5 Akses Langganan game Terbaik yang Bisa Kalian Coba

Akses langganan game kini menjadi pilihan para gamer karena memiliki harga yang terjangkau dan bisa digunakan untuk memainkan game ikonik di dalamnya.


akses langganan game

Bermain game menjadi salah satu kegiatan yang luar biasa apalagi jika seharian sudah melakukan pekerjaan yang berat. Namun sayangnya, bermain game terkadang harus membutuhkan uang yang cukup banyak khususnya ketika ingin membeli game-nya di masa-masa tidak diskon. Untungnya, di era modern seperti sekarang, beberapa perusahaan membuat berbagai langganan salah satunya adalah akses langganan game.

BACA JUGA: Serba-serbi Fitur Family Control PlayStation 4 yang Jarang Dipakai Orang

Akses langganan game ini pada umumnya dibanderol dengan harga murah di mana kita bisa membayar tarif langganan dan kemudian memainkan game yang ada di library dari sang penyedia jasa untuk dimainkan secara cuma-Cuma sampai waktu langganan ini habis. Di Indonesia, akses langganan game memang masih belum begitu familiar.

Namun bagi kalian yang penasaran dan ingin mencobanya, kalian bisa mencoba lima akses langganan terbaik yang bakal kami bahas satu per satu. Inilah ulasannya.

1. Xbox Game Pass

Xbox Game Pass

Salah satu akses langganan game terbaik yang bisa kalian coba pertama adalah Xbox Game Pass. Ya, layanan dari Microsoft ini menghadirkan sejumlah game kelas satu mulai dari yang dipublish oleh Microsoft sendiri hingga dari beberapa publisher non Microsoft. Xbox Game Pass ini terbagi menjadi beberapa bagian yaitu Xbox Game Pass biasa yang diperuntukan untuk console Xbox saja, Xbox Game Pass PC yang diperuntukan untuk gamer PC, dan juga Xbox Game Pass Ultimate yang bisa dimainkan di Xbox plus PC dengan beberapa manfaat lainnya.

Yang paling menarik adalah untuk langganan Xbox Game Pass kalian hanya memerlukan kocek US$1 untuk bulan pertama dan bulan-bulan berikutnya kalian hanya harus merogoh kocek US$10 untuk console, US$5 untuk PC, dan US$15 untuk versi Ultimate.

Dari sisi pembayaran, layanan ini sangat simpel di mana kalian bisa membayar langganan via Jenius, credit card, atau saldo di akun Microsoft. Tapi khusus untuk versi PC, karena masih beta, layanan ini sedikit susah jika ingin berlangganan karena versi PC tidak bisa melakukan pembayaran lintas negara sehingga kalian hanya bisa bayar lewat credit card atau lewat voucher saldo Microsoft jika ingin mudah.

Dari sisi Library, layanan ini berisi game-game kelas satu dari Microsoft dan beberapa game terbaik dari publisher luar. Di versi console, kalian bisa main Red Dead Redemption 2 dari layanan ini loh.

Lihat info langganan Xbox Game Pass di sini

2. EA Access dan Origins Access

EA Access

Layanan yang juga tak kalah menggiurkan untuk dicoba! Benar, EA Access memiliki segudang nilai plus salah satunya adalah kalian bisa menjajal game EA keluaran baru lebih dulu plus memainkan segudang game EA terbaik selama masa berlangganan masih ada. Yang paling keren adalah EA Access akan bergabung dengan Steam dalam waktu dekat.

EA Access dibanderol dengan harga yang tergolong murah yaitu sekitar US$5 per bulannya dan kalian juga bisa langganan setahun penuh dengan banderol US$30! Harga yang cukup murah bukan? Karena kalian bisa memainkan semua game EA secara cuma-cuma.

BACA JUGA: Impresi Mortal Shell – Souls dengan Sejumlah Upgrade

Selain EA Access, EA juga punya layanan langganan game satu lagi untuk para PC gamer yaitu Origins Access. Origins Access adalah layanan yang serupa dengan EA Access namun hanya bisa diakses di PC. Untuk versi Basic, gamer hanya perlu membayar US$6.45 per bulan atau US$34.90 per tahun. Jika ingin yang lebih top, kalian bisa berlangganan versi Premier dengan biaya US$19.90 per bulan atau US$129.90 per tahun.

