8 Game Bertema Sci-fi Terbaik yang Wajib Kamu Mainkan

Bagi kalian yang suka game bertema sci-fi, Gimbot sudah kumpulkan delapan game rekomendasi yang wajib kalian mainkan


Game Bertema Sci-fi

Mencari sebuah game berkualitas yang pas dengan kita memang harus diakui susah-susah gampang. Jikalau ada, belum tentu pas dengan kita dan itulah sebabnya seorang gamer wajib memperluas referensi gaming mereka ke berbagai genre yang mungkin tidak biasa. Salah satu sub-genre di industri hiburan yang bisa kalian jajal adalah sci-fi.

Benar, mengambil tema mengenai luar angkasa, teknologi baru, dan berbagai hal-hal berbau masa depan menjadi ide utama dari sci-fi. Di industri game sendiri model game sci-fi cukup banyak dan sudah hadir lebih dari satu dekade yang lalu. Uniknya, cukup banyak game sci-fi berkualitas yang bisa kalian coba demi memperluas referensi gaming kalian.

Game bertema sci-fi juga cukup cocok bagi kalian yang suka dengan unsur aksi plus latar belakang dunia yang tidak biasa. Bagi para pecinta teknologi futuristik juga akan termanjakan dengan beberapa game sci-fi ini. Kami setidaknya sudah mengumpulkan delapan game sci-fi terbaik yang sangat wajib kalian Mainkan! Berikut ulasannya.

1. Nier Automata

Nier: Automata merupakan salah satu game terbaik yang dirilis pada tahun 2017. Game ini sukses baik secara kritis maupun komersial. Nier: Automata disebut-sebut sebagai sebuah mahakarya dari sisi genre hack and slash di mana di dalamnya terdapat presentasi visual yang indah. Visual ini juga didukung oleh musik yang sangat keren plus jalan cerita yang siap membuat kalian betah memainkannya.

Di posisikan sebagai sekuel dari Nier yang rilis 2010, Nier: Automata sukses meningkatkan berbagai elemen di dalamnya sehingga menjadi game yang punya sensasi berbeda dari seri pertamanya. Meski memiliki core gameplay hack and slash, kenyataannya, game ini juga mengadaptasi beberapa elemen dari RPG yang membuat kualitasnya tak diragukan lagi.

Selain itu, Nier: Automata mengambil latar belakang cerita mengenai android atau semacamnya. Dengan kualitas yang dimilikinya, Nier: Automata wajib menjadi salah satu game sci-fi yang harus kalian mainkan.

2. Half-Life 1 dan 2

Game sci-fi selanjutnya yang wajib kalian mainkan adalah Half-Life pertama dan kedua yang disebut-sebut sebagai salah satu game yang sukses mengaduk-aduk emosi para pemainnya. Memiliki jalan cerita yang luar biasa dengan berbagai macam istilah keren di dalamnya, gamer akan sangat suka mengikuti perjalanan sang jagoan utama, Gordon Freeman.

Half-Life pertama dan kedua memang berhasil menyajikan beragam hal fantastis sehingga banyak gamer yang masih menginginkan game ini merilis sekuel terbarunya. Bahkan menurut beberapa pemain yang sudah mencobanya, Half-Life pertama dan kedua lebih keren dibandingkan Half-Life: Alyx yang notabene merupakan game baru.

BACA JUGA: 5 Akses Langganan game Terbaik yang Bisa Kalian Coba

Selain faktor cerita, di masa lalu yang membuat Half-Life begitu memorable adalah karena visual serta gameplay-nya yang cukup asyik untuk dimainkan bahkan di era gaming yang lebih modern seperti sekarang.

3. HALO: Combat Evolved

Meski usia dari game ini sudah nyaris dua dekade, tapi tetap, Halo: Combat Evolved merupakan salah satu game terbaik yang wajib kalian mainkan. Ini merupakan salah satu judul legendaris yang ada console Xbox generasi paling pertama. Konon karena kualitasnya yang dahsyat, game ini berhasil terjual lebih dari lima juta copy dalam empat tahun pertama perilisannya.

Halo: Combat Evolved menjadi batu landasan yang kemudian melahirkan banyak franchise HALO di kemudian hari yang dianggap sebagai salah satu game sci-fi first person shooter terbaik yang pernah ada. Keunggulannya sudah jelas adalah narasinya yang benar-benar mampu mencerminkan jalan ceritanya yang getir.

Yang paling keren, meski ceritanya dalam, namun HALO: Combat Evolved bisa dinikmati oleh gamer di segala usia. Bahkan setelah 19 tahun kemudian, game ini masih sangat bisa untuk dinikmati.

4. Mass Effect

Pada tahun 2007, gamer kedatangan sebuah kejutan yang luar biasa dari Electronic Arts dan BioWare. Benar, kejutan tersebut adalah Mass Effect yang memiliki sejumlah keunikan dan hal-hal luar biasa untuk game seangkatannya. Game tersebut dirilis di Xbox 360, PC, dan PlayStation 3. Mass Effect mengambil hal-hal mengenai luar angkasa dan berbagai hal yang berhubungan dengan sci-fi.

