Daftar 5 Game Racing Legendaris dari Era PlayStation 1


Berbicara soal PlayStation 1, tentu saja yang paling menarik untuk dibahas adalah genre racing. Berikut 5 judul game balap mobil pilihan kami

Game racing legendaris

Membicarakan mengenai PlayStation 1 harus diakui memang tidak akan pernah ada habisnya. Meskipun sudah puluhan tahun berlalu, era PlayStation 1 masih sering dijadikan bahan diskusi oleh gamer.

Bagi saya sendiri, PlayStation 1 adalah sebuah masterpiece. Berbicara soal PlayStation 1, tentu saja yang menarik untuk dibahas adalah genre racing di dalamnya. Dengan segala keterbatasan grafis yang dimilikinya di masa itu, genre satu ini terbukti tetap bisa menghibur para gamer dengan menyajikan aksi balap kendaraan yang seru dan penuh adrenalin.

Baca juga: [Opini] Mengapa Era PlayStation 1 Lebih Baik dari Era PlayStation 4

Nah, oleh karena itu, melalui artikel ini Gimbot bakal membahas mengenai lima game racing legendaris di PlayStation 1. Siapa tahu dari kelima game pilihan kami ternyata ada yang pas buat kamu!

Crash Team Racing

Crash Team Racing merupakan salah satu game racing legendaris yang ada di PlayStation 1. Game tiruan Mario Kart satu ini menyajikan balapan yang tidak biasa karena banyak sekali lelucon di dalamnya.

Sesuai namanya, Crash Team Racing mengambil aneka tokoh yang berasal dari serial game Crash Bandicoot sebagai karakter yang digunakan pemain untuk membalap.

Sama seperti Mario Kart, Crash Team Racing juga menyajikan beragam jenis senjata yang membuat pertarungan balapanya semakin semarak, mulai dari roket, boks Nitro, bom, dan lain-lain.

Menariknya lagi, game ini juga dilengkapi Story Mode yang cukup menarik untuk diikuti. Jadi kamu tidak hanya sekadar adu balap mobil saja, tetapi juga mengikuti cerita kecil tentang ambisi alien pembalap jahat bernama Nitros Oxide.

Nascar Rumble

Saling pepet di jalur balapan mobil Nascar sambil dikejar angin tornado? Sudah jelas hal ini hanya ada di game Nascar Rumble. Game besutan EA ini menjadi salah satu game racing legendaris yang sayangnya jarang sekali kita jumpai lagi di era sekarang.

Balapan sirkuit yang serba brutal menjadi daya tarik dari Nascar Rumble itu sendiri. Melihat mobil-mobil berstiker sponsor balapan sambil terbang ke sana-sini, hanya bisa ditemukan di Nascar Rumble.

Road Rash: Jail Break

Road Rash: Jail Break. Game balap motor satu ini memang hanya terdengar familiar bagi mereka yang memainkan PlayStation 1. Game dari serial Road Rash ini menyajikan aksi balap motor yang menyajikan banyak sekali hal barbar di dalamnya. Maklum, dalam balapan ini kalian bisa saling pukul dengan musuh agar mereka terjatuh hingga mencium aspal dan trotoar.

Yang paling menarik dari game ini adalah fitur duo multiplayer-nya di mana player yang satu fokus mengendari motor sedangkan player yang lainnya fokus untuk memukuli musuh. Aksi balap motor belum pernah sekejam dan sekeji game ini.

Gran Turismo 2

Berapa banyak game simulasi balap yang menyajikan detail dan simulasi berkemudi mobil seperti aslinya? Tidak banyak. Tapi ada satu game simulasi balap di PlayStation 1 yang harus diakui sebagai salah satu yang paling sempurna.

Game tersebut adalah Gran Turismo. Di sini pergerakkan mobil benar-benar realistis dan grafis yang ditawarkan juga merupakan yang terbaik di masanya.

Rasa-rasanya tak ada yang bisa dikeluhkan dari permainan game ini. Pada masanya, Gran Turismo merupakan sebuah mahakarya bagi para penggemar genre racing yang kemudian membuat namanya terus dikenal hingga saat ini.

Colin McRae Rally 2.0

Di era gaming modern, Dirt merupakan salah satu game balap reli yang benar-benar mampu menyita perhatian para gamer. Tapi di masa lalu hanya ada Colin McRae Rally 2.0.

Colin McRae Rally diciptakan oleh developer bernama Code Master yang juga bertanggung jawab atas seri Dirt. Di masa lalu, Colin McRae Rally menyajikan sensasi luar biasa dalam mengarungi sirkuit reli.

BACA JUGA: Preview Mortal Kombat 11 – Tampil Menjanjikan!

Untuk saat itu, grafis yang ditawarkan juga sangat menawan karena mobil serta sirkuit reli yang ada di game ini dibangun se-detail mungkin lengkap dengan rintangan dan rambu-rambu khas reli di dalamnya.


Sepertinya itulah 5 game racing legendaris yang ada di PlayStation 1. Kelimanya memang menjadi sebuah dobrakan di era PlayStation 1 meskipun untuk sekarang ini keempat game tersebut harus meredup namanya. Untuk sekarang hanya Gran Turismo yang masih konsisten tersaji bagi para penggemar balapan.

Nah bagaimana dengan kamu? Adakah game balap mobil klasik yang terlewat di sini dan layak untuk disebut ke dalam daftar? Silakan suarakan pendapatmu di kolom komentar.


Adam Imadudin

Penulis olahraga yang suka bermain games, disela-sela kesibukannya suka isi konten di Youtubenya, pendengar musik Dream Theater, dan punya cita-cita di endorse berbagai hardware PC!