Perbedaannya sudah jelas jika di versi Basic, untuk game baru kalian hanya bisa mencobanya selama 10 jam dan library yang disediakan juga lebih terbatas sedangkan versi Premier, untuk game baru kalian bisa mencobanya tanpa batasan, library yang disediakan sangat lengkap, plus kalian akan dapat bonus microtransaction dan expansion pack.

Lihat info langganan EA Access di sini

Lihat info langganan Origin Access di sini

3. Apple Arcade

Apple Arcade, Layanan Berlangganan Game Eksklusif Apple

Buat yang suka main game mobile dan sangat geek dengan smartphone Apple, kalian bisa menjajal berlangganan Apple Arcade. Akses langganan game yang satu ini terhitung masih baru namun berani menawarkan berbagai hal menarik di dalamnya. Pertama, di Apple Arcade, paket yang disediakan hanya satu, tanpa iklan, bisa dimainkan secara offline, bisa pindah dari iPhone, iPad, Mac, atau Apple TV.

Selain itu, sama seperti Netflix, layanan ini bisa dimainkan oleh enam orang atau enam anggota keluarga sehingga untuk berlangganan, kalian bisa patungan dengan kakak, adik, atau teman misalnya. Dari sisi library, Apple Arcade menyediakan 100+ game terbaik yang bisa kalian mainkan di mobile.

Dari sisi tarif, layanan ini dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau yaitu hanya Rp69 ribu per bulannya. Buat yang masih ragu-ragu, Apple Arcade menyediakan free trial selama satu bulan dan di bulan kedua maka akan langsung dikenakan tarif.

Lihat info langganan Apple Arcade di sini

4. Humble Choice

akses langganan game

Humble Choice merupakan nama baru dari Humble Monthly. Ini merupakan layanan langganan game dari toko game digital Humble Bundle yang punya banyak sekali game di dalamnya. Kekuatan atau kelebihan utama dari layanan ini adalah setiap bulannya kalian bakal disuguhkan beberapa game yang bisa dimiliki selamanya. Menarik bukan? Setiap bulan, game yang bisa kalian miliki ini berbeda-beda.

Humble Choice memiliki beberapa layanan mulai dari versi Lite dengan banderol US$4.99 per bulan, versi Basic dengan banderol US$14.99 per bulan, atau versi Premium+ dengan banderol US$19.99 per bulannya. Jika kalian kesulitan melakukan pembayarannya, kalian bisa membeli voucher Humble Choice saja di e-commerce.

Di sana bertebaran voucher Humble Choice mulai dari yang paling murah hingga paling mahal. Di dalam Humble Choice, setidaknya ada 90+ game terbaik yang mereka tawarkan di Humble Trove untuk dimainkan secara gratis. Selain itu, game yang ada di Humble Trove adalah Free DRM yaitu bisa dimiliki asal kalian tetap langganan Humble Choice.

Lihat cara langganan Humble Choice di sini

5. PS Now

PlayStation 5 - Featured

Salah satu layanan terbaik yang dimiliki PlayStation tapi sayangnya Region Lock untuk akun United States (US) saja. Di sini tersedia banyak sekali game-game menarik untuk diunduh oleh para gamer yang punya akun US. Tapi sayangnya, PS Now sebenarnya terkenal karena game yang bisa dimainkan secara streaming. Namun untuk para gamer di Indonesia, mereka belum bisa melakukan streaming game dari PS Now meski sudah menggunakan internet cepat sekalipun.

Padahal keunggulan dari PS Now ini adalah mampu memainkan game-game terbaik Sony dari platform PC. Namun meski begitu, kalian tetap bisa mencoba berlangganan karena di PS Now sendiri ada cukup banyak game yang menggoda untuk dimainkan mulai dari yang baru sampai yang lawas. Bahkan pilihan game-nya tak terbatas hanya di PS4 saja namun juga ada game PS2 atau PS3 juga.

Untuk langganan PS Now, kalian hanya butuh membayar 8.99 pound per bulan atau bisa juga 22.99 pound per tiga bulan. Jika ingin yang lebih simpel, langsung berlangganan 49.99 pound untuk waktu langganan satu tahun!

Lihat info langganan PS Now di sini


Azzizil Adam

Main game gak bakal bikin masa depan suram. Yang bikin suram adalah ketika lo malas berbuat sesuatu! Happy gaming.