10 Game yang Mungkin Belum Pernah Kamu Coba (Juli 2019)


Setelah libur bulan Juni lalu, kami kembali dengan 10 game unik yang munkin belum pernah kamu coba. Please try Frog Fractions

game-unik-layak-coba-featured

Setelah sempat libur, kami kembali lagi dengan seri game unik yang mungkin belum pernah kamu coba. Kali ini, kami akan membahas beberapa game yang mungkin belum pernah kamu coba atau bahkan dengar, tapi sebenarnya sangat keren dan mungkin menarik perhatianmu.

Berikut daftar kami untuk bulan Juli 2019:

Frog Fractions (PC Browser)

game-unik-layak-coba-frog-fractions

Dari semua game dalam daftar bulan ini, saya rasa Frog Fractions adalah yang paling aneh. Sulit menjelaskan apa inti dan tujuan dari game ini. Kamu bermain sebagai seekor katak yang berusaha menangkap serangga dengan lidah panjangnya. Tapi beberapa lama kemudian ia dibawa ke ruang angkasa dan terdampar di sebuah planet yang dihuni oleh serangga.

Kamu bingung? Kami pun demikian. Tapi mungkin karena sangat aneh, Frog Fractions jadi sangat menarik. Apalagi game ini juga bisa diselesaikan hanya dalam satu atau dua jam, gratis, dan hanya perlu browser internet saja.

Marie’s Room (PC)

Marie’s Room adalah sebuah game singkat yang menceritakan masa lalu seorang wanita bersama teman baiknya. Sejatinya adalah game point and click, Marie’s Room mampu menceritakan sebuah kisah seorang teman melalui pernak-pernik dan memento yang ia temukan di kamar teman tersebut.

Game ini memiliki vibe mirip Life Is Strange dengan visual yang cukup indah. Kamu bisa memainkannya dengan gratis dan bisa menyelesaikannya hanya dalam waktu kurang lebih satu jam.

My Lovely Daughter (PC, Nintendo Switch)

My Lovely Daughter adalah game buatan developer Indonesia, Game Changer Studio. Sama-sama point and click, game ini mangajakmu berusaha menciptakan dan mengasuh homunculus atau manusia buatan. Tujuannya untuk mendapatkan uang dengan membuat mereka bekerja dan yang paling penting, membunuh mereka agar jiwanya bisa kamu pakai untuk menghidupkan kembali putrimu.

Meskipun punya gameplay yang sedikit repetitif, My Lovely Daughter punya premis dan cerita yang cukup menarik. Kamu akan diminta untuk melakukan hal yang amoral (membunuh ciptaan sendiri) demi tujuan yang cukup egois, hanya untuk kemudian diberikan plot twist yang cukup menarik.

Minit (PC, Nintendo Switch, Playstation 4, Xbox One, iOS, Android)

Pada dasarnya, Minit adalah game petualangan yang memintamu melakukan eksplorasi ala Zelda. Tapi ada satu aturan unik: kamu hanya bisa hidup dan mengembara selama semenit. Setelah satu menit habis, kamu akan mati dan hidup kembali di checkpoint awal. Ingat area yang sudah kamu lalui tadi, lalu langsung bergerak ke tempat yang belum kamu masuki di area tersebut. Setelah semenit, mati lagi, mengembara lagi, dan begitu seterusnya.

Sekilas, konsep ini terlihat membosankan karena kamu harus mati dan hidup tiap satu menit. Tapi ternyata repetisi tersebut memberikan pengalaman yang berbeda dari game petualangan biasa.

This War of Mine (PC, Nintendo Switch, Playstation 4, Xbox One, iOS, Android)

Kamu adalah seorang yang bisa mengendalikan grup di sebuah kota yang tengah jadi arena perang. Tugasmu adalah memastikan anggota kelompokmu bertahan hidup tidak hanya dari serangan perang, tapi juga dari kelaparan. Caranya adalah dengan meminta anggota kelompokmu mengais apa yang bisa ditemukan di kota, meskipun itu punya orang lain.

