5 Game PC Paling Tidak Optimal yang Pernah Ada


Ada beberapa game PC paling tidak optimal yang pernah dibuat. Game ini bahkan mengecewakan fans berat mereka loh!

PC Game

Bermain sebuah game di PC memang bisa memberikan pengalaman yang sangat luar biasa tentunya. Di PC, tidak ada batasan dalam segi performa untuk menjalankan game, asalkan PC yang kalian miliki memiliki hardware yang mumpuni maka game yang kalian mainkan dapat berjalan secara optimal.

Tapi sialnya, ada beberapa game yang justru mendapatkan port buruk di PC. Hasilnya, frame rate yang di lock atau yang paling gila adalah game ini tidak berjalan optimal di sebuah sistem high end. Sejauh ini, hal tersebut benar-benar terjadi.

Lantas apa saja game PC paling tidak optimal yang pernah dirilis? Berikut ulasan Gimbot untuk kalian!

Grand Theft Auto IV

Grand Theft Auto IV

Sebuah game yang dianggap Rockstar Games merupakan sebuah game untuk masa depan. Ya, Grand Theft Auto IV merupakan game yang cukup diantisipasi di masa lalu. Dengan grafik yang mewah dan physic yang dahsyat, game ini menjadi salah satu game terbaik yang diciptakan Rockstar.

Tapi ketika game ini di port di PC, harus diakui bahwa Grand Theft Auto IV adalah game dengan port yang cukup buruk. Apa buktinya? Game ini tidak bisa dimainkan di PC dual core atau prosesor yang hanya punya dua inti.

Gimbot beberapa kali melakukan test terkait hal ini dan benar saja, Grand Theft Auto tidak berjalan mulus. Untuk ukuran game yang keluar tahun 2008, Grand Theft Auto IV harus menggunakan sistem yang lebih canggih dari masanya pada saat itu.

Batman Arkham Knight

Batman Arkham Knight adalah salah satu game Batman Arkham yang ditunggu kehadirannya. Tapi sayangnya, versi PC tidak dikerjakan langsung oleh Rocksteady selaku developer sehingga membuat game ini masuk ke dalam sebuah mimpi buruk.

Ketika pertama dirilis, game ini berjalan tidak optimal. Meski menggunakan sistem yang tinggi, game ini tetap lock 30 FPS bahkan bisa kurang. Hasilnya adalah game ini ditarik ke pasaran karena banyak sekali bug yang menghinggapinya.

Untungnya, sekarang game ini sudah diperbaiki dan kualitasnya sudah jauh lebih baik ketika pertama kali dirilis.

Street Fighter 2

Street Fighter 2

Street Fighter 2 di masa lalu merupakan sebuah game yang cukup fenomenal ketika dirilis di console. Tapi kemudian port PC-nya meluncur dan tak disangka, hasilnya sangat buruk. Banyak bug yang hinggap di game ini karena di port kurang optimal. Salah satunya adalah karakter yang sering freeze ketika sedang bertarung.

BACA JUGA: Dikritik Tajam, Ghost Recon: Breakpoint Membuang Mikrotransaksi

Banyak yang menganggap bahwa meluncurnya Street Fighter 2 versi PC merupakan sebuah kesalahan. Selain itu, frame rate di game ini juga di lock!

Saints Row 2

Saints Row 2

Salah satu port game di PC paling buruk sepanjang masa yakni Saints Row 2. Gilanya, port ini bukan dilakukan oleh developer dari Saint’s Row itu sendiri yakni Volition melainkan di port oleh CD Projekt yang merupakan bagian dari perusahaan CD Projekt Red.

Apa yang membuat game ini buruk? Karena game ini didesain dengan kecepatan clock spesifik dari Xbox 360  yakni 3.2GHz. Hasilnya, jika clock speed CPU kalian berjalan lebih tinggi atau lebih rendah dari clock speed tersebut, maka game ini tidak bakal berjalan dan menolak sistem kalian.

Resident Evil 4

PC Game

Salah satu game yang punya port buruk di PC adalah Resident Evil 4. Ya, game ini memiliki mekanisme gameplay yang kurang teruji karena Capcom dianggap gagal mendesain controller untuk game ini. Alih-alih dibuat simpel, Capcom justru membuat control yang ada di dalam game tersebut sangat rumit.

Contohnya adalah seperti ini. tekan Left Shift untuk menggunakan pisau, Right Shift untuk tembakan, Enter untuk menyerang melee, Shift and right Control untuk reload, Shift dan Number Lock untuk menggunakan herb.

Untungnya beberapa tahun kemudian Capcom meluncurkan port Resident Evil HD dan memperbaiki semuanya.

Honourable MentionAssassin’s Creed: Unity

Salah satu game fenomenal dan ambisius yang berujung mimpi buruk. Ya, Ubisoft dianggap gagal dalam menggarap Assassin’s Creed: Unity di semua platform. Game ini menyajikan banyak masalah termasuk di PC. Salah satu yang terparah adalah game ini tidak berjalan lancar di GPU AMD meskipun GPU itu cukup powerfull.

Masalah ini juga belum selesai karena meski sudah didukung sistem yang cukup high end, game ini tetap berjalan tidak optimal ketika awal-awal rilis. Butuh beberapa tahun agar Ubisoft pada akhirnya mampu membenahi Assassin’s Creed: Unity.


Pentombled

Main game gak bakal bikin masa depan suram. Yang bikin suram adalah ketika lo malas berbuat sesuatu! Happy gaming.