Dari sisi mekanisme permainan, game ini menggabungkan beberapa core gameplay dari RPG, aksi, dan eksplorasi secara bersamaan. Selain itu, Mass Effect menambahkan kejutan dengan multiple ending di mana setiap aksi yang dilakukan akan membuat konsekuensi ending yang berbeda. Ini membuat replayability dari Mass Effect sangat tinggi.

BACA JUGA: Far Cry 6 Resmi Diumumkan! Ini Detail Menarik untuk Diketahui

Mass Effect yang dirilis tahun 2007 mendorong BioWare merilis seri kedua dan ketiga hingga menjadi trilogy. Meski di game ketiga sedikit mengecewakan soal ending, namun trilogy ini benar-benar sangat wajib dimainkan.

5. Dead Space

Yang satu ini mengangkat tema sci-fi namun dengan cara yang berbeda. Ya, menjadikan ruang angkasa sebagai arena bermain, Dead Space memadukan unsur sci-fi dengan horor secara bersamaan. Dirilis di tahun 2008, game ini langsung menjadi legenda. Uniknya, Dead Space dikembangkan dengan mengedepankan unsur horor yang kental seperti musik yang khas sampai menghilangkan HUD agar pengalaman bisa lebih immersive.

Selain itu, Dead Space juga menyajikan beberapa unsur teka-teki yang semakin memaksa kalian untuk berpikir sambil merasakan kengerian di luar angkasa. Yang paling keren dari game ini adalah jika kalian masuk ke menu, game tidak akan pause dan terus berlanjut yang membuat ketegangan akan terus konstan menghampiri kalian.

Dead Space pertama menjadi pembuka yang luar biasa untuk dua seri setelahnya dan menjadi salah satu franchise horor paling keren yang pernah dirilis di pasaran.

6. Bioshock

Bicara soal sci-fi, sulit rasanya jika tidak memasukan nama Bioshock di dalamnya. Sama seperti Dead Space, Bioshock memadukan unsur horor ke dalam tema sci-fi mereka. Namun bedanya, Bioshock tidak begitu semengerikan Dead Space. Mengambil dunia fiktif bernama Rapture, kalian wajib melakukan eksplorasi untuk mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi di dalam lautan mengerikan ini.

Selain memasukan kesan horor di dalamnya, Bioshock juga sedikit memolesnya dengan unsur Cyberpunk meski porsinya tak begitu banyak. Dari sisi cerita, game Bioshock cukup klise di awal tapi sangat susah ditebak ketika mencapai pertengahan permainan dan ini menjadi nilai plus. Meskipun sudah berusia 12 tahun, namun pesona yang ditawarkan oleh Bioshock masih sangat bisa dinikmati.

Menyeramkan, indah, penuh kejutan itulah kesan yang ada di Bioshock pertama yang menjadikannya salah satu mahakarya dalam tema sci-fi di industri game.

7. Star Wars: Knight of the Old Republic

Star Wars: Knight of the Old Republic menjadi salah satu game sci-fi terbaik yang bisa kita coba di mana game ini berhasil mewujudkan fantasy sebagian orang mengenai galaxy yang ada di Star Wars. Game ini berhasil membawa para gamer lebih dekat kepada alam semesta Star Wars namun juga berhasil memasukan unsur RPG yang sangat solid.

Selain itu, keunggulan utama dari Star Wars: Knight of the Old Republic adalah adanya begitu banyak tempat yang bisa kalian eksplorasi. Di samping itu, di game ini juga dijelaskan secara mendalam mengenai hubungan antara Jedi dan Sith yang menjadi salah satu fokus dari film Star Wars. Bahkan katanya, bagi yang bukan penggemar Star Wars pun akan suka dengan apa yang dibawa oleh Knight of the Old Republic.

8. Starcraft

Starcraft adalah salah satu game legendaris yang memasukan banyak sekali unsur sci-fi di dalamnya. Game ciptaan Chris Metzen dan James Phinney ini langsung menjadi salah satu game yang banyak dibicarakan ketika dirilis. Di dalam game ini kita disajikan pertarungan antar ras yang beraneka ragam dan menarik.

Larisnya Starcraft pertama membawa Blizzard Entertainment untuk mengeluarkan sejumlah game-game Starcraft lainnya yang tak kalah seru dan menarik. Karena permainannya yang mengasyikan, Starcraft berhasil sukses secara komersial dan menjadi game PC paling laris ketika pertama kali dirilis. Blizzard menjual lebih dari 1,5 juta copy di seluruh dunia.

Sejak dirilis, Starcraft sukses mendongkrak jumlah pemain multiplayer hingga 800 persen. Bahkan 10 tahun setelah dirilis, game ini menjadi salah satu game online paling populer di seluruh dunia. Starcraft pertama mendapatkan nilai 88 di Metacritic untuk versi PC-nya.


Azzizil Adam

Main game gak bakal bikin masa depan suram. Yang bikin suram adalah ketika lo malas berbuat sesuatu! Happy gaming.