11 Hall-A

Va-11 Hall-A adalah sebuah bar di kota yang berisi berbagai jenis penduduk, mulai dari manusia biasa, android, sampai anjing yang bisa bicara. Sebagai bartender di Va-11 Hall-A, kamu harus melayani tamu dengan membuat minuman sesuai pensanan mereka… atau tidak. Selagi melayani para tamu yang sangat beragam ini, kamu akan mendengarkan cerita hidup mereka.

Dari segi gameplay, Va-11 Hall-A sebenarnya cukup sederhana karena kamu hanya perlu memadukan bahan untuk membuat minuman. Daya tarik utama Va-11 Hall-A ada di para pelanggan yang kamu layani dan cerita mereka. Para pelanggan ini datang dari liku kehidupan yang berbeda, mulai dari editor yang suka menulis artikel clickbait, tentara, sampai gadis android “panggilan”. Kamu akan mendengarkan cerita dan kesulitan yang mereka hadapi, dan tergantung caramu melayani, mereka mungkin mau bercerita lebih.

5. Steins; Gate

Sebelum menjadi anime yang cukup terkenal, Steins; Gate sebenarnya adalah game visual novel dengan cerita yang cukup menarik. Satu faktor yang membuat cerita game ini unik adalah karena kamu akan menyelesaikan masalah dengan kembali ke masa lalu menggunakan time traveling.

Karena dinilai layak dijadikan anime, saya rasa kualitas cerita Steins; Gate tidak perlu diragukan. Tidak hanya itu, cerita yang kamu dapatkan juga beragam tergantung pada keputusa yang kamu ambil sepanjang permainan.

6. AI: The Somnium Files

AI: The Somnium Files adalah game buatan Spike Chunsoft, studio yang juga membuat seri Danganronpa dan Steins; Gate. Sama seperti Danganronpa, game ini juga bertema misteri di mana kamu harus memecahkan sebuah misteri pembunuhan. Tapi kali ini kamu tidak memecahkan misteri hanya dengan berpikir dan investigasi di lokasi pembunuhan, tapi dengan masuk ke dunia mimpi untuk mencari petunjuk.

Konsep masuk ke mimpi orang lain untuk mencari petunjuk tentu jadi daya tarik utama AI: The Somnium Files. Tapi selain itu, layaknya game Spike Chunsoft lain, game ini juga punya karakter-karakter yang menarik serta cerita yang unik, menggugah, dan bercabang tergantung pilihan yang kamu ambil sepanjang permainan.

7. Coffee Talk

Dirilis oleh Toge Production dari Indonesia, Coffee Talk menceritakan kisah para pengunjung di sebuah kedai kopi. Sebagai pemilik dan barista kedai tersebut, kamu akan mendengarkan cerita para karakter ini, dan salah satunya ingin membuat sebuah buku dari cerita-cerita para pengunjung ini.

Coffee Talk banyak mengambil inspirasi dari Va-11 Hall-A, mulai dari mekanisme gameplay yang membuat minuman dengan memadukan. Selain itu seberapa jauh pelangganmu mau bercerita dan ending yang kamu dapatkan juga tergantung dari caramu melayani pelanggan. Tapi di luar itu Coffee Talk tetap punya karakter dan cerita yang unik.


Kaoru

Hmmm...