This War of Mine adalah game yang menantang moralitas kamu sebagai pemain. Tiap keputusan memberikan pengaruh tidak hanya pada keselamatan anggota kelompokmu, tapi juga kondisi mental mereka. Karena pada akhirnya anggota kelompokmu tetap rakyat biasa di tengah peperangan, bukan penjahat super.

Crypt Of The Necrodancer (PC, Nintendo Switch, Playstation 4, Xbox One, iOS)

Apa yang terjadi jika game rogue-like dipadukan dengan game musik? Kamu mendapatkan Crypt of The Necrodancer. Dalam game ini, kamu masuk ke dalam dungeon untuk mencari harta karun yang dijaga monster mengerikan. Tapi untuk bisa bergerak, kamu harus bisa mengikuti irama musik yang ada. Artinya kamu tidak hanya harus bergerak secara taktis, tapi juga dengan timing yang tepat.

Game ini jelas membutuhkan konsentrasi tinggi dan kemampuan koordinasi tangan dan telinga yang baik. Sedikit sulit untuk yang tidak terbiasa, tapi akan sangat seru jika kamu sudah mengerti cara memainkannya.

911 Operator (PC, Nintendo Switch, Playstation 4, Xbox One, iOS, Android)

Sesuai namanya, 911 Operator adalah game simulasi di mana kamu akan bermain sebagai operator nomor darurat. Tugasmu adalah menjawab dan menanggapi panggilan. Jika ada yang membutuhkan bantuan, kamu harus meneruskan permintaan bantuan tersebut ke badan yang tepat, entah itu polisi, pemadam, atau ambulans. Tapi hati-hati, karena tidak semua panggilan dan permintaan tolong benar, alias kamu juga akan sering menerima laporan palsu.

Meskipun konsepnya sederhana, game ini menantang kemampuan deduksi pemain. Salah menilai panggilan berarti kerugian tidak hanya untukmu, tapi juga unit gawat darurat yang siap membantu.

The Talos Principle (PC, Playstation 4, Xbox One, iOS, Android)

Selain seri Portal, di luar sana ada banyak game puzzle tiga dimensi yang cukup keren. Salah satunya adalah The Talos Principle. Game ini punya beberapa objek yang mungkin sedikit mirip dengan Portal. Tapi jangan khawatir, secara garis besar The Talos Principle punya mekanisme utama yang unik dan jauh berbeda dari game lain.

Jika kamu adalah penggemar game puzzle, ini adalah salah satu judul terbaik yang layak kamu coba dan mainkan.

Danganronpa V3 (PC, Playstation 4)

Danganronpa V3 adalah judul terakhir dan dianggap terbaik dari seri Danganronpa. Jika harus dijelaskan sederhana, Danganronpa V3 adalah game visual novel yang dipadukan dengan misteri dan detektif. Puluhan pelajar dengan kemampuan unik harus selamat dari game battle royale. Untuk selamat, pelajar harus membunuh pelajar lain tapi tidak boleh ketahuan. Bersama pelajar lain, kamu harus menebak siapa sang pembunuh melalui sebuah sesi debat.

Ada banyak alasan mengapa Danganronpa V3 keren. Karakter dan ceritanya sangat menarik. Tapi yang paling penting, presentasinya memukau baik dari segi visual maupun musik, terutama ketika dalam Class Trial alias sesi debat.

Battlerite (PC)

Jika kamu bosan dengan game MOBA biasa, kamu mungkin bisa mencoba Battlerite. Dalam game ini, kamu akan mengendalikan karakter hero dengan beberapa skill. Dengan setup 2v2 atau 3v3, tugasmu adalah menghabisi tim lawan lebih dulu. Tapi bedanya, tidak ada farming atau creep. Sejak awal kamu sudah punya semua skill dan begitu pertandingan dimulai, kamu harus langsung berperang habis-habisan dengan lawan.

Battlerite adalah salah satu game yang oke untuk dimainkan sesekali. Kontrolnya sederhana dengan WASD dan mouse, tiap karakter juga mudah dipahami, tapi sangat sulit dikuasai. Tapi yang paling penting, tiap pertandingan terasa sangat seru.


Kaoru